Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar

Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) merupakan lahan hijau dengan konsep taman organik yang terletak di kawasan kota Cikarang (30 km dari Jakarta dengan areal seluas 7 ha yang cukup strategis dan mudah dijangkau. Tempat ini dipersiapkan sejak tahun 1995. Disini, Martha Tilaar mengkoleksi berbagai jenis tanaman obat, kosmetik dan aromatic (OKA) asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Tak hanya itu, di area pasca panen mereka akan mengajak Anda untuk juga mengetahui proses penanganan bahan baku tanaman hasil panen hingga menghasilkan bahan yang berkualitas dan terstandar.

Penataan tanaman yang indah dan asri merupakan pemandangan yang dapat Anda nikmati di KaDo ini. Hamparan danau merupakan habitat air flora dan fauna yang hidup seimbang dikelilingi hamparan sawah organic memberikan suasana pedesaan yang nyaman dan segar yang bisa Anda nikmati sambil memancing, menggembala, dan berinteraksi dengan hewan ternak yang hidup bebas di area rerumputan. Sebagai buah tangan, Anda dapat membawa bibit tanaman obat untuk ditanam di halaman rumah serta sayuran segar nan sehat yang Anda panen sendiri di KaDO ini untuk dinikmati saat kembali ke rumah. Satu hal yang menarik adalah disediakannya tempat untuk mengajak pengunjung menanam pohon-pohon dengan diberi label untuk jenis tanaman OKA. Yang sudah nampak adalah tanaman dari media elektronik dan cetak.

Keindahan KaDO ini memang menyimpan sejuta makna. Disamping dapat menemukan tanaman obat, kosmetik dan aromatic, Anda juga dapat emmahami lebih dalam dan sekaligus praktek di lapangan tentang budidaya organic tanaman OKA, termasuk pemanfatannya untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Berbagai program kegiatan yang ditawarkan KaDO untuk Anda:

  • Program pendidikan dan pelatihan; disini Anda diajak untuk mengikuti pelatihan singkat tentang pelestarian lingkungan, pengolahan kompos organic, budidaya dan pasca panen, pembuatan produk herbal/jamu sederhana untuk perawatan kesehatan keluarga, serta edukasi tentang bagaimana cara perawatan kesehatan secara alami dengan menggunakan bahan alam.
  • Program kelompok belajar untuk anak melalui permainan; tersedia wahana untuk anak-anak belajar melalui berbagai permainan dengan berinteraksi langsung di alam. Anak-anak akan diajak untuk lebih peduli dengan lingkungan dari sejak dini melalui konsep “edutainment”.
  • Program kegiatan untuk para lansia (lanjut usia); dalam program ini disediakan waktu yang cukup untuk mengajak para lansia atau warga senior untuk dapat bersilaturahmi dan bertemu antarsesama, berbagi ilmu dan pengalaman dalam suasana ceria, sekaligus melakukan senam dan berolahraga di area terbuka hijau nan segar dan alami.
  • Budidaya dan pasca panen tanaman OKA; pengetahuan dan tata cara budidaya tanaman secara organic serta penanganan pasca panennya untuk mendapatkan bahan tanaman yang berkualitas. Budidaya tanaman secara umum juga termasuk buah dan sayuran.
  • Kedai sehat; disini juga disediakan makanan dan minuman sehat khas Indonesia yang unik dan diramu dengan berbagai tanaman OKA, termasuk berbagai jajanan tradisional yang mengembalikan kenangan dari kampong halaman Anda.
  • Meeting dan gathering; Anda dapat juga bertemu kolega dan relasi serta kawan sejawat dalam bentuk “meeting” dan “gathering” di area terbuka hijau. Anda dapat melakukan diskusi untukmenghasilkan solusi yang lebih optimal dan cemerlang.
  • Bursa produk komunitas; di area bursa produk komunitas ini, Anda dapat menemukan berbagai produk alam baik herbal, hasil pertanian organic, kerajinan tangan daur ulang, serta produk alami lainnya yang dihasilkan oleh komunitas local Indonesia.

About these ads

9 Comments

  1. bisa dtg perorangan atau tidak?
    apa ada tiket masuk tersendiri?

  2. Mohon informasi apakah bisa datang secara perorangan? Maksud saya tanpa rombonga, apakah tempat ini dibuka untuk umum?
    Sekali lagi terima kasih.

  3. Kira2 alamatnya lippo apa ejip aku masih ragu.

  4. Alamat KaDO di Jl. Raya Cikarang – Cibarusah, Kawasan LIPPO Cikarang dan EJIP. Ph. 021-70110076 (Pak Dedy) atau 021-98543110 (Pak Wawan). Tepatnya Exit Tol Cikarang Lemahabang Km.30 Tol Cikampek. Exit belok kanan. Tepat di depan Pasar Central LIPPO Cikarang…. tempatnya enak, luas, makanannya asyik kayak di kampoeng… harga murah buanget loh…. koleksi tanaman obatnya juga OK loh untuk dipelajari….

    @Thx buat alamatnya ya… :mrgreen:

  5. kepada bapak/ibu pimpinan di tempat

    Dengan Hormat,
    nama saya arafat nengkoda,SP
    saya lulusan sarjana pertanian jurusan ilmu tanah universitas udayana
    pengalaman kerja dibidang pertanian organik, tanaman obat (yayasan karyasari), perawatan kecantikan dengan bahan herbal.
    saya berminat tuk melamar kerja di perusahaan bapak/ibu,
    besar harapan saya untuk dapat bergabung

    hormat saya,

    arafat nengkoda,SP

  6. Coba kontak ke Martha Tilaar 021 4603717

  7. Mohon informasi kalau berniat berkunjung kesana dengan rombongan ibu-ibu pengajian, bagaimana caranya? Apa ada no telp/handphone yang bisa dihubungi untuk pemesanan tempat? Terima kasih banyak.

  8. Pak Victor, saya mahasiswa desain komunikasi visual disalah satu univ. swasta berniat untuk menjadikan KaDO sebagai sumber data untuk Tugas Akhir saya yang bertemakan tanaman herbal. Saya ingin meminta alamat dan nomor telepon KaDO yang bisa dihubungi, mohon bantuannya ya Pak. Terima Kasih.

  9. Kayaknya asyik untuk dikunjungi bareng kelompok ibu ibu pengajian, tapi dimana alamatnya? ke mana harus menghubungi untuk reservasi?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Polisi jemput paksa petugas Syahbandar Kaliadem
      Penyidik Polres Kepulauan Seribu akan menjemput paksa petugas Syahbandar Dermaga Kaliadem Tony Suharya terkait insiden Kapal Motor (KM) Paus II yang meledak karena tidak memenuhi dua kali panggilan. "Penyidik kepolisian ...
    • Penumpang keluhkan kondisi KA Matarmaja memprihatinkan
      Kondisi Kereta Api kelas ekonomi Matarmaja jurusan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat ke Malang, Jawa Timur, pada Senin dini hari, memprihatinkan dengan sejumlah fasilitas tidak memadai. Dari pantauan, alat pendingin ...
    • Ketua Liga Arab bertemu utusan PBB untuk Suriah
      Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Al-Dr Araby, Ahad membahas dengan Utusan Khusus Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengenai perkembangan terbaru di Suriah. Dalam pertemuan tersebut, mereka ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: