Pelatih dan Kapten di EURO 2008

‘GOEDE TOT ZIENS’ MENEER BASTEN

Marco van Basten adalah pahlawan Belanda di Euro 1988.gol indahnya memastikan kemenangan atas Uni Soviet 2-0 di pertandingan final sekaligus mengantarkan Oranye membawa pulang trofi Henry Delaunay untuk pertama kalinya. Momen ini juga menjadi persembahan terakhir sang kiper tua Edwin van der Saar sebagai kaptennya.

RONALDO + PORTUGAL = JUARA

Empat tahun silam, Portugal amat favorit menjadi juara. Maklum, mereka menjadi tuan rumah dan diperkuat sederet pemain bintang plus pelatih Luiz Felipe Scolari yang mengantarkan Brazil menjadi juara di Piala Dunia 2002. faktanya, Selecao harus puas menjadi runner up. Tahun ini Portugal dibanjiri winger muda nan berbakat. Mungkinkah Portugal bisa mencapai puncaknya, hanya mengandalkan winger-nya, dalam dari Christiano Ronaldo (sang kapitan), Nani Almedia, Simao Sabrosa, dan Ricardo Quaresma?

KASIHAN TANPA “MOZART KECIL”

Dalam sekejap, Republik Ceko (titisan dari Cekoslovakia, juara Euro 1976), oleh arsitek Karel Bruckner dan dibawah pimpinan sang kapten Tomas Ujfalusi mampu mengubah ‘budaya’ Ceko, yang selama ini lekat dengan trio legendaris Pavel Nedved, Karel Poborsky, dan Patrick Berger menjadi revolusi tersembunyi. Namun detik-detik terakhir menjelang Euro 2008, dikejutkan dengan absennya si ‘Mozart Kecil’, Tomas Rosicky.

AWAS ! SANG PENJEGAL

Prestasi spektakuler Turki dengan menduduki peringkat ketiga di Piala Dunia 2002. tetapi dua tahun kemudian mereka kandas di kualifikasi sehingga gagal ke Portugal. Kini, dibawah asuhan tangan dingin Fatih Terim serta kapten Hakan Sukur, Turki menatap Euro 2008 dengan optimisme tinggi. Tampil memikat di penyisihan Grup C, Crescent-Stars berpotensi menjegal tim-tim unggulan.

TAK MAU UNDERDOG

Sebagai tuan rumah, kualitas Swiss tidaklah jelek-jelek amat. Nati, julukan Swiss punya pemain-pemain muda berbakat dalam diri pemain hasil naturalisasi Gelson Fernandes. Tapi sejak Euro edisi pertama 1960 hingga edisi ke 13 tahun ini, Swiss baru lolos dua kali ke putaran final, itupun langsung kandas di putaran pertama. Kali ini squad Jacob ‘Kobi’ Kuhn dengan sang kapten Alexander Frei merasa tidak mau sebagai underdog.

TRADISI JUARA “DER PANZER”

Jerman masih menjadi pemegang rekor juara terbanyak dengan tiga kali memboyong trofi Henry DelaunaY (di Belgia 1972, di Italia 1980, dan di Inggris 1996). Der Panzer membuktikan mereka tetap super power sepak bola dengan penampilan memikat melalui kombinasi apik pemain muda dan seniornya di di babak kualifikasi Grup D. menduduki peringkat ketiga di Pila Dunia 2006, pasukan Joachim Loew ini memburu trofi keempat sekaligus melanggengkan tradisi juara apalagi dipimpin ‘Der Kaizer’ kecil Michael Ballack.

EDUARDO SEBAGAI ‘TUMBAL’

Sungguh miris ketika Eduardo da Silva diputuskan tidak bias tampil sebagai algojo Kroasia. Padahal pemain kelahiran Brazil ini sudah dijadikan symbol kekuatan squad berkostum kotak-kotak merah putih ini, dibawah asuhan tangan dingin Slaven Bilic sebagai pelatih termuda di Euro 2008 dan pimpinan kapten Niko Kovac.

PENERUS LATO

Membangun tim dengan squad yang baru pertama kalinya lolos putaran final Euro bukanlah pekerjaan yang mudah. Kuncinya fleksibel, dan hal itu bias ditunjukkan oleh seorang arsitek yang tajam dalam menyikapi psikologis setiap pemainnya. Leo Benhakker patut mendapat pujian setinggi langit, begitu kata sang kapten Maciej Zurawski.

BANGKIT DARI TIDUR PANJANG

Sejak Piala Dunia Perancis 1998, Austria tidak pernah mencicipi turnamen besar lagi. Tahun ini merekan mendapat durian runtuh setelah UEFA memilih mereka sebagai salah satu tuan rumah Euro edisi ke- 13. mengandalkan pemain-pemain muda dan kejeniusan pelatih Josef ‘Hicke’ Hickersberger dan kapten Andreas Ivanschit. Negara berpopulasi 8.316.487 jiwa nan kaya raya itu ingin bangkit dari tidur panjangnya dan tidak ingin sekadar numpang lewat saja.

DEL PIERO KARTU TRUF

Menjelang detik-detik akhir pemilihan 23 pemain, pelatih Roberto Donadoni memanggil Allesandro Del Piero dan Antonio Cassano. Italia ternyata dating ke Euro 2008 sebagai juara dunia, selain benar-benar memburu rekor Perancis yang berhasil mengawinkan trofi Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Juga berhadap besar Del Piero mampu menjadi ‘katu truf’.

MENCETAK ZIDANE BARU

Perancis menjadi tim pertama yang berhasil mengawinkan trofi Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. ketika itu Les Bleus masih diperkuat maestro Zinedine Zidane. Kini, Zidane sudah pensiun sementara sinar kebintangan Thierry Henry sedang meredup. Hanya saja dalam hitungan hari, Raymond Domenech mencoba menyulap dan mencetak Zidane baru dalam diri Samir Nasri dan ‘anak bawang Bafetim dan striker Jibril Cisse. Kali ini Perancis dipimpin kapten Patrick Vieira.

PANTAS ‘NGAMUK’

Grup C disebut juga grup ‘neraka’ karena didalamnya bercokol tiga raksasa mantan juara, Italia, Perancis, dan Belanda. Namun Rumania tidak minder apalagi gentar. Bialo-czerwoni alias merah dan putih justru siap membikin kejutan, seperti ketika mereka membungkam Belanda 1-0 pada kualifikasi Grup F. kali ini Rumania dilatih oelh Victor Piturca dan dinakodai sang kapten Christian Chivu.

MUJIZAT HANYA SEKALI!

Tim dari negeri para dewa-dewi ini dating dengan menyandang predikat juara bertahan setelah membuat kejutan besar dengan menjungkalkan tuan rumah Portugal pada partai final empat tahun silam. Tahun ini The Pirate Ship kembali dengan materi pemain tidak jauh berbeda dari Euro 2004, dengan sang komandan Angelos Basinas. Benarkah ada mujizat lagi dalam squad Otto Rehaggel?

MENGULANG TAHUN LALU

Awalnya banyak orang meragukan mampu mencapai puncaknya, seperti di jaman generasi emas 44 tahun silam. Namun kini tim ‘Matador’ siap menapaki tangga yang sangat tinggi lewat generasi Fernando Torres, Andres Iniesta, David Villa, dan Iker Casillas. Dibawah asuhan pelah Luis Aragones dan kapten Iker Casillas, mereka sepertinya siap mengukir gelar.

AYAT-AYAT HENRIK LARSSON

Tiba-tiba Henrik Larsson mendengungkan ‘ayat-ayat’ turun dari pengasingan yang seharusnya, sudah menggantungkan sepatu. Namun pengabdian buat negaranya sepertinya lebih flamboyant dabagi Larsson. Menurut Lars Lagerback, Larsson dipastikan menjadi tandemnya Zlatan Ibrahimovic. Dengan sang kapten Fredrik Ljungberg, mampukah mereka menjadi momok baru dalam kancah memburu sebagai pencetak gol terbanak.

BERUANG MERAH MENGAUM

Rusia dinilai sebagai ‘beruang kecil’ yang mendekati dua Negara tuan rumah Euro 2008, Austria – Swiss. Padahal Rusia itu penghasil beruang yang super raksasa dan selalu hidup bersalju. Perumpamaan itu hanya sebagai joke bahwa Rusia hanya akan melakukan traveling atau sebagai tim penggembira yang ingin menikmati indahnya Negara Austria dan Swiss sebagai turis. Pelatih mereka adalah orang yang selalu dituntun malaikat, Guss Hiddink dan kapten Andrei Arshavin.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: