Mari Merawat Bumi

Bumi semakin tidak aman. Hal ini terjadi karena lapisan ozon yang berfungsi melapisi bumi dari efek negatif sudah banyak berlubang. Bahkan menurut perkiraan terakhir Lembaga Antariksa Eropa (ESA), lubang ozon pada saat ini sudah seluas daratan Eropa atau sekitar 10 juta km persegi. Hal ini berarti sinar ultraviolet yang dipancarkan ke bumi semakin banyak, dan dampaknya luar biasa. Orang yang terpapar sinar tersebut akan terkena berbagai penyakit, antara lain kanker kulit dan katarak. Temperatur bumi semakin tinggi, kekeringan pun akan berlangsung di sejumlah wilayah.

Kebakaran akan mudah terjadi dimana-mana. Banjir melanda berbagai kawasan. Oleh karena itu, sudah sewajarnya mulai dari sekarang mencegah agar kerusakan lapisan tersebut tidak sampai parah. Beberapa diantaranya mengurangi penggunaan karbondioksida, bahan-bahan pendingan yang mengandung freon chlorofourcarbon (CFC), dan bahan bakar hidrogen.

Mencegah bertambahnya pemanasan global juga perlu daripada mengatasi bumi yang sudah rusak ini. Kita dapat melakukannya dalam kegiatan sehari-hari di rumah, ataupun di lingkunbgan sekitar kita. Berikut beberapa tips yang seharusnya dilakukan :

  1. Gunakan lampu pijar hemat energi. Sejumlah perusahaan lampu sudah membuat dan menjual lampu-lampu model begini. Harganya memang lebih mahal 3-5 kali lampu pijar biasa, tetapi energi yang bisa dihemat juga lebih besar, yaitu dapat mencapai ¼ listrik lampu konvensional. Lampu hemat energi 7 watt seterang lampu pijar 40 watt, sedangkan lampu hemat energi 26 watt seterang lampu pijar 100 watt. Selain itu, juga tahan lama karena mampu bertahan lebih dari enam bulan pemakaian secara non stop. Ada orang yang mempersoalkan kandungan merkuri, tetapi masih dalam batas normal. Meski hemat energi, tetapi jangan seenaknya dinyalakan. Nyalakan hanya di waktu malam hari atau keadaan gelap.
  2. Jangan membuka pintu lemari es terlalu lama. Makin lama pintu terbuka, energi listrik yang terpakai dan terbuang percuma juga kian besar. Sebab mesin pendingin terus bekerja sampai ruangan di kulkas mencapai suhu tertentu. Apabila ingin menaruh atau mengambil sesuatu dari kulkas, lakukanlah dengan cepat. Jangan membiarkan anak Anda bermain dalam posisi pintu kulkas terbuka terlalu lama.
  3. Matikan pendingin ruangan (AC), televisi, radio, komputer, dan peralatan elektronik lainnya bila sudah tidak dipergunakan. Biasakan mencabut alat listrik jika tidak digunakan. Komputer, misalnya, jika digunakan hanya empat jam per hari dapat menghemat Rp. 630.000 per tahun dan dapat mengurangi emisi karbon 83% setahun.
  4. Mencucilah pakaian dengan tangan Anda sendiri. Disamping menghasilkan cucian lebih bersih, juga menyehatkan dan tidak boros listrik. Lalu, jangan juga menggunakan mesin pengering. Sebab uap mengeluarkan gas yang mengandung karbondiaoksida. Dalam jangka waktu lama, T-shirt yang dikeringkan bisa mengeluarkan 4 kg gas CO2 ke udara. Jadi gunakan cara alami untuk menjemur pakaian di udara terbuka.
  5. Etanol bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar minyak di rumah atau sebagai bahan alternatif minyak tanah atau gas. Ini berkaitan dengan terus melambungnya harga minyak dunia yang kini mencapai US$ 90 per barel dan tingkat polusi yang makin parah. Etanol dapat diperoleh dari tanaman yang mengandung alkohol seperti tebu. Selain itu, bahan bakar nabati yang tengah dikembangkan adalah yang berasal dari kelapa sawit, jarak, tebu, jagung, dan ubi jalar. Anda tak perlu khawatir bahan bakar nabati bakal habis, sebab tumbuhan tersebut dapat ditanam kembali.
  6. Penuhilah pekarangan rumah dengan tanaman. Tanaman dapat menyegarkan rumah dan pekarangan, juga menghindari cuaca panas dan terik matahari. Anda pun menghirup udara bersih dan mengandung banyak oksigen yang dikeluarkan tumbuh-tumbuhan. Salah satu tanaman yang menyerap CO2 adalah bambu. Selain tumbuh cepat, bambu juga lebih cepat menyerap CO2 dibandingkan beberapa tanaman lainnya.
  7. Lindungi rumah dengan tabir surya. Misalnya, jendela dipasangi kaca film, sehingga rumah tidak terlalu panas dan tak perlu menggunakan AC.
  8. Usahakan rumah dilengkapi ventilasi yang cukup, sehingga terjadi sirkulasi udara setiap hari. Buka jendela dan pintu lebar-lebar pada pagi hari agar udara pagi yang baik bisa masuk dan menggantikan udara yang kotor.
  9. Jangan membakar sampah di pekarangan rumah. Asapnya mengeluarkan gas CO2 yang berbahaya bagi tubuh manusia jika terhirup. Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang dengan sampah yang tak dapat didaur ulang. Sampah-sampah yang dapat didaur ulang (seperti kertas dan kaleng bekas) dapat digunakan lagi bila diperlukan.
  10. Jangan membawa tas-tas plastik ke rumah, sebab bahan-bahan yang terbuat dari plastik sulit didaur ulang. Di dunia, dari sekitar 500 milyar tas plastik yang didistribusikan, hanya kurang dari 3% yang didaur ulang. Jika tertanam dibawah tanah akan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai dan bercampur dengan tanah. Sebagai alternatif, bawalah tas-tas yang terbuat dari kertas atau material yang gampang didaur ulang.

4 Comments

  1. MENGGUNAKAN MUSICOOL HYDROCARBON REFRIGERANT PADA MESIN AC

    Seperti yg kita ketahui sekarang ini banyak sekali isu-isu krisis yang melanda negeri kita ini, mulai dari perubahan iklim yang tidak menentu, ROB di sepanjang Pantai Utara Jawa, krisis listrik, Air dan BBM. Saya ingin membahas hal tersebut dari salah satu penyebabnya , yaitu CFC, HFC dan HCFC (C-Chloro, F-Fluor, C-Carbon, H-Hydro) atau disini biasa dikenal dengan istilah FREON (Syntetic Refrigerant). Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510, artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2, sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15, artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai.

    Sudah saatnya kita sekarang mengurangi penggunaan CFC,HFC dan HCFC dalam mesin-mesin pendingin kita, khususnya untuk Gedung-gedung bertingkat, perkantoran, mal dan industri. Sekarang ini sudah ada bahan pendingin alternatif pengganti freon yaitu Hydrocarbon Refrigerant (Natural Refrigerant) . Merek dan jenis HC yang beredar di Indonesia cukup banyak, seperti Musicool, Hychill, Safe, Duracool, Hycool, dll. HC yang saya bahas disini adalah Musicool, karena Musicool adalah produk dalam negeri, salah satu produk Pertamina yang dibuat di Unit Pengolahan III, Palju, Sumsel di tepi sungai Musi.
    Musicool adalah refrigerant dengan bahan dasar hydrocarbon alam dan termasuk dalam kelompok refrigerant ramah lingkungan, dirancang sebagai alternatif pengganti refrigerant sintetic kelompok halokarbon; CFC R-12, HCFC R-22 dan HFC R-134a yang masih memliki potensi merusak alam.
    Musicool Refrigerant telah memenuhi persyaratan teknis sebagai refrigerant yaitu meliputi aspek sifat fisika dan termodinamika, diagram tekanan versus suhu serta uji kinerja pada siklus refrigerasi. Hasil pengujian menunjukan bahwa dengan beban pendingin yang sama, MUSICOOL memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan refrigerant sintetic. diantaranya beberapa parameter memberikan indikasi data lebih kecil, seperti kerapatan bahan (density), rasio tekanan kondensasi terhadap evaporasi dan nilai viskositasnya, sedangkan beberapa parameter lain memberikan indikasi data lebih besar, seperti efek refrigeras, COP, kalor laten dan konduktivitas bahan.
    KEUNGGULAN DARI MUSICOOL REFRIGERANT

    1. Ramah Lingkungan dan Nyaman, MUSICOOL tidak beracun, tidak membentuk gum, nyaman dan pelepasannya ke alam bebas tidak akan merusak lapisan ozon dan tidak menimbulkan efek pemanasan global.

    2. Hemat Energi/Listrik, MUSICOOL mempunyai sifat termodinamika yang lebih baik sehingga dapat menghemat pemakaian energy/listrik hingga 30% dibanding dengan refrigerant fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama.

    3. Lebih Irit, MUSICOOL memiliki sifat kerapatan yang rendah sehingga hanya memerlukan sekitar 30% dari penggunaan refrigerany fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama.

    4. Pengganti Untuk Semua, MUSICOOL dapat menggantikan refrigerant yang digunakan selama ini tanpa mengubah atau mengganti komponen maupun pelumas.

    5. Memenuhi Persyaratan International, Musicool memenuhi baku mutu internasional dalam pemakaian maupun implikasi yang menyertainya.

    Dengan mengganti bahan pendingin mesin AC kita dengan Hydrocarbon, berarti ada beberapa isu yang terselesaikan, yaitu: kerusakan lapisan ozon, pemanasan global dan penghematan listrik/energy.

  2. tips diatas saya rasa tidak cukup untuk merawat bumi selama manusia masih menggunakan bhn bakar fosil , dan manusia lebih suka menebang daripada menanam pohon suhu bumi akan semakin panas.

    :mrgreen: daripada tidak berbuat, kan masih lebih baik toh…😆

  3. Setuju hidup adalah perjuangan dalam kesementaraan, perjuangankanlah hati daripada aturan-aturan…manusia akan hilang lenyap seperti bunga rumput…tetapi hati dan kebaikan akan tetap bertahan…

    :mrgreen: Setuju juga.. kenal ini😉 nggak

  4. Hidup ini emang perlu perjuangan, trima kasih tlah mampir ke blog ku. salam hangat dari tanah Pasundan.

    :mrgreen: Begitulah..thanks juga sudah balas berkunjung..salam dari Ambon😆


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Liga Eropa - Hasil dan klasemen Grup B, Apoel juara grup
      Apoel FC, berhasil menjuarai Grup B Liga Europa setelah mengalahkan wakil Yunani, Olympiakos, dengan skor 2-0 dalam laga pamungkas penyisihan di Stadion GSP, Siprus, Jumat dini hari WIB.Kemenangan yang diraih berkat gol dari ...
    • Liga Europa - Hasil dan klasemen Grup A, Fenerbahce-MU lolos
      Fenerbahce dan Manchester United lolos ke babak 32 besar Liga Europa selepas rangkaian pertandingan pamungkas penyisihan Grup A, Jumat dini hari WIB.Fenerbahce memastikan satu tiket ke babak 32 besar setelah tim asal Turki itu ...
    • Ngobrol dengan BJ Habibie di Belanda
      Nonton film berlanjut dengan ngobrol-ngobrol santai tapi serius terjadi di Belanda, antara anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia Belanda dan masyarakat Indonesia di Belanda, dengan Presiden Baharuddin Jusuf ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: