Pesta Blogger 2008

Dari Bali Ke Jakarta

Kapan PB08 akan diadakan? Di mana? Acaranya seperti apa?

Begitulah pertanyaan yang hari-hari ini bertubi-tubi menghampiri setiap kali saya bertemu kawan-kawan blogger dalam pelbagai kesempatan.

Agar tak membuat kawan-kawan semua makin penasaran, lewat posting ini saya akan memaparkan sedikit tentang rangkaian acara PB08. Saya sebut sedikit karena ada beberapa hal yang belum bisa dipastikan.

Jadi begini rencananya. Panita berencana menggelar puncak acara PB08 di Jakarta, tempat pastinya masih menyusul, pada 25 Oktober 2008. Sepekan sebelum acara puncak tersebut, akan diadakan road show.

Road show akan diawali dari Bali, lalu bergerak ke Malang, Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta.

Di tiap kota, komunitas blogger setempat dipersilakan menggelar acara sendiri. Acara yang digelar sebaiknya masih dalam koridor Blogging for Society. Bentuknya diserahkan semampu komunitas lokal.

Di Bali, Bali Blogger Community (BBC) bisa membuat acara, contohnya, kunjungan ke RSJ. Di Yogyakarta, Cah Andong, mungkin mengadakan acara bagi buku ke anak sekolah dan seterusnya. Tentu saja semua komunitas blogger daerah boleh membuat aneka sekreatif mungkin.

Panitia di Jakarta akan menyediakan satu buah bus dari Bali. Bus itu akan diisi oleh perwakilan blogger setempat, wartawan, dan undangan lainnya. Bila ada blogger yang berminat ikut, tapi tak kebagian kursi, dipersilakan membawa kendaraan sendiri.

Bus itu akan berangkat ke Malang setelah acara di Bali selesai. Di Malang, komunitas blogger setempat diharapkan membentuk kepanitiaan sendiri dan mengadakan acara penyambutan blogger dari Bali. Selanjutnya, komunitas blogger Malang diharapkan membuat acara bersama.

Setelah acara selesai, rombongan meneruskan perjalanan ke Yogyakarta. Blogger yang berminat ikut dipersilakan ikut bus dari Bali, dengan catatan masih ada kursi kosong. Dan, yang tak kebagian kursi juga boleh membawa kendaraan sendiri atau menyewa bus. Begitu seterusnya hingga road show itu berakhir di Jakarta pada 25 Oktober 2008.

Bagaimana dengan blogger di kota yang tak dilewati bus, tapi ingin ikut acara? Panitia mempersilakan para blogger memilih bergabung di kota mana saja. Blogger Makassar, misalnya, dapat ikut acara di Bali atau Malang. Blogger Semarang atau Solo, silakan menjemput rombongan dan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Cah Andong. Blogger Cirebon, Tegal, Garut, silakan menghubungi komunitas Batagor.

Untuk keperluan acara road show itu, lewat posting ini Panitia PB08 mengimbau komunitas blogger di Bali, Malang, Yogyakarta, dan Bandung segera mempersiapkan acara masing-masing.

Panitia telah menunjuk Iqbal Prakarsa sebagai LO acara di Bali, Enda Nasution LO Malang dan Bandung, dan Chika Nadya sebagai LO Yogyakarta. Semua komunitas blogger daerah dipersilakan menghubungi LO masing-masing untuk mengetahui detail pelaksanaan.

Senyampang menunggu pelaksanaan road show itu, komunitas blogger di mana pun berada yang hendak mengadakan acara dalam waktu dekat ini, diharapkan mendokumentasikan seluruh kegiatannya, baik dalam bentuk foto, video, maupun teks. Dokumentasi ini akan dipamerkan dalam acara puncak PB08 di Jakarta.

Komunitas blogger di luar Jawa dan Bali juga dipersilakan mengadakan acara semacam Pesta Blogger sendiri di tempat masing-masing Oktober nanti. Mari kita buat Oktober sebagai Bulan Blogger Nasional (halah).

Yang penting adalah, sebaiknya kita merangkaikan semua acara itu dalam satu bingkai tema besar, yakni Blogging for Society. Tak perlu bikin acara yang megah dan mewah, yang penting bisa dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Saya maklum jika posting singkat ini belum menjelaskan semua secara rinci. Saya juga yakin teman-teman semua memiliki banyak pertanyaan seputar pelaksanaan road show. Jangan ragu-ragu, siilakan kirim pertanyaan via email ke Hanny atau meninggalkan komentar. Kami akan jelaskan sebisa mungkin. Saya juga terus mengabarkan perkembangan pelaksanaan road to PB08 di sini.

Jangan lupa, detail acara puncak PB08 di Jakarta masih digodok. Setelah ada keputusan pekan depan, panitia akan segera mengumumkan seperti apa hebohnya acara itu. Jadi tunggu saja kabar selanjutnya.

  • Pesta Blogger 2008 merupakan acara kumpul-kumpul dan temu muka para blogger berskala nasional di Indonesia.
  • Acara ini pertama kali digelar pada 27 Oktober tahun lalu, di mana Menkominfo Muhammad Nuh menyatakan bahwa tanggal 27 Oktober resmi diperingati sebagai Hari Blogger Nasional (Hablona).
  • Pesta Blogger 2008 rencananya akan digelar pada hari Sabtu, 25 Oktober 2008.
  • Tema Pesta Blogger 2008 tahun ini adalah “Blogging for Society”. Tema ini dipilih untuk memacu semangat para blogger sehingga dapat menggunakan media blog sebagai bentuk kontribusi mereka terhadap masyarakat.
  • Pesta Blogger diprakarsai oleh konsultan kehumasan Maverick bersama Bubu Internet, serta didukung oleh Departemen Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

sumber: Pesta Blogger 2008

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • TNI AL bangun dermaga di Sangihe
      Komandan Pangkalan TNI AL Tahuna, Kolonel Pelaut Setyo Widodo, menyatakan, mereka akan segera membangun dermaga di Kabupaten Kepulauan Sangihe.Menurut dia, di Tahuna, Selasa, pembangunan dermaga TNI AL di sana menjadi kebutuhan ...
    • Korban tewas akibat lonsor di Kongo mencapai 140 orang
      Jumlah korban tewas akibat tanah longsor yang melanda sebuah desa nelayan di tepi danau di Republik Demokratik Kongo mencapai 140 orang, kata pemerintah pada Senin (21/8)."Kami perkirakan bahwa sedikitnya ada seratus jenazah ...
    • Negeri gila sepeda ini bikin tempat parkir sepeda terbesar di dunia
      Kota Utrecht di Belanda yang gila sepeda, kemarin membuka apa yang disebut sebagai tempat parkir sepeda paling besar di dunia yang jika rampung tahun depan bisa menampung 12.500 sepeda.Langkah pemerintah kota berpenduduk 344.000 ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: