Lebih dari 40 Juta Orang Tonton Pidato Obama

Acara Olimpiade dan “American Idol” Kalah

Pidato pengukuhan Barack Obama sebagai calon presiden Partai Demokrat ditonton oleh 40 juta orang lebih. Konvensi Partai Demokrat di Denver, 25-28 Agustus, juga tidak sekadar hajatan politik, tetapi sebuah program televisi yang menarik ditonton dibandingkan dengan konvensi politik mana pun sepanjang sejarah AS.

Sebuah riset menyatakan, lebih banyak jumlah orang yang menyaksikan pidato Obama melalui televisi ketimbang pemirsa yang menyaksikan acara pembukaan Olimpiade Beijing dan final ”American Idol” atau acara Academy Awards tahun 2008.

Demikian disampaikan Nielsen Media Research, Jumat (29/8) di New York. Pemirsa pidato Obama mungkin hanya menyamai rekor pemirsa untuk empat acara sepak bola, termasuk pertandingan Super Bowl antara Giants dan Patriots.

Nielsen hanya menghitung jumlah pemirsa di AS, bukan di seluruh dunia. Media-media di AS sering menyebutkan penampilan Obama sebagai fenomenal. Dia juga menjadi ”darling”-nya media internasional. Konvensi Demokrat tahun ini juga mencatat rekor soal minat peliputan media internasional, mengalahkan konvensi mana pun.

Kantor berita Agence France menyebutkan, konvensi Demokrat 2008 juga melahirkan rekor sebagai sumber berita-berita utama sepanjang sejarah.

Julian Zelizer, profesor sejarah dari Princeton University, mengatakan, pidato Obama bagus, menjanjikan perubahan dalam politik di AS.

Kantor berita Reuters menyebutkan, pidato Obama memberi inspirasi kepada para pendukungnya dan membuat kelompok Republik terbenam. ”Saya dibuatnya seperti memiliki harapan,” kata Phyllis Ring (81) dari Fort Collins, Colorado.

Jumlah penonton pidato Obama dua kali lebih banyak daripada jumlah yang menyaksikan pidato pengukuhan John F Kerry, calon presiden Demokrat tahun 2004. Pidato Kerry ditonton 20 juta orang, sementara pidato Presiden George W Bush pada konvensi Republik tahun 2004 ditonton 27,6 juta orang.

Anne Elliot, analis dari Nielsen, mengatakan, jumlah pemirsa pidato Obama mungkin terbanyak dibandingkan pidato dari berbagai konvensi yang pernah ada. Selama empat hari penyelenggaraan konvensi Demokrat tahun ini, rata-rata jumlah penonton adalah 22,5 juta rumah tangga (bukan orang). Konvensi Demokrat 2008 hanya kalah dari segi jumlah penonton daripada konvensi Demokrat tahun 1992 saat penominasian Bill Clinton sebagai capres Demokrat yang kemudian menang.

Nielsen mulai mencatat jumlah pemirsa sejak kampanye John F Kennedy dan Richard Nixon pada tahun 1960.

Konvensi Demokrat 2008 masih unggul daripada jumlah pemirsa konvensi Republik 1976 yang ditonton 21,9 juta orang.

Konvensi Demokrat yang menyaingi konvensi 2008 terjadi tahun 1980 saat Senator Edward Kennedy bertarung dengan Presiden Jimmy Carter dalam nominasi capres Demokrat.

Pemilu pendahuluan

Proses selama pemilu pendahuluan Demokrat 2008, yang mempertarungkan Obama dan Hillary Clinton, juga tergolong unik. Proses ini juga ditonton lebih banyak orang. Penonton tertarik dengan keberadaan Obama, seorang kulit hitam pertama yang jadi capres di AS.

Nielsen mengatakan, sekitar 38,4 juta orang menyaksikan pidato Obama yang ditayangkan 10 stasiun televisi komersial, tetapi sejumlah stasiun televisi yang juga menyiarkannya tidak memberi laporan penonton.

Pidato Obama ada di urutan kelima yang paling banyak ditonton kulit hitam dalam 11 tahun terakhir untuk kategori non- sport.

Hari ulang tahun ke-30 Michael Jackson yang disiarkan CBS tahun 2001 berada di urutan teratas. Acara Obama pun dihadiri begitu banyak artis.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Taekwondo sumbang emas pertama AIMAG
      Kontingen Indonesia akhirnya mampu meraih medali emas pertama pada Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) di Asghabat, Turmenistan, Jumat setelah tim taekwondo putra mampu meraih poin tertinggi pada nomor poomsae.Berdasarkan ...
    • Pelatnas evaluasi capaian tunggal putri di Jepang Terbuka
      Pelatih tunggal putri Pelatnas PBSI Minarti Timur mengevaluasi capaian tunggal putri di turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka 2017, di mana wakil-wakil Indonesia harus tersungkur di awal kompetisi. Menurut Minarti di ...
    • ASEAN Para Games - Indonesia juara setelah menaklukkan Thailand 3-0
      Tim sepak bola celebral palsy Indonesia berhasi menjadi juara ASEAN Para Games ke-9, 2017, setelah menaklukkan Thailand dengan skor 3-0 di babak final di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat. Hasil ini menjadi sejarah karena ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

    • Apple Watch 3 Diliris Bagian 2-Habis
      Namun jeroannya juga cukup gahar Perangkat wearable buatan pabrikan yang berbasis di Cupertino ini mengandalkan kinerjanya pada pada dukungan prosesor W2 dual-core Chip itu diklaim ...
    • Apple Watch 3 Diliris Bagian 1
      Apple kembali merilis smartwatch terbarunya Kali ini giliran Watch Series 3 yang dilenggangkan Dililihat dari modelnya jam tangan cerdas ini memiliki tampilan yang mirip dengan ...
    • Nokia Boyong 3 Smartphone Android ke Indonesia
      Nokia menghadirkan smartphone Android terbaru untuk pasar Indonesia Kali ini pabrikan asal Finlandia itu memboyong Nokia 3 5 dan 6 Ketiga ponsel itu dijadwalkan akan ...
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: