Jakarta Dikepung Makanan Busuk

Kini, Jakarta tak lagi aman bagi warga dan aparat pemerintah, sama-sama berpeluang memakan makanan busuk, berbahaya, dan beracun.

Seperti biasa, setiap bulan Ramadhan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendadak ke pasar dan pusat perdagangan memeriksa makanan kedaluwarsa. Pemeriksaan berkembang dan mendapatkan bukti, tidak hanya mendapatkan bahan makanan kedaluwarsa, tetapi juga berbagai makanan busuk, beracun, dan berbahaya beredar di masyarakat.

Meski mengagetkan, peredaran makanan atau daging olahan dari bekas ”sampah” hotel dan restoran sudah berlangsung lama, beredar di pasar tradisional, dekat permukiman miskin Jakarta.

Di pasar-pasar juga ditemukan daging ilegal glondongan dari luar negeri masuk Indonesia. Petugas juga menemukan banyak makanan kedaluwarsa, seperti kue kering dan minuman ringan kemasan, yang diperdagangkan di pusat pertokoan, mal, bahkan pasar swalayan. Temuan makanan berbahaya lainnya adalah yang menggunakan bahan pengawet beracun, seperti mengandung pemutih (klorin), pengawet formalin, dan zat kimia arsenik yang mematikan manusia. Belakangan petugas Pemprov Jakarta mendapati daging busuk dijual di pasar swalayan besar terkenal.

Berlangsung lama

Praktik jual beli makanan kedaluwarsa, busuk, beracun, dan berbahaya sudah berlangsung lama. Seperti sebelumnya, pada tahun 2008, aparat pemerintah termasuk Pemprov Jakarta baru dan hanya melakukan pemeriksaan di bulan Ramadhan. Tidak heran, pelanggaran dan penjualan makanan busuk terus terjadi, dan terbongkar tiap tahun.

Terus berlangsungnya perdagangan makanan busuk secara sembunyi-sembunyi menunjukkan pemerintah tidak serius memberantas, bahkan menjadikan penyelidikan perdagangan makanan busuk sekadar ritual tahunan aparatur pemerintah.

Tidak seriusnya pemerintah mengawasi dan melindungi warganya dari makanan busuk juga akibat kesalahan warga yang lalai, tidak peduli mengontrol pemerintahnya. Kini, situasi sudah amat parah. Jakarta dikepung makanan busuk dan beracun.

Warga hampir tak punya ruang lagi untuk mendapatkan hidup sehat atau tidak punya peluang menolak makanan berbahan busuk dan mematikan. Warga dikepung rasa takut jika ingin memakan sesuatu, jangan-jangan makanannya berasal dari bahan busuk, beracun, dan berbahaya.

Kenyataan ini menunjukkan, pemerintah gagal melindungi warganya dari makanan busuk. Situasi ini sungguh mengerikan, bahkan membuat orang ragu atau takut makan karena semua sumber sudah tak ada lagi yang aman dikonsumsi.

Mengubah pola hidup

Untuk keselamatan bersama, situasi ini harus dihentikan. Penyelesaian atau perubahan bisa dilakukan dengan memakai pendekatan seperti sering dinasihatkan dokter kepada pasien. Selain memberikan obat, dokter akan merekomendasikan upaya pencegahan berulangnya penyakit yang sama dengan mengubah pola hidup. Dokter akan meminta pasien menjalani pola hidup sehat agar tidak sakit lagi.

Pola hidup yang dimaksud adalah agar pasien menjaga perilaku, memiliki perhatian dan komitmen mau mengontrol kesehatan tubuh. Biasanya pasien dianjurkan mengubah pola makan agar memakan makanan yang sehat, bersih, dan tidak busuk.

Terkait masalah dikepungnya Jakarta oleh makanan busuk, pendekatan rekomendasi dokter itu cocok digunakan. Para pihak yang berperan dan berkepentingan menyelesaikan masalah ini adalah warga dan pemerintah kota. Warga dan pemerintah sama-sama berkepentingan dan pasti tidak mau makan daging busuk atau menelan zat kimia arsenik lalu mati. Sebagai pihak yang berkepentingan, warga dan pemerintah harus mengubah pola hidup atau perilaku yang selama ini mengakibatkan makanan busuk itu beredar.

Perilaku yang juga harus diubah, sebagai warga, amat mungkin selama ini tak peduli dengan kotanya, tidak mau mengontrol pemerintahnya. Sebagai pemerintah, kejadian ini membuktikan bahwa mereka tidak bekerja profesional dan tidak memiliki keberpihakan kepada warganya. Akibatnya, kota Jakarta dipenuhi makanan busuk karena pemerintah tidak mengawasi kota dan tidak mau menjamin hak hidup warga yang seharusnya dilayani.

Perubahan bagi kota Jakarta harus dilakukan bersama, oleh warga dan pemerintah.

Azas Tigor Nainggolan Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta); Advokat Publik bagi Warga Miskin di Jakarta

2 Comments

  1. yayya

  2. Saya juga prihatin dengan maraknya peredaran daging busuk ini, semoga banyak ornag yang sadar bahwa merugikan kepentingan orang lain adalah termasuk dosa.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Belanja di Apple Store bisa lewat Apple Watch
      Pembaruan Apple Store kini membuat pengguna Apple Watch dapat membeli item langsung dari pergelangan tangan.Fitur baru tersebut dapat dinikmati setelah pembaruan versi 4.1 aplikasi tersebut, tapi, tidak semua katalog bisa ...
    • Wapres: bela negara bukan hanya saat perang
      Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua harus mempersiapkan diri untuk bela negara, bukan hanya pada saat terjadi perang. "Bela negara bukan hanya perang, tapi juga memajukan negeri ini dengan baik dan berkeadilan," ...
    • Polda Kepri benarkan pesawat Polri jatuh
      Polda Kepri membenarkan pesawat M-28 Sky Truck dengan nomor regristrasi B-4201 hilang kontak dan diketahui jatuh di perairan Kabupatan Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri. "Iya benar, pesawat sempat hilang kontak. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: