Nada Pidato Presiden Iran Keras

Gaung pidato Presiden Iran pada sidang Majelis Umum PBB terdengar keras, bahkan mungkin juga mengejutkan dari segi substansi maupun caranya.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad misalnya tanpa basa-basi dan secara telanjang menuding Israel sebagai ”zionis pembunuh”. Secara terbuka pula, ia menantang gertakan Amerika Serikat dalam isu nuklir Iran. Juga tanpa keraguan sedikit pun ia membela program nuklir negaranya, yang dikatakan untuk maksud damai, bukan tujuan militer seperti dituduhkan AS, Israel, dan Barat.

Sekalipun Ahmadinejad selama ini dikenal vokal mengecam Israel dan AS, pidatonya pada sidang Majelis Umum PBB termasuk mengejutkan. Substansi dan cara pidatonya dinilai sangat keras.

Reaksi marah antara lain datang dari Presiden Israel Shimon Peres, yang ikut mendengar langsung pidato Ahmadinejad. Tidak kalah kasarnya Peres menggambarkan isi pidato Ahmadinejad sebagai ekspresi kegilaan dan kekasaran.

Tuduhan Ahmadinejad soal ”zionis pembunuh” terkait dengan represi Israel di daerah pendudukan Tepi Barat dan Jalur Gaza. Ahmadinejad pernah menyerukan penghapusan Israel dari peta bumi. Dalam pidato pada Sidang Majelis Umum PBB, ia tidak hanya menuduh Israel sebagai ”pembunuh”, tetapi juga menuding sejumlah orang Yahudi ”pembohong” yang merecoki masyarakat Eropa dan AS.

Tuduhan sebagai ”pembohong” itu lebih terkait dengan anggapan bahwa orang Yahudi menguasai ”pusat moneter dan finansial” internasional, yang belakangan ini terguncang hebat. Hampir tak terelakkan pula, tudingan Ahmadinejad semakin sensitif karena diintepretasikan sebagai ekspresi sikap anti-Semitisme.

Lebih-lebih lagi Ahmadinejad menyatakan, keberadaan rezim zionis terancam kebangkrutan, dan tak ada jalan keluar untuk meloloskan diri dari jebakan yang diciptakannya sendiri atau pendukungnya. Pernyataan ini masih terkait dengan krisis keuangan global.

Tidak kalah kerasnya kecaman Ahmadinejad kepada AS yang menggertak Iran dalam isu nuklir. Ahmadinejad menyatakan, Iran tidak akan tinggal diam jika digempur AS atau Israel dalam kaitan program nuklirnya.

Jelas pula, pernyataan Ahmadinejad yang bernada keras terhadap Israel dan AS tidak terlepas dari konflik Timur Tengah. AS memang cenderung mendukung Israel dalam konflik dengan Palestina.

Selama konflik Timteng tak segera diselesaikan dengan menjamin hak Palestina mendirikan negara sendiri, ketegangan dengan segala komplikasinya akan terus berlanjut yang pengaruhnya melewati batas kawasan.

KOMPAS

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • MA tolak berikan pendapat terkait status Ahok
      Mahkamah Agung menolak untuk memberikan pendapat terhadap status Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) seperti permintaan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. "Isi surat adalah kami tidak memberikan pendapat ...
    • Rumah mewah di tepi Teluk Jakarta itu jadi kado untuk BNN
      Seperti umumnya perumahan mewah, siapa pun yang berkunjung ke sana harus melalui pemeriksaan ketat. Tak terkecuali rumah mewah yang paling tidak memiliki tiga gerbang itu. Begitu memasuki gerbang pertama tamu niscaya ditanyai ...
    • PSSI berharap pemain naturalisasi seleksi Maret 2017
      Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap 12 pemain Indonesia maupun keturunan yang berkiprah di luar negeri bisa mengikuti seleksi kedua tim nasional U-22 yang diadakan pada 1-3 Maret 2017. "Seharusnya mereka ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: