Thaib-Kasuba Dilantik

Mendagri: Pelantikan Mereka Penuhi Legalitas Hukum

Keputusan pemerintah mengangkat pasangan Thaib Armaiyn dan Abdul Ghani Kasuba menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara hasil pilkada tahun 2007 dilakukan secara hati-hati, dengan mempertimbangkan berbagai aspek sosial, politik, serta aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat seyogianya memahami keputusan pemerintah tersebut.

Menteri Dalam Negeri Mardiyanto mengatakan hal itu ketika melantik Thaib Armaiyn dan Abdul Ghani Kasuba menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara di Gedung DPRD Provinsi Maluku Utara, Jalan Stadion Ternate, Senin (29/9) siang.

Thaib-Kasuba yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, Partai Bintang Reformasi, Partai Bulan Bintang, Partai Karya Peduli Bangsa, dan Partai Kebangkitan Bangsa akan memimpin provinsi berpenduduk sekitar 1 juta jiwa itu periode 2008-2013. Lima tahun sebelumnya, Thaib adalah gubernur di provinsi hasil pemekaran Maluku tersebut.

Saat pelantikan, ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku Utara yang berukuran sekitar 20 x 10 meter disesaki pengunjung, terutama pendukung Thaib-Kasuba. Sesekali terdengar teriakan-teriakan massa yang memenuhi gedung dan bangsal kantor DPRD. Mendagri sendiri hanya tersenyum menanggapi tingkah massa itu.

Sekitar 100 meter dari Gedung DPRD Maluku Utara, lebih dari 100 pendukung Abdul Gafur–Abdurrahim Fabanyo, rival Thaib- Kasuba, menolak pelantikan tersebut. Namun, aksi massa yang berlangsung sejak pagi itu akhirnya bubar setelah mereka gagal masuk ke lokasi pelantikan. Mereka dihadang ratusan aparat keamanan yang berjaga ketat di sekitar lokasi pelantikan.

Berdasarkan pantauan, hampir seluruh sudut kota Ternate dijaga aparat. Polisi menjaga ruas jalan dari Bandara Sultan Babullah menuju kota sekitar lima kilometer. Petugas dari Brimob juga berjaga di ujung jalan kawasan Tanah Tinggi, tempat kediaman Abdul Gafur. Pasangan Gafur-Fabanyo diusung oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, serta Partai Demokrasi Kebangsaan.

Sudah final

Mendagri mengatakan, pemerintah telah menganggap proses pilkada sudah berakhir dengan pelantikan gubernur dan wakil gubernur karena telah memenuhi legalitas hukum. ”Aspek hukum yang menjadi dasar penting bagi saya untuk datang melantik Gubernur Maluku Utara,” kata Mardiyanto kepada pers.

Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih cukup panjang dan berliku. Lebih kurang 10 bulan warga Maluku Utara dilanda kekisruhan pascapilkada pada 3 November 2007.

Mardiyanto meminta Thaib Armaiyn dan Ghani Kasuba segera melakukan rekonsiliasi politik serta menjadikan kehidupan masyarakat Maluku Utara lebih harmonis karena sempat terganggu beberapa lama. ”Sekarang Saudara Gubernur dan Wakil Gubernur adalah pemimpin dari seluruh rakyat Maluku Utara,” lanjut Mendagri.

Pelantikan Gubernur Maluku Utara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 85/P Tahun 2008 tertanggal 27 September. Acara pelantikan yang terkesan mendadak hanya dihadiri 15 dari 35 anggota DPRD Provinsi Maluku Utara.

Akan tetapi, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Ali Syamsi yang memimpin sidang paripurna mengatakan ketidakhadiran sebagian anggota DPRD bukan persoalan mendasar. Sebab, sidang paripurna tidak mengambil keputusan, tetapi memenuhi proses akhir pilkada.

Sultan Tidore Djafar Syah mengatakan, pelantikan gubernur pada bulan Ramadhan agar menjadi momentum untuk hidup damai dalam membangun masyarakat Maluku Utara. ”Sekarang kita akhiri konflik politik untuk menatap masa depan yang lebih cerah,” kata Djafar Syah, yang juga anggota DPD dari Maluku Utara yang hadir pada acara itu. (ZAL/ANG)

KOMPAS

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Liga Eropa - Hasil dan klasemen Grup B, Apoel juara grup
      Apoel FC, berhasil menjuarai Grup B Liga Europa setelah mengalahkan wakil Yunani, Olympiakos, dengan skor 2-0 dalam laga pamungkas penyisihan di Stadion GSP, Siprus, Jumat dini hari WIB.Kemenangan yang diraih berkat gol dari ...
    • Liga Europa - Hasil dan klasemen Grup A, Fenerbahce-MU lolos
      Fenerbahce dan Manchester United lolos ke babak 32 besar Liga Europa selepas rangkaian pertandingan pamungkas penyisihan Grup A, Jumat dini hari WIB.Fenerbahce memastikan satu tiket ke babak 32 besar setelah tim asal Turki itu ...
    • Ngobrol dengan BJ Habibie di Belanda
      Nonton film berlanjut dengan ngobrol-ngobrol santai tapi serius terjadi di Belanda, antara anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia Belanda dan masyarakat Indonesia di Belanda, dengan Presiden Baharuddin Jusuf ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: