Kearifan Pelacur

Kick Andy kali ini mengangkat sebuah buku bagus dan juga baru terbit yaitu Kearifan Pelacur. Buku karangan Elizabeth Pisani ini layak diangkat di Kick Andy karena mengungkap secara gamblang industri seks di Asia terutama Indonesia. Elizabeth Pisani yang asal Inggris itu berpendapat jika kehidupan seks di Indonesia ini sudah merupakan sebuah industri dan harus diwaspadai efek penyakit yang ditimbulkannya. Kita diingatkan kembali betapa berbahayanya dampak dari industri yang satu ini jika tidak berhati-hati terutama dalam hal penyebaran HIV/AIDS.

Dalam bukunya, Pisani menjelaskan bahwa ada tiga golongan yang dianggap sebagai penyebaran HIV AIDS di Indonesia. Tiga golongan itu adalah, waria, homoseksual dan pekerja seks komersial. Melalui hubungan seks yang tidak aman yaitu tidak menggunakan kondom virus HIV yang kemudian menjadi Aids yang mematikan itu menyebar kemana-mana.

Lenny, salah satu waria yang tampil di Kick Andy kali ini menyatakan, ia sangat prihatin dengan penyebaran virus HIV yg terus meningkat di Indonesia. Untuk itu ia dengan teman-temannya bersama sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat, Srikandi, aktif melakukan penyuluhan. Kepada para waria yang lain, Lenny mengajak mereka untuk menghindari hubungan seksual yang tidak aman. Selain melakukan bimbingan dan penyuluhan Lenny juga memberikan pelatihan keterampilan kepada para waria itu. Dengan demikian para waria itu nantinya bisa mencari nafkah dengan membuka usaha salon atau menjahit daripada keluyuran di jalan-jalan.

Jika Lenny konsentrasi melakukan penyuluhan dan bimbingan kepada para waria, Anna Sulika bersama LSM Bandungwangi melakukan pendampingan kepada para Pekerja Seks dan ibu rumah tangga. Yang memilukan di sini adalah pengakuan “Yanti”(namanya sengaja kami samarkan). Menurut pengakuan wanita berusia 21 tahun itu, saat ini ia sudah terinfeksi virus HIV. Yang lebih memprihatinkan, ternyata virus itu tertular oleh suaminya. Menurut “Yanti” suaminya dulunya adalah pemakai narkoba. Mungkin karena sering menggunakan alat suntik yang tidak steril, suaminya terinfeksi HIV. Dengan berurai air mata, “Yanti” pasrah kepada nasibnya yang kurang beruntung. Apalagi kini dengan harap-harap cemas ia menunggu hasil test laboratorium anaknya. Ia mengharap mendapat mukjizat agar hasil test laboratorium anaknya yang baru berusia 6 bulan itu tidak terjangkit HIV alias negatif. Ibu muda itu ternyata berjiwa besar. Walau nyawanya kini di ujung tanduk, ia tidak mendendam kepada suaminya. Walau dirasa tidak adil, karena ia yang tidak tahu apa-apa tiba-tiba mendapat virus yang mematikan, ia memaafkan suaminya. Sungguh kisah yang mengharukan.

Sementara itu dokter Samsuridjal Djauzi mengingatkan kita agar waspada dan berhati-hati. Penyebaran virus HIV, kata dokter ahli penyakit AIDS ini bukan hanya dari kalangan yang sangat rentan seperti waria, homoseksual dan pekerja seks. Menurutnya, ibu rumah tangga pun wajib waspada. Berdasarkan pengamatannya, ternyata jumlah penderita HIV dari kalangan ibu rumah tangga terus meningkat. Sebagian besar dari mereka tertular dari pasangannya atau suaminya sendiri.

K!ckAndy.com

2 Comments

  1. […] Elizabeth Pisani, seorang peneliti epidemologi yang telah bergelut bertahun-tahun meneliti penyebaran virus Hiv/Aids […]

  2. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://buku.infogue.com/kearifan_pelacur


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Tim pencari lanjutkan evakuasi korban gempa dari reruntuhan
      Tim pencari dan penyelamat melanjutkan upaya mengevakuasi korban gempa dari bangunan-bangunan yang runtuh akibat gempa 6,5 Skala Richter (SR) yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya kemarin pagi, menewaskan lebih ...
    • Kekuatan gempa 6,5 SR setara empat bom Hiroshima
      Perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut kekuatan gempa bumi 6,5 Skala Richter (SR) yang kemarin pagi mengguncang di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya setara dengan kekuatan empat hingga enam ...
    • Penyertaan Modal Negara untuk PT SMI perlu diaudit BPK
      PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) hampir setiap tahun memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN) yang secara total telah tersalurkan Rp24,3 triliun.Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan, dalam keterangan tertulis, Kamis, ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: