Obama Sukar Terbendung

McCain Mengharapkan Munculnya Kejutan

Hari Selasa (4/11) ini, 168 juta rakyat Amerika Serikat memilih presiden baru di 50 negara bagian. Sebanyak 20 juta lainnya telah memilih lebih awal di 30-an negara bagian. Siapa presiden AS yang ke-44, John McCain (72) atau Barack Obama (47), bisa diketahui di Indonesia, Rabu (5/11) malam WIB.

Pencoblosan berlangsung sejak pagi hari dan penutupan TPS dilakukan antara jam 19.00 hari Selasa sampai 01.00 hari Rabu waktu setempat. Semuanya tergantung dari aturan dan perbedaan waktu masing-masing negara bagian.

Diperkirakan akan tercatat rekor baru jumlah pemilih terdaftar yang menggunakan suaranya, yakni 130-135 juta atau 15-20 persen lebih banyak dari jumlah pemilih pada pilpres tahun 2004.

Obama diperkirakan telah mengungguli McCain 2:1 dari 20 juta-an pemilih yang mencoblos lebih awal karena besarnya partisipasi pemilih yang terdaftar resmi sebagai anggota Demokrat. Sampai kemarin semua lembaga jajak pendapat yang berpengaruh menunjukkan konsistensi keunggulan Obama, fenomena yang belum berubah drastis sejak ia memenangi Konvensi Partai Demokrat akhir Agustus lalu dengan menyingkirkan Hillary Clinton.

Namun, sejak akhir pekan lalu terdapat tanda-tanda positif yang memperlihatkan McCain memperkecil perbedaan poin. Misalnya jajak pendapat Pew Research Center yang bergengsi dalam survei finalnya yang dirilis Minggu (2/11) menunjukkan Obama unggul tujuh poin (49-42 persen) dibanding 15 poin pekan lalu.

”McCain menambah suara dari kulit putih, kelompok independen, mereka yang berpenghasilan menengah, serta anggota resmi Republik yang mau memilih,”ujar Andrew Kohut dari Pew.

Tetapi, Kohut menambahkan penambahan itu kurang signifikan karena jarak yang lebar. “Keunggulan (Obama) ini cukup substantif. Belum pernah adaan keunggulan kandidat sebesar ini sejak tahun 1996 saat Bill Clinton unggul atas Bob Dole di pekan terakhir kampanye,” ujar Kohut.

Berharap kejutan

Tak heran kubu McCain dan Republik tinggal berharap pada “kejutan” (the unexpected is the expected) seperti tahun 1948. Saat itu calon Demokrat yang unggul di berbagai jajak pendapat, Thomas Dewey gagal mengalahkan Presiden Harry Truman dengan selisih suara 4,5 persen.

McCain, yang kemarin berkampanye di Nevada, agak memperbaiki posisinya berkat janji-janjinya mengatasi krisis keuangan. Namun, Sarah Palin yang terbukti gagal mengangkat citra McCain sampai kemarin masih tetap berkutat dengan serangan-serangan kampanye negatif terhadap Obama.

Senin kemarin Obama dan isterinya, Michelle tampil bersama musisi rock paling populer di AS saat ini, Bruce “The Boss” Springsteen di Cleveland, Ohio. Ia menyatakan “merasa nyaman” dengan kemungkinan hasil pilpres. “Dalam beberapa hari terakhir saya merasa nyaman,” katanya di depan sekitar 80.000 hadirin. Dalam wawancara khusus dengan Wolf Blitzer (CNN), Obama mengemukakan lima skala prioritas jika terpilih.

Pertama, ia akan berupaya mencapai kesepakatan dengan Kongres untuk menggelontorkan bail out/paket stimulus yang kedua mengatasi krisis. Kedua, segera merumuskan program melepaskan ketergantungan energi dari luar negeri. Ketiga, membenahi program jaminan kesehatan agar terjangkau semua kalangan. Keempat, merumuskan program potongan pajak bagi 95 persen (sekitar 100 juta kepala keluarga) kelas menengah berpenghasilan maksimal seperempat juta dollar AS pertahun. Dan, prioritas kelima memperbaiki sistem pendidikan agar anak-anak menikmati kurikulum memadai dan uang sekolah yang terjangkau.

Gairah besar terhadap Obama setidaknya terlihat dari habisnya persediaan merchandizing Obama baik berupa kaus, poster, stiker, gantungan kunci, dan berbagai jenis barang lainnya di banyak toko tanda mata. “Tak pernah ada barang yang laku secepat kilat seperti kali ini,” ujar seorang penjaga toko yang menyarankan calon pembeli berbelanja ke daerah pinggiran kota.

Media internasional juga sudah mulai berdatangan, termasuk dari Palestina, Brasil, China, dan sejumlah negara Eropa untuk merekam peristiwa bersejarah di kota berpenduduk 2,9 juta yang kini disebut sebagai “Obama City” ini. (National Public Radio/Chicago Tribune/CNN/AP)

BUDIARTO SHAMBAZI dan SIMON SARAGIH

Advertisements

2 Comments

  1. Sukses untuk Obama …. Sebagai orang muda khususnya anak-anak muda Maluku, kita harus banyak belajar darinya …

  2. […] Obama Sukar Terbendung McCain Mengharapkan Munculnya Kejutan Hari Selasa (4/11) ini, 168 juta rakyat Amerika Serikat memilih presiden baru di 50 negara bagian. Sebanyak 20 juta lainnya telah memilih lebih awal di 30-an negara bagian. Siapa presiden AS yang ke-44, John McCain (72) atau Barack Obama (47), bisa diketahui di Indonesia, Rabu (5/11) malam WIB. Pencoblosan berlangsung sejak pagi hari dan penutupan TPS dilakukan antara jam 19.00 hari Selasa sampai 01.00 hari Rabu waktu setempat. Semuanya tergantung dari aturan dan perbedaan waktu masing-masing negara bagian. Diperkirakan akan tercatat rekor baru jumlah pemilih terdaftar yang menggunakan suaranya, yakni 130-135 juta atau 15-20 persen lebih banyak dari jumlah pemilih pada pilpres tahun 2004. Obama diperkirakan telah mengungguli McCain 2:1 dari 20 juta-an pemilih yang mencoblos lebih awal karena besarnya partisipasi pemilih yang terdaftar resmi sebagai anggota Demokrat. Sampai kemarin semua lembaga jajak pendapat yang berpengaruh menunjukkan konsistensi keunggulan Obama, fenomena yang belum berubah drastis sejak ia memenangi Konvensi Partai Demokrat akhir Agustus lalu dengan menyingkirkan Hillary Clinton. Namun, sejak akhir pekan lalu terdapat tanda-tanda positif yang memperlihatkan McCain memperkecil perbedaan poin. Misalnya jajak pendapat Pew Research Center yang bergengsi dalam survei finalnya yang dirilis Minggu (2/11) menunjukkan Obama unggul tujuh poin (49-42 persen) dibanding 15 poin pekan lalu. ”McCain menambah suara […] […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Pencarian korban banjir bandang dihentikan sementara
      Pencarian sejumlah korban banjir bandang di Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kabupaten Magelang, Jateng, Sabtu (29/4), dihentikan sekitar pukul 22.00 WIB karena kondisi terlalu malam, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan ...
    • KPU: Anies-Sandi unggul di seluruh Jakarta
      Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno unggul di enam wilayah DKI Jakarta. Dalam Rapat Pleno Terbuka ...
    • Korban banjir bandang dirawat di RSU Tidar
      Sebanyak tiga korban luka akibat banjir bandang yang menerjang Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, dirawat di RSU Tidar Kota Magelang. "Yang tiga orang dibawa ke RSU Tidar, termasuk bidan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: