135 Juta Warga AS Berikan Suara

Obama Memberikan Suara di Chicago, McCain di Phoenix

Partisipasi pemilih dalam pilpres AS (Amerika Serikat) tahun 2008 ini diproyeksikan mencatat rekor baru sejak 1908. Diperkirakan 65 persen dari pemilih terdaftar atau 135 juta warga mencoblos sepanjang hari Selasa (4/11) kemarin.

Antusiasme warga tampak dari antrean di TPS yang mengular di berbagai pelosok AS, termasuk di Chicago, Illinois yang merupakan “kandang” Barack Obama.

Obama bersama Michelle pagi hari telah mencoblos ditemani kedua putrinya, Malia dan Sasha di Chicago. Kehadiran Obama disambut gemuruh tepuk tangan para warga lain. “Sikap saya jelas, yakni kalau kita telah melakukan semuanya, maka semuanya tergantung dari rakyat yang memberikan suara,” kata Obama dalam wawancara sebelum mencoblos.

Malam sebelumnya Obama mengumumkan kematian neneknya, Madelyn Dunham yang ia panggil dengan nama kesayangan “Toots”. Dalam pernyataan resmi tertulis bersama adiknya, Maya Soetoro-Ng, Obama mengatakan, “Ia batu karang keluarga kami dan seorang perempuan yang dengan pencapaian, kekuatan, dan rasa rendah hati yang luar biasa”.

John McCain mencoblos di Phoenix, Arizona. Sampai saat-saat terakhir ia, bersama Sarah Palin, masih berkeliling ke sejumlah negara bagian medan pertempuran (battleground states) yang bisa menjungkirbalikkan prakiraan jajak pendapat. “Jangan menyerah. Tetap kuat. Tak ada yang tak mungkin,” ujar McCain yang tampil sebagai underdog.

Hasil pilpres kali ini, siapapun pemenanganya, juga mencatat sejarah baru yang revolusioner. Jika Obama terpilih, ia kulit hitam pertama yang memimpin di Gedung Putih. Ia juga menjadi senator kedua sejak John F Kennedy yang menjadi presiden dan senator ketiga yang mewakili Negara Bagian Illinois yang menjadi presiden setelah Abraham Lincoln dan Ulysess Grant. Selain itu, jika terpilih Obama (47) menjadi presiden termuda kelima sepanjang sejarah.

Jika terpilih, Palin juga mencatat sejarah baru sebagai perempuan wakil presiden pertama. Sedangkan McCain (72) lulusan Akademi Angkatan Laut kedua yang jadi presiden setelah Jimmy Carter dan presiden tertua yang terpilih sebagai presiden untuk masa jabatan empat tahun pertama.

Selain memilih presiden rakyat juga memilih 35 senator yang saat ini dikuasai Demokrat dengan komposisi 51-49. Menurut perkiraan Demokrat akan memperkuat mayoritas hingga 60 kursi Senat. Hal ini menguntungkan Obama untuk memuluskan berbagai programnya sesuai dengan janji-janji kampanye.

Selain itu seluruh 435 kursi di DPR (House of Representatives) juga diperebutkan 4 November kemarin. Saat ini Demokrat juga menjadi mayoritas dengan komposisi 234-199. Rakyat juga memilih 11 gubernur yang mayoritasnya dikuasai Demokrat dengan perbandingan 28-22. Dan, total ada 36 negara bagian yang melangsungkan ballot measures (semacam referendum), di antaranya rencana larangan pernikahan antarsesama jenis di California dan larangan aborsi di South Dakota.

Data terakhir menunjukkan hampir 30 juta warga telah mencoblos sebelum 4 November (early voting) dan hasil exit polls menunjukkan Obama untuk sementara unggul 2:1. Di sejumlah negara bagian early voting mendatangkan masalah seperti antrean yang kelewat lama dan rusaknya mesin-mesin pencoblos.

Di Chicago warga berduyun-duyun antre di tiap TPS yang terletak di berbagai tempat umum seperti sekolah, gereja, kantor swasta dan pemerintah, maupun balai pertemuan warga. Warga kota terbesar ketiga di AS ini sedang bersiap-siap mengadakan Election Night atau pesta kemenangan Obama di Grant Park yang dimulai Selasa malam (Rabu pagi WIB) yang diperkirakan dihadiri sekitar sejuta orang.

Berhubung membludaknya minat warga, panitia Election Night menambah kapasitas penonton dengan menyediakan sebuah lapangan baru selain Hutchinson Field yang berkapasitas 70 ribu orang sehingga total tempat yang tersedia mencapai sekitar 100 ribu bagi mereka yang mendapat tiket. Sejumlah pemegang tiket mulai memanfaatkan situasi dengan menawarkan harga sampai 1.000 dollar AS.

TPS terakhir di AS akan ditutup pukul 06.00 WIB Rabu (5/11) ini dan hasil pilpres sudah diketahui pada siang hari WIB.

Budiarto Shambazy dan Simon Saragih

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Patti Smith akan bernyanyi untuk antar Hadiah Nobel bagi Bob Dylan
      Saat pidato penerima Hadiah Nobel Sastra Bob Dylan dibacakan, rekannya sesama penyanyi sekaligus penulis lagu Patti Smith akan menyanyikan salah satu lagu terbaiknya pada selebrasi Hadiah Nobel di Stockholm nanti.Smith akan ...
    • YLBHI ramalkan jaksa akan sulit buktikan kesalahan Ahok
      Koordinator Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Julius Ibrani melihat banyak kejanggalan dalam pengusutan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama, bahkan Jaksa diyakininya akan sulit ...
    • Malaria sudah ada di zaman kekaisaran Romawi
      Para peneliti mengungkapkan analisis DNA gigi berusia 2.000 tahun yang digali dari satu kuburan di Italia menunjukkan bukti kuat bahwa malaria sudah ada selama Kekaisaran Romawi.Temuan itu berdasarkan pada DNA mitokondria - ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: