Kacang Busuk, Picu Kanker!

Kanker masih menjadi penyakit yang menggetarkan bagi banyak orang. Penyebabnya masih misteri dan obat penyembuhnya pun mahal dan butuh kesabaran luar biasa. Namun, kita bisa mencegahnya dari sekarang dengan mewaspadai makanan-makanan yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

Kacang-kacangan adalah jenis bahan makanan yang rentan meningkatkan resiko kanker. Hanya saja, perlu diperhatikan kacang-kacangan yang sudah pasti memicu kanker adalah kacang-kacangan yang sudah busuk atau berjamur. Pasalnya, kacang-kacangan busuk ini mengandung aflatoxin. Misalnya, banyak orang sering tidak waspada dengan tempe yang disimpan cukup lama.

Waspadai juga makanan-makanan yang mengandung Aspartam atau kandungan gula pengganti, seperti jelly dan minuman-minuman yang berwarna pekat. Begitu pula makanan-makanan mengandung melamine dan buah atau sayuran yang terkontaminasi pestisida.

Wakil Ketua II POI Jaya dr. Ronald A Hukom, Sp.PD, KHOM juga mengingatkan bahwa makanan yang dimasak dengan cara dibakar, mengandung karsinogen pada hasil bakaran yang berwarna hitam.

Karena itu, sebagai alternatif dan penyeimbang bagi pola hidup yang rentan kanker, asupan buah dan sayuran bersih secara rutin menjadi penting. Buah dan sayuran mengandung zat antioksidan yang bisa menangkal efek radikal bebas.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia Cabang DKI Jakarta dr. Dody Ranuhardy, Sp.PD, KHOM mengatakan kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh multifaktor, salah satunya faktor keturunan.

“Artinya jika seorang ibu terkena kanker payudara, anaknya punya risiko kanker,” ujar Dody di sela-sela The 1st Symposium on Oncology Emergency: Cardiovascular and Metabolic Emergency in Cancer di Jakarta, Sabtu (8/11).

Jadi, bila ada keluarga yang menderita kanker, waspadalah! Siapa tahu Anda ikut terkena imbasnya.

KOMPAS.com

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • KPK sita satu unit apartemen Rita Widyasari
      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu unit apartemen senilai Rp3,6 miliar di Balikpapan milik Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi menerima gratifikasi. ...
    • Presiden Jokowi dijadwalkan buka rakernas APDESI di Medan
      Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Medan, Jumat. "Ribuan kepala desa se Sumatera Utara dan 350 pengurus APDESI (Asosiasi Pemerintah ...
    • IBL targetkan penerapan "salary cap"
      Pihak Liga Bola Basket Indonesia (IBL) menargetkan aturan tentang batas gaji atau "salary cap" bisa diterapkan mulai musim 2019-2020 agar kekuatan setiap tim semakin seimbang. Hal itu karena, seperti disebutkan Direktur ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: