Isu Kiamat Tahun 2012 yang Meresahkan

Di internet saat ini tengah dibanjiri tulisan yang membahas prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala saat ini tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012.

Pada manuskrip peninggalan suku yang dikenal menguasai ilmu falak dan sistem penanggalan yang akurat ini, disebutkan pada waktu itu akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.

Di luar ramalan suku Maya yang belum diketahui dasar perhitungannya, menurut Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tedjasukmana, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975.

Dijelaskan, Sri Kaloka, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan, badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. ”Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti,” ujar Sri.

Langkah antisipatif

Dari Matahari, miliaran partikel elektron sampai ke lapisan ionosfer Bumi dalam waktu empat hari, jelas Jiyo Harjosuwito, Kepala Kelompok Peneliti Ionosfer dan Propagasi Gelombang Radio. Dampak dari serbuan partikel elektron itu di kutub magnet Bumi berlangsung selama beberapa hari. Selama waktu itu dapat dilakukan langkah antisipatif untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Mengantisipasi munculnya badai antariksa itu, lanjut Bambang, Lapan tengah membangun pusat sistem pemantau cuaca antariksa terpadu di Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan Bandung. Obyek yang dipantau antara lain lapisan ionosfer dan geomagnetik, serta gelombang radio. Sistem ini akan beroperasi penuh pada Januari 2009 mendatang.

Langkah antisipatif yang telah dilakukan Lapan adalah menghubungi pihak-pihak yang mungkin akan terkena dampak dari munculnya badai antariksa, yaitu Dephankam, TNI, Dephub, PLN, dan Depkominfo, serta pemerintah daerah. Saat ini pelatihan bagi aparat pemda yang mengoperasikan radio HF telah dilakukan sejak lama, kini telah ada sekitar 500 orang yang terlatih menghadapi gangguan sinyal radio.

Bambang mengimbau PLN agar melakukan langkah antisipatif dengan melakukan pemadaman sistem kelistrikan agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk. Untuk itu, sosialisasi harus dilakukan pada masyarakat bila langkah itu akan diambil.

Selain itu, penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi hendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang.

Perubahan densitas elektron akibat cuaca antariksa, jelas peneliti dari PPSA Lapan, Effendi, dapat mengubah kecepatan gelombang radio ketika melewati ionosfer sehingga menimbulkan delai propagasi pada sinyal GPS.

Perubahan ini mengakibatkan penyimpangan pada penentuan jarak dan posisi. Selain itu, komponen mikroelektronika pada satelit navigasi dan komunikasi akan mengalami kerusakan sehingga mengalami percepatan masa pakai, sehingga bisa tak berfungsi lagi.

Saat ini Lapan telah mengembangkan pemodelan perencanaan penggunaan frekuensi untuk menghadapi gangguan tersebut untuk komunikasi radio HF. ”Saat ini tengah dipersiapkan pemodelan yang sama untuk bidang navigasi,” tutur Bambang.

Yuni Ikawati – KOMPAS

29 Comments

  1. knp harus terjadi kiamat???

    menurutku itu baru ramalan yg gak ad gunanya allah gak mungkin memberi cobaan yg lebih allah hanya memberi cobaan sekuat tenega manusia aku gak akan pernah percaya kayak gituan aku hanya percaya pada allah , allah gak mungkin ngasih cobaan seberat itu aku tau smua org itu berdosa banyak yg gak mau tobat coba mereka bertobat gak mungkin ada kiamat yg tau kiamat itu hanyalah allah swt gak mungkin ada org yg tau ajalnya sendiri setau aku org hanya menebak doang kata guruku jgn pernah percaya gituan percaya hanyalah kpd allah swt

    aku percaya allah itu selalu ada di hati kita semua allah gak pernah tidur……….

    thank’s

  2. teda seorag pun taw bila hari kiamat,
    kt hanya blh merancang tp x leh tentukan,,,,,,,,,

  3. emang,kiamat sudah dekat…dan oleh karena itu kita sebagai manusia harus mulai membuka mata dan selalu berpegang pada tuhan supaya tuhan jaga dan selalu menuntun kita kemanapun kita pergi.

  4. aku juga gk percaya
    yang pasti kiamat ntu yang tau cuman Alloh SWT aza

  5. ah takabur loch . . .!!
    coaba za bayangin kalo kiamat th 2012 masa ceh udah di jadwalin piala dunia yg buat th 2022 n’ mlahan Indonesia yang jadi tuan rumah bener g??
    itumah cuma akal – akalan orang barat doank…
    yang pasti tau kiamat tu ya cuma Allah swt za x. . . . . .

  6. Eh…Eh…Eh…
    mang ni internet tuhan apa
    bisa taw kapan kiamat terjadi.
    Kita sbagai umat beragama gak boleh percaya
    kayag bgituan…
    percaya deh ma TUHAN yang Maha mengetahui…
    jangan percaya ma yang namanya Ramalan…

  7. kita g tau kapan kiamat tu terjadi ,tpi kita hanya mengetahui tanda2’y saja………
    maka untuk itu kita harus banyak2 beribadah kepada allah swt………

  8. Itu mungkin hanya sebuah ramalan dan prediksi baik ramalan dari suku maya serta prediksi dari lembaga penerbangan dan antariksa nasional (lapan) , yang saya tau kapan terjadinya kiamat haya ALLAH SWT yang tau. tapi kita harus mewaspadai akan datangnya hari kiamat dengan cara menambah keimanankepada tuhan masing-masing,semoga saja degan adanya isu ini memberikan hikmah bagi semua. “AMIN”………

  9. ya saya tahu bahwa kiamat sudah dekat dan saya rasa kita setuju dengan pendapat tersebut, tapi tetap saja siapapun tidak akan pernah ada yang tahu menahu dengan persoalan tersebutdengan kata lain tidak ada yang tahu kecuali Yang Maha Esa, bahkan Nabi sendiri pun tidak pernah menyebutkan kapan akan terjadi hari kiamat melainkan hanya memberikan tanda-tandanya saja.
    ya semoga saja isu tersebut ada hikamahnya(amin)

  10. Ya namanya perkiraan ya boleh saja,apalagi pendapat mereka didasari teori2 ilmiah.masalah percaya atau tidak itu tergantung masing-masing orang

  11. itu hanya ramalan yang bisa jadi pegangan karena suku maya hidup di jaman berbeda. dan kita hidup di jaman akhir. maka kalu di akitkan dengan itu bisa jadi ini akhir jaman dan kita punya nabi yang terakhir juga. jadi jangan sepelekan ramalan ilmiah ini. hati-hati segeralah berbuat yang terbaik sebelum semuanya musnah seperti di film2 amerika itu suatu gambaran/penafsiran manusia akan dtangnya jaman akhir. mengerikan bukan.

  12. ya mudah2an dgn adanya isu ini merka jd pada takut coz mau tobat.Amin

  13. Menurut hasil simulasi MHD badai matahari yang kami lakukan untuk tahun 2012 tidak
    akan menyebabkan peristiwa yang dahsyat di permukaan Bumi. Planet ini dilindungi
    sistem pelindung magnetis alamiah yang cukup baik. Lain halnya dengan planet
    Venus, menurut hasil simulasi MHD yang kami lakukan, tidak ada yang selamat jika
    kena badai matahari.

    Insya Allah tidak terjadi yang dikhawatirkan di tahun 2012

  14. Kiamat tidak seorang pun mengetahuinya, namun tanda-tanda kiamat itulah yang memberikan kita pemahaman untuk waspada dan hidup dalam kemurnian and kesucian dan meninggalkan dosa, kita bersyukur ada buku yang memberi penjelasaan tentang situasi menjelang kiamat, tetapi bukan 2012. Kiamat datang tanpa diundang, maka carilah jalan tol menuju surga yakni YESUS KRISTUS ADALAH JALAN ITU, IA DARI SORGA KEMBALI KESORGA DAN AKAN DATANG LAGI UNTUK MEMBUKTIKAN SIAPA SAJA YANG LAYAK MASUK SORGA.

  15. Benarkah????????????????????? emgnya suku maya thn pa? yg menentukan hari kiamat itu adalah tuhan yg maha esa. Bukan suku maya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. apa benar th 2012 akn kiamat

  17. Biar pinter”nya suku maya prediksinya ttg kiamat, ttp aja mereka manusia…
    gw gak setuju!
    yg tau kiamat cuma Allah……

  18. ralat
    matan yg benar seperti ini
    berkata :kabarkaanlah padaku tentang waktu ( kiamat )
    beliau bersabda tidaklah yg ditanya lebih tahu dari pada yang bertanya

  19. Malaikat datang kepada rasul dalam wujud manusia… ketika para ahabat duduk duduk bersama rasul…
    ………………….
    Ya Rasul beritahukanlah kapan saatnya (kiamat)
    Rasul menjawab ” tidaklah yg bertanya lebih tahu daripada yg ditanya” bahsa indonesia nya( yg ditanya maupun yg bertanya sama sama tidak tahu….)
    ……………………………..
    Sumber hadits arbain.
    mana yg kamulebih percaya manuskrip orang maya yang tak jelas aqidahnya ? atau
    hadits rasul di atas….
    jawaban kamu mana pun yg dipilih…. tidak berarti banyak, terkecuali menunjukan siapa diri kamu…
    kalo kamu jawab “saya lebih percaya hadits,”
    maka kamu mukmin else, kamu…. bisa jadi kufar, fasik, bahlul, atheis, sok pinter, sekuleris…dll

  20. waLLahuaLLam..
    iCccchh…
    yanG TaWu KiamaT DaTeng nya kpaN kan CuMa ALLAH SWT …!!!!!

    MaLaikaT ajja gag d’KaSiH tawU ama ALLAH …
    apaLagi ManusiYa ..????

    pLeAsE Degh……….

  21. wahh..srius ga sich…qw hampir kena serangan jantung nechh

    so whaaaaaaaaaaaaaattt….

  22. Ada bagusnya juga nih isu, biar pada ga lupa diri dan lebih mendekatkan diri lagi ama ALLAH SWT…

  23. masa,sih ? gua nggak percaya .gua harap semua manusia mau taubat !

  24. Gk percaya sih gk apa2.. tp gk usah ngehina yg ngeramalin donk!
    Namanya juga manusia,pasti punya kekurangan.. biar dibilang kiamat punya TUHAN tetep aja mereka mau cari tahu.
    Namanya juga hidup,klo tenang2 aja kan jadi gak berwarna.. makanya selalu ada masalah.

  25. qw ndak percaya soalnya jika ada orang yang masih adzan kiamat akan di undurkan selama 1000 tahun jadi qw gak percaya ama kayak gitu-gituan bohong……………….alias pembohong besar tuh kepak……………………….kepet………………………………….
    ha……………………qw ndak percaya 100%

  26. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss. wah Q kurang percaya abisssss.

  27. Sbenarnya sya kurang percaya……..
    Karna kiamat ntu hanya ALLAH SWT yg tw….
    Py… kta wajib untuk bersiap mnghadapi nto zmua….
    dgn taubat, dan mendekatkan diri pada ILLAHI RABI……

    dan skali lg ALLAHUALAM……….. ^_^

  28. wah Q kurang percaya abisssss…. ma yang namanya gituan, yang pasti tau tuh hannya Tuhan Q Allah S.W.T.tapi kita juga wajib tau kalo kiamat tuh pastilah datang maka segerahlah Taobat.

  29. Benarkah….❓


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Liga Eropa - Hasil dan klasemen Grup B, Apoel juara grup
      Apoel FC, berhasil menjuarai Grup B Liga Europa setelah mengalahkan wakil Yunani, Olympiakos, dengan skor 2-0 dalam laga pamungkas penyisihan di Stadion GSP, Siprus, Jumat dini hari WIB.Kemenangan yang diraih berkat gol dari ...
    • Liga Europa - Hasil dan klasemen Grup A, Fenerbahce-MU lolos
      Fenerbahce dan Manchester United lolos ke babak 32 besar Liga Europa selepas rangkaian pertandingan pamungkas penyisihan Grup A, Jumat dini hari WIB.Fenerbahce memastikan satu tiket ke babak 32 besar setelah tim asal Turki itu ...
    • Ngobrol dengan BJ Habibie di Belanda
      Nonton film berlanjut dengan ngobrol-ngobrol santai tapi serius terjadi di Belanda, antara anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia Belanda dan masyarakat Indonesia di Belanda, dengan Presiden Baharuddin Jusuf ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: