Bandara Dikepung, Semua Penerbangan Lumpuh

Unjuk rasa oposisi Thailand semakin tidak terkendali setelah mereka menduduki Bandar Udara Suvarnabhumi dan melumpuhkan Bangkok. Benang kusut krisis politik Thailand makin sulit terurai setelah pemerintah menolak seruan panglima militer untuk menggelar pemilu dipercepat demi meredam kekerasan.

Panglima Militer Thailand Jenderal Anupong Paochinda yang menjadi sosok kunci pada krisis politik di Thailand juga menyerukan agar unjuk rasa yang digalang Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) dihentikan dan mereka menarik diri dari bandara internasional Bangkok. Sama halnya dengan pemerintah yang menolak seruan Anupong, para pengunjuk rasa pun mengabaikan imbauan panglima militer.

Anupong tidak akan melancarkan kudeta setelah dua tahun silam militer menggulingkan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra. “Jika kudeta dapat mengakhiri masalah, saya akan melakukannya. Tapi ini tidak akan menyelesaikan apa pun,” ujarnya di tengah spekulasi bahwa pemerintah mungkin akan memecatnya karena mengatakan hal tersebut.

Menyusul aksi oposisi yang menduduki Bandara Suvarnabhumi, Jenderal Anupong menjadi sosok yang diharapkan bisa menjadi penengah kubu yang bertikai, pemerintahan Perdana Menteri Somchai Wongsawat dan PAD yang dimotori raja media Sondhi Limthongkul.

Dalam rapat darurat tadi malam, Jenderal Anupong merilis rencana empat poin yang ditawarkannya untuk mengakhiri krisis politik berkepanjangan di Negeri Gajah Putih itu.Tawarannya ditolak kedua kubu. Juru Bicara Pemerintah Thailand Nattawut Saikuar menolak saran agar PM Somchai mundur.

“PM telah menegaskan berulang kali bahwa dia tidak akan mundur atau membubarkan parlemen karena dia telah terpilih secara demokratis. Dia tetap bertahan,” katanya melalui televisi Channel 3 kemarin. Tidak ada reaksi dari PAD atas sikap pemerintah itu. Mereka tetap meneruskan “tekanan terakhir” pada pemerintah agar mundur dengan memblokade bandara utama di Bangkok dan menyebabkan berbagai penerbangan dibatalkan.

Kemarin PM Thailand Somchai Wongsawat hendak kembali dari pertemuan Asia-Pasifik di Peru. Penerbangannya telah diubah dan tujuannya saat ini tidak diumumkan ke publik. Dikabarkan, dia mendarat di Chiang Mai, kota terbesar di Thailand utara. Media Thailand memperkirakan Somchai akan mendeklarasikan keadaan darurat di Bangkok.

Pemimpin pengunjuk rasa,Sondhi Limthongul,menolak tawaran berunding dari pemerintah untuk mengakhiri blokade bandara. “Anda (Somchai) harus mundur terlebih dulu sebelum kita duduk dan berunding dengan Anda,” ujar Sondhi disambut teriakan ribuan pendukungnya di bandara. PAD menganggap pemilu yang dipercepat tidak akan memecahkan krisis politik di Thailand.

Mereka juga menolak mengakhiri blokade bandara. “Solusinya bukan pembubaran parlemen.PAD akan melanjutkan berada di Bandara Suvarnabhumi,” kata Pibhop Dhongchai, salah seorang pemimpin PAD. Setelah sejumlah anggota PAD bertopeng menguasai menara kontrol di Bandara Suvarnabhumi, kelompok propemerintah menegaskan akan menggelar unjuk rasa jalanan.

Ancaman itu meningkatkan kekhawatiran kemungkinan terjadinya bentrok antara dua kubu. “Yang mereka lakukan itu tindakan teroris,” nilai Jatuporn Prompan,politisi partaiberkuasa dan pemimpin anti- PAD, Aliansi Demokratik Menentang Kediktatoran (DAAD). Seorang anggota kelompok pendukung pemerintah di Kota Chiang Mai menembak tewas seorang aktivis antipemerintah.

Aksi penembakan itu dapat menyulut kekerasan sipil lebih luas. “Pelaku penembakan menyeret seorang pria berusia 50-an tahun keluar dari mobilnya sebelum kemudian menembaknya hingga tewas. Lelaki yang tewas itu mengelola radio antipemerintah,” ungkap anggota polisi, Letnan Kolonel Atipol Thongdaeng kemarin.

Kekacauan itu membuat pasar saham dan nilai mata uang baht Thailand terus merosot. Para investor khawatir krisis politik akan memperburuk ekonomi Thailand yang terkena imbas krisis finansial global.Walau begitu, harga saham naik menjelang penutupan perdagangan karena muncul dugaan Somchai akan mundur.

Menteri Keuangan Thailand Suchart Tadathamrongvej menegaskan, unjuk rasa dapat merusak ekonomi di negara yang sangat tergantung pada industri pariwisata dan ekspor.Ditambah lagi krisis ekonomi global yang saat ini menerjang berbagai negara.Pemerintah memperkirakan bahwa ekonomi hanya akan tumbuh 4,5% tahun ini.

Penumpang Marah

Sementara itu, ribuan calon penumpang pesawat marah dan terlantar di bandara. Mereka terpaksa tidur di atas tas-tas mereka di Suvarnabhumi. Calon penumpang itu marah karena para karyawan bandara justru melarikan diri saat pengunjuk rasa menduduki bandara. “Kami datang ke sini dan kami melihat semua orang ini berpakaian kuning. Kami pikir mereka penggemar sepak bola.

Kini kami hanya bisa menunggu,” ungkap seorang warga Belanda yang mengaku bernama Mark. Maskapai nasional Thai Airways menyatakan, 16 penerbangan domestik telah dialihkan ke bandara lama Bangkok Don Muang, 45 km dari Suvarnabhumi. Sedangkan tiga penerbangan lainnya dialihkan ke bandara era Perang Vietnam yang terletak 150 km di tenggara Bangkok.

Sebagian besar maskapai menghentikan penerbangan menuju ibu kota Thailand. Padahal, bandara utama di Bangkok itu setiap hari melayani 125.000 penumpang. Pemerintah Thailand saat ini sudah mulai mengevakuasi 3.000 penumpang yang terjebak di bandara. Polisi hanya bisa melihat aksi pengunjuk rasa menduduki bandara.

Mereka tidak ingin memperburuk situasi dengan berkonfrontasi melawan PAD.Meski demikian sejumlah baku tembak terjadi di jalanan pada Selasa (25/11) saat anggota PAD yang bersenjata bentrok dengan pendukung pemerintah. “Sedikitnya 11 orang terluka akibat bentrok yang ditayangkan di televisi Thailand,” ungkap pejabat pemerintah.

Tayangan TV itu tampak mendiskreditkan PAD yang mengklaim mendapat dukungan dari kelas menengah dan elite perkotaan. Sementara itu, pemerintah di penjuru dunia memperingatkan warganya untuk menghindari Thailand. Pemerintah China, Prancis, Selandia Baru, Singapura, Inggris, Amerika Serikat (AS), Australia, dan Jepang meminta warganya tidak pergi ke Bangkok dan meminta mereka bertindak hati-hati jika telah berada di Thailand.

“Kedutaan Besar (kedubes) China menasihati warganya yang berencana berkunjung ke Thailand. Warga China yang saat ini berada di Thailand harus hati-hati dengan keselamatan mereka dan menghindari daerah unjuk rasa serta demonstrasi,” papar peringatan perjalanan di situs Kedubes China di Bangkok.

Peringatan yang sama juga muncul dari Kementerian Luar Negeri Prancis dan Selandia Baru. Pemerintah Selandia Baru meminta para penumpang yang terperangkap di Suvarnabhumi untuk tetap bersama wisatawan lain serta mengikuti perintah yang dikeluarkan pejabat setempat. “Warga Selandia Baru, jika mereka bisa, hindari perjalanan ke Thailand hingga situasi stabil,”ungkap situs Pemerintah Selandia Baru.

Dibatalkan

Sementara itu, seluruh rute penerbangan ke Bangkok dari Bandara Soekarno- Hatta, Cengkareng, dibatalkan akibat ditutupnya Bandara Suvarnabhumi. Menurut Kepala Administrator Bandara Herry Bhakti, terdapat sekitar enam penerbangan ke Bangkok yang dibatalkan. ”Mau bagaimana lagi, tadinya kita pikir cuma sebentar, ternyata tidak.

Ya otomatis kita batalkan,”ujarnya saat dihubungi SINDO kemarin. Herry menambahkan, pembatalan penerbangan dimulai kemarin hingga hari ini. Herry juga mengatakan pembatalan ini sifatnya mendadak karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak bandara Suvarnabhumi.

Pada Selasa (25/11), sekitar pukul 23.00 WIB, penerbangan Garuda nomor penerbangan 866 yang mengangkut 150 penumpang terpaksa balik lagi ke Cengkareng pukul 00.00WIB. Sejumlah maskapai penerbangan yang dijadwalkan akan terbang ke Bangkok sedikitnya ada tiga maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Thai Airways, dan Air Asia.

SINDO

1 Comment

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://berita-politik-dunia.infogue.com/bandara_dikepung_semua_penerbangan_lumpuh


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: