Hotel Taj Mahal Genting

Operasi Penyelamatan Sandera Semakin Rumit

Situasi keamanan di kota Mumbai, India, Jumat (28/11), masih rawan. Dari tiga lokasi penyanderaan dan serangan, hanya ada satu lokasi yang ”bersih” dari anggota kelompok Deccan Mujahidin, yakni Hotel Oberoi/Trident. Sementara situasi di Hotel Taj Mahal dan pusat komunitas Yahudi masih genting.

Penyanderaan di Hotel Oberoi/Trident telah berakhir. Pasukan elite India terlibat baku tembak dengan kelompok bersenjata ”Deccan Mujahidin” saat menyerbu hotel itu untuk membebaskan sandera. Namun, situasi di Taj Mahal masih rawan karena kemungkinan masih ada teroris dan sandera dalam gedung Taj.

Komandan Unit Elite Penjaga Keamanan Nasional, JK Dutt, mengatakan, sebanyak 143 tamu dan sandera di Oberoi telah dievakuasi. Ada dua teroris yang tewas dalam baku tembak sengit. Dutt mengaku, pihaknya menemukan 24 mayat yang belum diidentifikasi. Jumlah korban keseluruhan di 10 lokasi serangan, Rabu, mencapai 155 orang. Ada 11 warga asing yang juga tewas yakni dari Jerman (3), Amerika Serikat (2), Perancis (2), Jepang (1), Australia (1), Kanada (1), dan Singapura (1).

Sementara korban yang mengalami terluka sekitar 357 orang, 22 warga asing dari Inggris (5), AS (2), Jerman (3), Oman (2), Norwegia (1), Spanyol (1), Kanada (1), Finlandia (1), Filipina (1), Australia (1), Italia (1), dan China (1). Sementara dua korban yang lain belum diketahui negara asalnya.

Sementara baku tembak sengit di pusat komunitas Yahudi (Chabad House) masih juga berlangsung. Sebelumnya drama penyanderaan di lokasi itu telah dilaporkan berakhir. Sekitar tiga tentara elite India intensif menyerang gedung itu. Ledakan dahsyat melubangi dinding luar gedung.

Beberapa helikopter tampak keliling mengitari gedung. Dua teroris tewas. Bukan hanya itu. Lima sandera warga negara Israel juga tak bisa diselamatkan dan ditemukan tewas di luar Chabad House itu.

Seperti halnya Chabad House, situasi di Taj juga masih genting. Pasukan elite melemparkan granat ke arah Taj untuk memaksa anggota Deccan Mujahidin keluar dari persembunyian. Masih ada satu atau dua teroris yang bertahan di ballroom. Kepala Kepolisian di Maharashtra, AN Roy, mengaku, pihaknya menemukan dua kotak berisi bahan peledak kekuatan tinggi. Ditemukan pula uang, amunisi, dan kartu identitas milik kelompok itu.

Saat menyisir ruangan tampak terbaring 12-15 mayat di satu kamar. Total mayat yang masih berada dalam hotel diperkirakan ada 50 mayat. Komandan Militer Letnan Jenderal N Thamburaj menegaskan semua tamu dan staf di hotel telah dievakuasi dari dalam Taj. Sementara ada sembilan anggota kelompok teroris tewas.

Komandan Unit Elite Pasukan Komando Angkatan Laut mengakui kesempurnaan perencanaan dan operasi militer kelompok itu. ”Mereka kenal betul dengan seluk-beluk hotel. Mungkin mereka sebelumnya sudah survei hotel ini,” kata komandan yang menutupi wajah dengan kaca mata hitam dan kain hitam itu.

Kelompok itu juga dinilai lihai bergerak dan bergerilya. ”Mereka kerap pindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Kami belum tahu pasti berapa banyak anggota kelompok itu yang masih hidup dan sudah terbunuh. Di dalam masih banyak mayat bergelimpangan di beberapa lantai. Sulit mengenali mereka karena dalam gedung itu sangat gelap,” ujarnya.

Bantuan Pakistan

Akibat serangan ini hubungan India-Pakistan tegang. India menuduh ada ”pihak luar” yang berada di balik serangan teroris itu. Pakistan membantah terlibat dalam serangan itu. Agar persoalan lebih jelas dan membantu proses penyelidikan, Pakistan mengirim kepala intelijennya ke India.

Menurut pemerintah Pakistan, Perdana Menteri India Manmohan Singh menginformasikan bahwa ada ”laporan-laporan sementara” yang mengarah kepada keterlibatan Karachi, Pakistan.

Ini bukan pertama kalinya India menuding Pakistan terlibat di dalam berbagai serangan di India. Sebelumnya, India juga menuduh Pakistan berada di balik serangkaian serangan di parlemen India di New Delhi tahun 2001. Bahkan akhir-akhir ini India menuding intelijen Pakistan membantu kelompok militan Taliban meledakkan bom di kedutaan besar India di Afganistan, Juli lalu. Ketika itu sedikitnya 58 orang tewas.

Pemerintah AS khawatir kondisi tegang kedua negara tetangga itu akan mengganggu kampanye anti-terorisme di kawasan.

Dua hari setelah serangan 10 lokasi itu, kondisi jalanan di pusat kota Mumbai masih senyap. Pertokoan tutup. Sekolah masih diliburkan. Sementara di bagian lain Mumbai, aktivitas mulai menggeliat. Kereta api sudah berfungsi dan jalanan ramai kembali.

Meski tampak normal kembali, Prahlad Kakkar -guru- mengaku sebenarnya masyarakat marah. ”Mereka tidak berdaya dan takut. Tidak pernah mereka merasa seperti ini. Bisa saja korban selanjutnya mereka atau juga saya,” ujarnya.

KOMPAS

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • 7 cara manfaatkan tabir surya kedaluwarsa
      Coba periksa tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda untuk memastikan apakah masih berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.Tabir surya punya masa kedaluwarsa selama enam bulan setelah dibuka, kata perlindungan konsumen ...
    • Klasemen Liga Spanyol, Real Madrid tinggalkan Barcelona
      Berikut hasil pertandingan dan klasemen liga Spanyol pada Minggu waktu setempat. Pertandingan Minggu 4 Desember: Alaves 1 Las Palmas 1 Athletic Club 3 Eibar 1 Real Betis 3 Celta Vigo 3 Sporting ...
    • Beberapa mayat ditemukan lagi setelah gudang terbakar di Oakland
      Beberapa mayat ditemukan lagi pada Ahad (4/12), setelah petugas pencarian memasuki dua daerah lain di gudang yang terbakar 36 jam sebelumnya. Namun Sersan Ray Kelly dalam taklimat kedua pada Ahad, tak bersedia menyebutkan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: