Kepulauan Aru Krisis Guru SD

Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku  masih mengalami krisis guru tingkat SD karena 139 SD hanya dilayani sekitar 200 guru, sehingga menghambat proses belajar mengajar yang berkualitas, kata Bupati setempat, Thedy Tengko.

“Data guru SD hingga tahun 2005 lalu sebanyak 539 orang, tetapi sebagian besar bertugas di kota Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru dan sekitarnya sehingga hanya 200-an yang melayani para siswa di desa-desa,” katanya, di Ambon, Sabtu (29/11).

Karena itu, para siswa di sekolah-sekolah tertentu di Kepulauan Aru yang dimekarkan dari Maluku Tenggara, 7 Januari 2004  hanya dilayani satu atau dua guru.

“Keterbatasan guru ini sehingga saat Pilkada Maluku 2008 lalu terpaksa SD tertentu libur. Kenyataan sekarang juga bila SD yang hanya dilayani satu atau dua guru harus ke Dobo maupun ibukota Kecamatan, maka pasti libur selama bersangkutan tidak berada di tempat,” ujar Bupati Thedy Tengko .

Realitas ini, kata dia, mengakibatkan rekrutmen CPNS tahun 2008 diprioritaskan untuk formasi guru dengan jumlah sebanyak 330 orang. “Kami melalui koordinasi dengan DPRD Kepulauan Aru telah memutuskan hingga tahun 2010 mendatang menimal merealisasikan  pengangkatan guru SD sebanyak 1.000 orang dari kebutuhan 1.300 orang,” kata Bupati.

Khusus untuk peningkatan kualitas guru, maka Pemkab Kepulauan Aru mengirimkan 40 lulusan SMA ke Universitas Malang untuk program PGSD. Sayangnya, dalam perjalanan terjadi musibah sehingga enam dari 40 orang itu meninggal dunia. Tahun 2007 dikirim 70 orang, sedangkan tahun 2008 meningkat menjadi 104 orang.

“Kami targetkan hingga tahun 2010 lulusan PGSD Universitas Malang sebanyak 300 orang sudah bisa mengabdi di desa-desa agar kualitas lulusan SD di Kepulauan Aru tidak diragukan,” tegas Bupati Thedy.

Disinggung soal anggaran pendidikan tahun 2008, dia menjelaskan, sekitar Rp 50 miliar setiap tahun yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan anggaran lainnya.

“Rp 50 miliar itu diperuntukkan untuk membangun 70 ruang Kelas belajar, perkampungan pelajar, tugas belajar ke PGSD Universitas Malang serta beasiswa,”demikian Bupati Thedy.

KOMPAS.com

2 Comments

  1. Dengan terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati yang baru ini, yang beta harapkan agar lebih memperhatikan dunia Pendidikan yang ada di Kab. Aru…!! dan juga dalam pengelolaan dana – dana daerah itu haus dipergunakan secara baik., agar jangan merugikan masyarakat…!!!

  2. saya menghimbau kepada DPRD kepulauan ARU agar lebih mempunyai perhatian khusus pada ALOKASI DANA-DANA pembangunan di kepulauan ARU.dana-dana pembagunan itu supaya dialokasikan tepat sasaran dan khususnya dana pendidikan agar tidak ada kecurangan.MENGAPA??????karena terlalu kecilnya dana tersebut,oleh karena itu harus dipakai sebaik-baiknya.
    saya juga menghimbau kepada BPK BUPATI agar lebih fokus dalam memajukan sumber daya manusia di kepulauan ARU,khususnya anak-anak putera daerah ARU.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: