Gereja Sembelih Dua Ekor Sapi

Gereja Katolik Aloysius Gonzaga yang berada di kawasan Darmo Satelit, Jalan Satelit Indah Surabaya, Jawa Timur ikut merayakan Idul Adha dengan menyembelih dua ekor sapi.

“Hari raya kurban memang bukan milik kami, tapi dalam nilai-nilai kristiani kita diajarkan untuk cinta kasih dan persudaraan sejati dengan selalu berbagi dengan sesama,” kata Romo Harjanto Prajitno Pr, Ketua Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama Keuskupan Surabaya, ketika ditemui disela proses penyembelihan hewan kurban di Gereja Algonz, Senin (8/12) ini.

Untuk menerjemahkan ajaran cinta kasih dan persaudaraan sejati inilah, Gereja Algonz mengambil momen Idul Adha untuk berbagi daging kurban dengan umat Islam di sekitar gereja.

Harjanto menambahkan, dua ekor sapi yang pagi ini disembelih dibeli dengan menggunakan dana kas Gereja yang juga dibantu oleh sumbangan beberapa warga muslim di sekitar gereja.

Untuk menyembelih, menguliti, dan memotong hewan kurban, pihak Gereja memanfaatkan bantuan warga muslim di sekitar Gereja, yang tentunya juga menyembelih dengan cara-cara Islam. Puluhan warga juga tampak antusias membantu prosesi penyembelihan hewan kurban ini.

Selanjutnya potongan dari dua ekor sapi ini dibagikan untuk 600 warga sekitar gereja, kususnya warga kawasan Donowati, Tanjungasri, dan Sukomanunggal. “Kurban seperti ini sudah dilakukan untuk kedelapan kali setiap tahun,” ujar Harjanto.

Di tempat yang sama, Koordinator Forum Lintas Agama (Pelangi) Surabaya, Miskhan, berharap, penyembelihan kurban yang dilakukan umat kristiani bisa dijadikan momen bersama demi terciptanya kerukunan antarumat beragama.

“Kami berharap kegiatan semacam ini bisa sering dilakukan, sehingga sekat antarumat beragama berganti dengan perasaan saling mengasihi dan memberi,” ucap Miskhan.

ROHMAN TAUFIQ – TempoInteraktif

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Dubes RI dan WNI rayakan Idul Fitri di London
      Duta Besar RI di London, Dr Rizal Sukma dan Ny Hanna A. Satriyo bersama lebih dari 1400 orang memadati tenda yang merupakan tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H bertempat di Wisma Nusantara, kediaman resmi Dubes RI London ...
    • Dubes Darmansjah serahkan piala turnamen Pencak Silat Austrian Open 2017
      Duta Besar RI untuk Republik Austria, Dr. Darmansjah Djumala, menyerahkan piala Indonesian Ambassador Cup kepada kelompok SILAT Akademie yang keluar sebagai tim terbaik pada turnamen Pencak Silat Austrian Open 2017 yang ...
    • Jalur Trans Timor masih ramai dilalui pemudik
      Jalur darat Trans Timor Kupang menuju bagian Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) masih dipenuhi pemudik pada Minggu bertepatan dengan Idul Fitri 1438 Hijriah meski tidak sepadat tiga hari sebelumnya. "Hari ini masih ramai yang ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: