Obama Akan Berpidato di Negara Muslim

Presiden Amerika Serikat terpilih, Barack Obama, merencanakan berpidato di ibu kota sebuah negara Islam setelah dilantik. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya memperbaiki citra AS di dunia Muslim.

”Saya kira kita memiliki kesempatan unik untuk memulihkan citra AS di seluruh dunia dan khususnya di dunia Muslim,” kata Barack Obama dalam sebuah wawancara dengan Chicago Tribune, Selasa (9/12) malam waktu setempat.

Tidak disebutkan secara spesifik negara Muslim yang dimaksud Obama.

Dalam wawancara itu, Obama juga menyatakan pemerintahannya tidak akan mengurangi perlawanan terhadap terorisme. ”Pesan yang ingin saya sampaikan adalah kita tidak akan mundur dalam menumpas ekstremis terorisme seperti yang kita lihat di Mumbai (India),” ujarnya.

Obama akan dilantik pada 20 Januari 2009 sebagai presiden AS ke-44. Dia menyatakan akan menggunakan nama lengkapnya, Barack Hussein Obama, dalam upacara pelantikan.

Selama masa kampanye, rival- rival Obama sering merujuk namanya untuk menunjukkan bahwa dia diam-diam seorang Muslim. ”Saya kira tradisinya adalah menggunakan tiga nama dan saya akan mengikuti tradisi,” kata Obama.

Skandal

Sementara itu, sebuah skandal di dalam negeri yang melibatkan Gubernur Illinois, daerah asal Obama, berpotensi ”mengancam” Obama. Gubernur Rod Blagojevich, Selasa, ditahan dengan tuduhan bersekongkol menjual kursi senat yang ditinggalkan Obama.

Blagojevich, yang berasal dari Partai Demokrat, juga dituduh menuntut pembayaran kembali dari sebuah kontrak pemerintah. Dia juga menginginkan editor tertentu dari Chicago Tribune dipecat karena pemberitaan surat kabar itu yang kritis terhadap pemerintahannya.

Jaksa Patrick Fitzgerald mengatakan, ”Gubernur Blagojevich telah membawa kita benar-benar sampai ke dasar.”

Menanggapi kasus itu, Obama mengambil jarak. ”Saya tidak memiliki kontak dengan Gubernur atau kantornya sehingga saya tidak tahu apa yang sedang terjadi,” ujarnya.

”Seperti semua warga Illinois, saya sedih dan prihatin mendengar kabar dari kantor jaksa AS hari ini,” kata Obama. Dia menambahkan, tidak pada tempatnya dia berkomentar soal penyelidikan yang tengah berlangsung.

Fitzgerald menegaskan, gugatan kriminal terhadap Blagojevich tidak menyebutkan bahwa Obama tahu atau terlibat dalam rencana gubernur itu.

Skandal Blagojevich memunculkan spekulasi tentang siapa lagi yang mungkin terimbas kasus itu. Otoritas menuduh Blagojevich menginginkan kursi senat bagi dirinya untuk menghindari pemakzulan oleh anggota legislatif Illinois dan memperbaiki citranya untuk maju dalam pemilu presiden tahun 2016.

Blagojevich dibebaskan dengan jaminan 4.500 dollar AS hari itu juga setelah muncul sebentar di hadapan hakim federal di Chicago. Pengacara Blagojevich, Sheldon Sorosky, mengatakan, kliennya terkejut atas tuduhan itu dan merasa tidak melakukan kesalahan.

KOMPAS

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: