Lantik PR UNPATTI, Tetelepta Didemo

tetelepta-hbPelantikan Pembantu Rektor (PR) I, II, III dan IV Universitas Pattimura (Unpatti) yang berlangsung di Gedung Rektorat Kampus Poka, Kamis (19/12) diwarnai aksi demonstrasi dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) menolak pelantikan tersebut.

Acara pelantikan itu juga tidak diperbolehkan diliput oleh wartawan. Larangan itu dikeluarkan oleh Rektor Unpatti, HB Tetelepta. “Bung, wartawan dilarang liput acara itu mohon pengertian, karena ini perintah langsung oleh Rektor,” ujar salah satu satpam kepada wartawan.

Pelantikan para PR juga dikawal ketat dua peleton aparat kepolisian dari Polres P Ambon dan PP Lease. Keempat PR yang dilantik adalah, R Oszaer sebagai PR I, H Hattu sebagai PR II, U Notanubun sebagai PR III, dan M Talaohu sebagai PR IV.

Sementara itu, sebelum menyerbu Gedung Rektorat, para mahasiswa berkumpul di kampus mereka sekitar pukul 8.30 Wit. Dari sana, ratusan mahasiswa itu berjalan kaki sambil membawa bendera almamater FISIP berwarna kuning dan bendera Merah Putih menuju ke Gedung Rektorat.

Dalam orasi, para mahasiswa menuntut agar pelantikan para PR itu dibatalkan, karena cacat hukum. Mereka mengancam akan memproses hukum Rektor ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Ketua DPMF FISIP, Ajun Hitimala mempertanyakan legitimasi kehadiran pihak kepolisian dalam kampus Unpatti. “Kita mempunyai otonomi kampus, ada resimen mahasiswa sebagai keamanan kampus. Kehadiran kepolisian sangat dipertanyakan,” ujarnya. Hitimala menegaskan, Gedung Rektorat terlihat megah, namun dihuni oleh para koruptor.

“Kantor yang indah ini, megah dibangun dengan uang rakyat ratusan milyar, tetapi apa yang terjadi didalam bangunan ini, yang ada monster-monster yang selalu memakan hak-hak dan harta rakyat yang ada di kampus ini,” tandasnya. Hitimala mengungkapkan, yang ada di dalam Gedung Rektorat adalah drakula-drakula yang selalu menghisap uang rakyat, yang selalu memakan hak mahasiswa. Olehnya orang-orang seperti itu, tidak layak di Unpatti. “Tatanan negeri ini telah hancur, tatanan kampus ini telah hancur, kampus ini bukan lagi simbol pendidikan tetapi kampus ini simbol kekuasaan,” teriaknya.

Setelah berorasi lebih sejam, Rektor Unpatti, HB. Tetelepta akhirnya keluar menemui para mahasiswa. Tetelepta didampingi PR II Hengki Hattu dan PR III M Talaohu. “Saya menghargai dinamika mahasiswa. Saya menganggap kehadiran mahasiswa sebagai suatu cara untuk mendapatkan pemimpin yang bersih di lembaga yang kita cintai ini,” ujar Tetelepta.

Dikatakan, sejak awal dirinya mendukung sepenuhnya mahasiswa untuk memberantas korupsi di Unpatti. “Itu pernyataan saya sewaktu saya diangkat menjadi rektor pada periode pertama maupun periode kedua,” tandas Tetelepta. Namun pernyataan itu disambut mahasiswa dengan teriakan bohong. Menurut mahasiswa, anggaran beasiswa tahun 2007 sampai saat ini h belum diterima oleh mahasiswa. Beasiswa tahun 2008 yang seharusnya diterima pada bulan September 2008, juga belum diterima.

Tetelepta mengatakan, kasus beasiswa telah dilimpahkan ke kepolisian, dan hanya menunggu hasilnya. “Saya berharap mahasiswa tetap berada pada pihak yang mengoreksi. Tetapi saya menghargai mahasiswa, kalau mahasiswa menjadi korektor-korektor yang menjaga ketertiban demi kebaikan di kampus ini,” ujarnya.

Terkait dengan keterlibatan Hengki Hattu dalam partai politik, kata Tetelepta, dirinya sudah menerima pernyataan dari partai politik yang bersangkutan yang menyatakan bahwa Hengky Hattu tidak berada di dalam partai itu. “Saya juga telah menerima surat dari Hengky Hattu bahwa yang bersangkutan tidak ada pada partai itu. Kalau mau tahu lebih jauh ada surat-surat itu,” tandas Tetelepta.

Bukan hanya mahasiswa, namun salah seorong dosen FISIP, Mukhlis Fataruba yang turut melakukan demo mengatakan, mungkin saja dosen-dosen Unpatti yang mengetahui persoalan korupsi di Unpatti, namun tidak berani menunjukan gigi mereka karena merasa takut. “Belum bisa menjustifikasi karena mereka takut. Tetapi yang jelas beberapa kawan-kawan aliansi dosen Unpatti telah bersuara di media massa,” ujar Fataruba.

Fataruba mengaku, bingung lembaga ini dipimpin oleh seorang mahasiswa. “Perlu diketahui, dalam proses pemilihan PR waktu itu, Hengki Hattu berkapasitas sebagai mahasiswa S2. Kan lucu bila universitas dipimpin oleh seorang mahasiswa. “Telah menjadi tekad aliansi dosen untuk mem-PTUN-kan Rektor,” ujarnya.

Perlu diketahui, beasiswa mahasiswa Unpatti yang tidak dibayarkan, yaitu beasiswa BBM tahap kedua tahun akademik 2007-2008, dimana setiap mahasiswa memperoleh Rp 800 ribu. Beasiswa ini cairkan pada bulan Desember 2007 bersamaan dengan beasiswa PPA Tahun akademik 2008-2009. Tetapi yang dibayar hanya beasiswa PPA, sedangkan beasiswa BBM tidak dibayar sama sekali oleh Nita Sapteno mantan PR III Unpatti.

Selain itu ada juga beasiswa Bantuan Kesejahteraan Mahasiswa (BKM), dimana setiap mahasiswa mendapatkan Rp. 600 ribu per satu semester tahun akademik 2008-2009. Beasiswa ini semestinya dibagikan September 2008, tetapi belum juga dibagikan.

Siwalima

1 Comment

  1. mantap fataruba ! seng sia2 beta pung ana bua ose, cabar tarus nyong manis.. nanti kalo beta pung mai tua dapa pili ,ose pasti dapa jatah nyong gogos hahaha


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Liga Eropa - Hasil dan klasemen Grup B, Apoel juara grup
      Apoel FC, berhasil menjuarai Grup B Liga Europa setelah mengalahkan wakil Yunani, Olympiakos, dengan skor 2-0 dalam laga pamungkas penyisihan di Stadion GSP, Siprus, Jumat dini hari WIB.Kemenangan yang diraih berkat gol dari ...
    • Liga Europa - Hasil dan klasemen Grup A, Fenerbahce-MU lolos
      Fenerbahce dan Manchester United lolos ke babak 32 besar Liga Europa selepas rangkaian pertandingan pamungkas penyisihan Grup A, Jumat dini hari WIB.Fenerbahce memastikan satu tiket ke babak 32 besar setelah tim asal Turki itu ...
    • Ngobrol dengan BJ Habibie di Belanda
      Nonton film berlanjut dengan ngobrol-ngobrol santai tapi serius terjadi di Belanda, antara anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia Belanda dan masyarakat Indonesia di Belanda, dengan Presiden Baharuddin Jusuf ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: