Dua Guru Besar UNPATTI Dikukuhkan

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, kembali menambah jumlah guru besar yang dimiliki, setelah Jacobus Wilson Mosse dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperik) dan Johan Markus Matinahoru dari Fakultas Pertanian (Faperta), dikukuhkan sebagai guru besar dalam rapat senat yang dipimpin Rektor Unpatti, HB. Tetelepta, di Aula Lantai II Gedung Rektorat Kampus Poka, Sabtu (20/12).

Mosse dikukuhkan sebagai guru besar untuk mata kuliah Biologi Perikanan, Dinamika Populasi Teknologi Pebenihan Ikan pada Faperik. Sedangkan Matinahoru dalam bidang ilmu Genetika dan Pemulihan Pohon, Bioteknologi Hutan, pada Faperta Unpatti.

Mosse tampil dengan judul ‘Ikan Kerapu Simbol Perikanan Ikan Karang Dalam Perspektif Dinamika Populasi. Dimana, menurutnya, ikan kerapu atau garopa dalam bahasa Maluku, adalah salah satu kekayaan sumber daya alam laut Maluku yang memiliki nilai multidimensi ekonomi tinggi.  “Sebab, selain sebagai sumber penganan bergisi dan sehat karena dagingnya yang putih dan gurih, ikan kerapu juga dapat dijadikan sebagai modal pariwisata yang sangat mahal dan bergengsi serta sumber inspirasi ilmia yang kompleks namun unik,” jelas Mosse.

Bagi sebagian masyarakat dunia, kata Mosse, terutama di Asia, kebiasaan mengkonsumsi ikan ini juga ternyata mengandung nilai kebudayaan sangat tinggi. Dan sejalan dengan semakin meningkatnya perekonomian masyarakat di pusat-pusat perdagangan ikan seperti di Hongkong, Singapura, daratan Cina, pilihan terhadap kualitas produk untuk konsumsi juga terus meningkat. Dan sekalipun hasil analisisa konsumen ikan karang hidup di pasar Hongkong dan daratan Cina memperlihatkan, bahwa mengkonsumsi ikan yang sebelumnya dibekukan tidak menjadi masalah. Namun kini hal tersebut mulai ditinggalkan dan beralih memilih ikan yang masih hidup karena biokimiawi kualitasnya jau lebih baik.

“Mereka sangat meyakini dan bverpegang teguh pada sebuah filosofi bahwa makanan yang sehat menghasilkan hidup yang baik dan ikan kerapu adalah pilihannya,” tukas Mosse. Untuk itu, Mosse berharap kepada pemeritah daerah, dapat menyebarkan secara luas kepada masyarakat tetang pengetahuan dan pemahaman masyarakat tetang tentang perikanan ikan karang beserta ekosistimnya, sehingga diharapkan keterlibatan masyarakat secara penuh menjaga dan memelihara sumber daya ini semakin nyata pula.

Sementara Matinahoru dalam pidatonya yang berjudul, ‘Pengembangan Bioteknologi Sebagai Solusi untuk Beberapa Permasalahan Pokok Pembangunan Hutan di Maluku’ menguraikan, hutan adalah suatu lahan yang ditumbuhi oleh satu atau beberapa jenis pohon sehingga mampu enciptakan suatu ekosistim dengan iklim mikro yang berbeda dengan kondisi atmosfir diluar ekosistimnya.

“Hutan di Maluku tumbuh dan berkembang pada pulau-pulau kecil dengan ekosistim yang paling rapuh sehingga berbeda dengan hutan yag tumbuh pada pulau-pulau besar seperti di Jawa, Kalimantan, Sumatra dan Sulewasi,” jelas Matinahoru. Dan hubungan ketergantungan antara manusia di pulau kecil dan hutan sangat signifikan, karena posisi pulau kecil biasannya terisolasi dari akses pasar dan lapangan pekerjaan, sehingga kecenderungan manusia pulau kecil adalah beraktivitas pada siang hari di darat seperti berkebun dan pada malam hari di lautan.

“Hutan pada pulau kecil secara umum digunakan untuk tempat berladang dan tempat mengambil kayu bakar,” jelasnya.

Dan menurunya, kendala saat ini adalah pada fasilitas labotarorium di Unpatti yang tidak memadai, sehingga belum dapat dilakukan penelitian secara maksimal. “Nampaknya belum dipahami jika universitas memiliki laboratrorium dengan sumber daya manusia dan sarana, maka banyak rejeki bagi pembangunan universitas,” tukasnya.

Siwalima

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Patti Smith akan bernyanyi untuk antar Hadiah Nobel bagi Bob Dylan
      Saat pidato penerima Hadiah Nobel Sastra Bob Dylan dibacakan, rekannya sesama penyanyi sekaligus penulis lagu Patti Smith akan menyanyikan salah satu lagu terbaiknya pada selebrasi Hadiah Nobel di Stockholm nanti.Smith akan ...
    • YLBHI ramalkan jaksa akan sulit buktikan kesalahan Ahok
      Koordinator Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Julius Ibrani melihat banyak kejanggalan dalam pengusutan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama, bahkan Jaksa diyakininya akan sulit ...
    • Malaria sudah ada di zaman kekaisaran Romawi
      Para peneliti mengungkapkan analisis DNA gigi berusia 2.000 tahun yang digali dari satu kuburan di Italia menunjukkan bukti kuat bahwa malaria sudah ada selama Kekaisaran Romawi.Temuan itu berdasarkan pada DNA mitokondria - ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: