Harta Karun The Beatles

Lagu dan Film Baru

Jika tak ada aral melintang, Paul McCartney akan merilis sebuah lagu The Beatles yang direkam 40 tahun silam, tetapi belum pernah dirilis. Nomor eksperimental itu berjudul ”Carnival of Light” yang, menurut McCartney, berdurasi sepanjang 14 menit yang disuguhkan untuk sebuah festival elektronik.

Carnival” kemungkinan akan dirilis lewat album Anthology 4 yang berisikan satu singel baru dan setumpuk lagu-lagu lama. Metode ini pernah dikerjakan The Beatles yang merilis tiga Anthology sebelum ini. Anthology 1 (1995) berisi singel baru ”Free As A Bird”, Anthology 2 (1996) dengan singel ”Real Love”, dan Anthology 3 (1996) menjual singel ”A Beginning”.

”Carnival” beserta Anthology 4 baru bisa dirilis setelah mendapat persetujuan dari Ringo Starr dan Yoko Ono serta Olivia Harrison. Sebenarnya ”Carnival” nyaris dirilis bersama Anthology 3, tetapi George Harrison (1943-2001) menolak karena menilai nomor itu terlalu garda depan (avant-garde) alias sukar dicerna.

Sir Paul mengakui lagu itu jauh dari napas pop dan rock. ”Saya bilang kepada rekan-rekan saya agar memainkan instrumen dan bernyanyi sesuka mereka, tak perlu serius. Silakan menggebuk drum, setelah itu memainkan beberapa nada di piano, pokoknya main sesuka hati. Itulah yang kami kerjakan. Saya menyukainya karena The Beatles bermain bebas,” tutur Sir Paul.

Menurut dia, ”Carnival” diinspirasi oleh dua komposer eksperimentalis, John Cage dan Karlheinz Stockhausen. Di liriknya antara lain terdapat kata-kata yang tak ada hubungannya dengan judul lagu, seperti ”Barcelona!” dan ”are you all right?”.

Sepanjang kariernya, The Beatles pernah merilis beberapa nomor garda depan, yang paling terkenal ”Revolution 9” gubahan John Lennon (1940-1980) yang termuat di album The Beatles (1968) yang lebih akrab disebut White Album.

Dan, belum lama ini sebuah pita kaset berisi rekaman oleh Lennon laku dilelang 30.000 dollar AS di Los Angeles, Amerika Serikat. Lagu tersebut berjudul ”Just Because” karya artis rock’n’roll kulit hitam AS yang kini berusia 75 tahun, Lloyd Price. Lennon merekam lagu yang berdurasi selama sekitar enam menit itu yang sedianya dimasukkan ke album Rock ’n’ Roll (1975).

”Just Because” dikerjakan tahun 1973 pada saat Lennon menjalani hidup terpisah dari Yoko di Los Angeles. Album Rock ’n’ Roll dikerjakan Lennon untuk menghindari tuntutan pengadilan karena dia menjiplak sepotong lirik nomor The Beatles, ”Come Together” (1969) dari lagu Chuck Berry, ”You Can’t Catch Me” (1957). Padahal, Lennon hanya mengambil sepotong kalimat dari nomor Berry, yakni ”here come old flat top”.

Ada lagi sebuah harta karun The Beatles yang baru diketahui keberadaannya, yakni dalam bentuk sebuah film yang tersimpan di London selama 44 tahun. Film itu berisikan wawancara bersama Lennon, Sir Paul, Harrison, dan Starr selama 9 menit pada 30 April 1964. Penemu kanister film itu Richard Jeffs yang sedang mengubrak-abrik 64 kanister di sebuah garasi.

Wawancara tertua

Setelah direstorasi, di film itu terkuak yang mewawancarai The Beatles adalah Paul Young dan Morag Hood, pembawa acara televisi Skotlandia, STV. Mereka menuanrumahi acara anak-anak bernama ”Roundup” yang berdurasi satu setengah jam. Ini kedua kalinya The Beatles mengisi ”Roundup”, yang pertama kalinya mereka menyanyikan hit ”Please, Please Me” edisi Januari 1963.

Menurut Jorg Pieper, pengarang buku The Beatles Film & TV Chronicle 1961-70, rekaman itu merupakan satu-satunya wawancara The Beatles yang tertua. Lebih penting lagi, lewat wawancara itu untuk pertama kalinya terungkap beberapa metode kerja sama penulisan lagu oleh Lennon dengan Sir Paul.

”Kadang kala kami menulis musik di piano atau instrumen apa saja yang tersedia, gitar atau yang lain. Biasanya kami duduk bersama dan mencoba menulis,” ujar McCartney pada wawancara eksklusif itu.

”Betapapun, tidak ada formula. Dia (Lennon) bisa saja datang dengan lagu yang sudah selesai, tetapi kami masih mengakuinya sebagai karya berdua,” lanjut Sir Paul. McCartney bahkan sempat menyebut lagu pertama yang pernah ditulisnya. ”Kami menulis lagu-lagu pertama yang konyol, punya saya berjudul ’I Lost My Little Girl’,” katanya lagi.

McCartney dan Lennon menceritakan bagaimana mereka pertama kalinya bertemu saat berusia 13 tahun. ”Saya sedang tampil di sebuah tempat di dekat Liverpool. Dan dia menyaksikan, dan di situlah kami berjumpa,” kenang Lennon. ”Saya kenal seorang teman dia, Ivan. Dia yang memperkenalkan kami,” imbuh McCartney.

Satu lagi film wawancara eksklusif juga baru ketahuan keberadaannya. Wawancara dilakukan oleh wartawan Miranda Ward dengan Harrison. Kebetulan mereka bersahabat sehingga semua yang diucapkan Harrison jujur adanya. Rekaman film wawancara yang berlangsung tahun 1967 itu ditemukan di rumah Ward.

Seorang sutradara, David Lambert, pernah memanfaatkan wawancara itu untuk pembuatan film tentang The Beatles, Magical Mystery Tour (1967). Menurut Lambert, sutradara top AS, Martin Scorsese, telah menyatakan minat membuat film baru tentang The Beatles berdasarkan wawancara dengan Harrison tersebut. ”George yang dikenal sebagai Beatle pendiam ditanyai tentang peranan dia dalam film Magical. Ia bercerita tentang semua aspek kehidupan dan cara pandangnya,” tutur Ward.

Harrison bercerita mengenai keterlibatannya dengan Maharishi Mahesh Yogi, kultur alkohol di Inggris, penggunaan narkoba, dan perilaku politisi. Menurut Lambert, banyak hal yang diungkapkan Harrison bersifat kontroversial sekalipun tak akan merusak citra dia maupun The Beatles. ”Mereka yang mendengarnya akan setuju dengan sikap Harrison,” ujar Lambert.

Film itu berdurasi selama 90 menit, dan itulah yang membuat Scorsese tertarik memolesnya menjadi film versi baru. Masalahnya, Ward yang kini memegang hak cipta film wawancara itu berulang kali menolak hasil karyanya dijual. Ia ingin film itu bisa dinikmati para penggemar The Beatles secara bebas,” tambah Lambert.

Budiarto Shambazy – KOMPAS

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: