Israel Dikecam Keras

Kecaman keras terhadap serangan Israel ke Jalur Gaza tidak membuat negara itu surut. Memasuki hari ketiga, Senin (29/12), pesawat jet tempur Israel masih saja mengebom lokasi-lokasi yang dianggap penting bagi Hamas di Jalur Gaza.

Bukan itu saja, Israel bahkan menjadikan Jalur Gaza sebagai ”zona militer tertutup”. Tank-tank Israel mulai terlihat berkumpul di wilayah perbatasan Gaza-Israel sehingga diyakini Israel akan memulai serangan darat.

Pada saat yang sama, Hamas masih terus menembakkan lebih dari 20 roket ke arah Israel. Konflik Israel-Hamas di Gaza semakin sengit sehingga menewaskan 318 warga Palestina (57 warga sipil termasuk anak-anak dan wanita) dan sedikitnya 1.400 orang terluka.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon meminta Israel untuk segera menghentikan serangan ke Jalur Gaza dan membuka pintu penyeberangan bagi bantuan kemanusiaan. Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay juga meminta Israel mematuhi hukum internasional, terutama dalam penggunaan kekuatan militer dan serangan terhadap warga sipil.

Presiden Majelis Umum PBB Miguel D’Escoto Brockmann dari Nikaragua menyebutkan perilaku Israel itu jelas merupakan bentuk serangan oleh negara yang sangat kuat. Oleh karena itu, ia meminta PBB untuk bertindak tegas kepada Israel.

Pemerintah Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Gaza. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan sudah menulis surat kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Presiden Dewan Keamanan PBB Neven Jurica agar segera bersidang dan mengeluarkan Resolusi PBB untuk menghentikan serangan Israel ke Gaza. Israel dan Palestina diimbau kembali berunding untuk mewujudkan perdamaian.

Targetkan Hamas

Dalam serangan kilat yang ”hanya berlangsung beberapa menit”, Senin, Israel menargetkan serangan terhadap simbol-simbol kekuasaan Hamas, antara lain dengan menyerang sebuah rumah di dekat tempat tinggal Perdana Menteri Ismail Haniya. Israel juga menghancurkan kompleks keamanan, pusat pembangkit listrik, dan sebuah bangunan universitas yang diduga terkait dengan Hamas, kelompok penguasa di Jalur Gaza.

Serangan Israel, yang dilangsungkan sejak Sabtu lalu, diklaim Israel karena mereka sudah tidak tahan lagi terhadap serangan mortir dan roket dari Gaza. Satu hari sebelum serangan kilat Israel, paling tidak ada 100 roket dan mortir yang ditembakkan ke Israel.

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan akan segera memperluas serangan udara dan menyerang dari darat jika perlu. Hal itu disetujui kabinet Israel, Minggu, yang memberikan ”lampu hijau” bagi penambahan 6.500 tentara.

Barak menegaskan, Israel akan memukul Hamas habis-habisan. ”Kami tidak ada masalah dengan warga Gaza. Kami sedang perang hanya dengan Hamas. Kami berusaha tak ada korban dari warga sipil. Kami juga tidak akan menghalangi masuknya bantuan kemanusiaan,” ujarnya.

Menurut Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, pihaknya hanya berusaha memulihkan kehidupan normal, tenang, dan damai bagi warga Gaza dan Israel yang menderita akibat serangan roket dan mortir dari kelompok bersenjata Hamas selama bertahun-tahun. Untuk itu, Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni justru meminta dunia ”membuka mata” dan melihat Hamas sebagai biang keladi.

”Saya harap komunitas internasional, termasuk dunia Arab, bisa mengingatkan Hamas bahwa gejolak kekerasan di Gaza itu semua akibat ulah Hamas. Mereka yang harus bertanggung jawab,” kata Livni.

Menanggapi pernyataan Livni, Hamas justru kecewa dan marah kepada komunitas internasional yang mereka nilai kurang serius mengakhiri serangan Israel. ”Israel jelas-jelas melakukan pembunuhan massal, tetapi dunia hanya menonton. Tidak ada satu pun yang berbuat sesuatu untuk menghentikan mereka,” kata juru bicara di Hamas, Fawzi Barhum.

Karena tidak ada satu negara pun yang membantu, Hamas lalu menganggap sah dan berhak melakukan serangan balasan dengan serangan bunuh diri, seperti bom bunuh diri. Padahal, metode serangan bunuh diri dalam wilayah Israel tidak lagi digunakan sejak Januari 2005. Jika hal itu terjadi, situasi di Gaza akan semakin tidak aman dan warga sipil akan menjadi korban.

Bantuan kemanusiaan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, ”Dewan Keamanan PBB harus bersidang secara formal untuk mengeluarkan resolusi, kemudian bisa betul-betul memaksa Israel menghentikan serangan. Melalui surat itu, pemerintah mengimbau agar Israel dan Palestina kembali masuk ke proses perdamaian seperti setengah tahun lalu agar tercipta keamanan dan perdamaian di Jalur Gaza.”

Menurut Kepala Negara, untuk memantau perkembangan langkah-langkah PBB, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kepala Perwakilan Indonesia di PBB, New York, Amerika Serikat, Marty Natalegawa, untuk mendapatkan laporan mengenai langkah yang dilakukan DK PBB untuk menghentikan aksi militer Israel itu. Langkah PBB sebelumnya hanya menghasilkan pernyataan tertulis DK PBB bahwa Israel harus menghentikan aksi militer. ”Itu belum cukup meredakan ketegangan di Jalur Gaza. Pemerintah Indonesia berpendapat mesti ada kegiatan dan langkah lebih nyata, lebih firm (pasti), dalam arti agar resolusi PBB bisa dipatuhi pihak Israel,” kata Presiden.

Dalam suratnya kepada Sekjen PBB, Presiden Yudhoyono juga mengimbau dunia untuk segera membantu warga Palestina yang kini kesulitan. Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan tunai senilai 1 juta dollar AS. Bantuan itu di luar bantuan obat-obatan yang akan dikirimkan ke wilayah konflik di Palestina. ”Kami akan terus memantau perkembangan di Gaza. Indonesia akan melakukan segala upaya, regional dan multilateral, demi pulihnya situasi di sana,” ujar Presiden.

Secara terpisah, saat memperingati Tahun Baru Islam di Lapangan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu malam, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menyebutkan, akibat serangan Israel, umat Islam kini menghadapi kegelisahan dan mengalami penderitaan. Karena itu, Wapres mengajak umat Islam untuk memanjatkan doa dan membaca surat Alfatihah untuk pejuang Islam di Palestina dan negara Islam lainnya yang menderita.

KOMPAS

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Patti Smith akan bernyanyi untuk antar Hadiah Nobel bagi Bob Dylan
      Saat pidato penerima Hadiah Nobel Sastra Bob Dylan dibacakan, rekannya sesama penyanyi sekaligus penulis lagu Patti Smith akan menyanyikan salah satu lagu terbaiknya pada selebrasi Hadiah Nobel di Stockholm nanti.Smith akan ...
    • YLBHI ramalkan jaksa akan sulit buktikan kesalahan Ahok
      Koordinator Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Julius Ibrani melihat banyak kejanggalan dalam pengusutan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama, bahkan Jaksa diyakininya akan sulit ...
    • Malaria sudah ada di zaman kekaisaran Romawi
      Para peneliti mengungkapkan analisis DNA gigi berusia 2.000 tahun yang digali dari satu kuburan di Italia menunjukkan bukti kuat bahwa malaria sudah ada selama Kekaisaran Romawi.Temuan itu berdasarkan pada DNA mitokondria - ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: