Israel Masih Gempur Gaza

Serangan Israel ke Jalur Gaza tidak menyusut. Memasuki hari keempat, Selasa (30/12), Israel masih membombardir Gaza melalui udara. Selain serangan udara, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan, militer tengah mengumpulkan kerkuatan untuk memulai serangan darat, untuk menghentikan serangan roket dari Hamas.

Sementara itu, tembakan roket dari arah Gaza ke wilayah Israel juga semakin deras.

Dalam serangan yang berlangsung tidak seimbang itu, korban tewas lebih dari 363 orang dan yang mengalami luka-luka lebih dari 1.720 orang. Pernyataan PBB menyebutkan sekitar 62 warga sipil tewas.

Serangan Israel ke Jalur Gaza itu menuai kecaman keras dari berbagai bagian dunia, termasuk dari masyarakat dan Pemerintah Indonesia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin, sudah mengirimkan surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Presiden Dewan Keamanan PBB Neven Jurica. Intinya surat itu, meminta Israel segera menghentikan serangan ke Gaza, serta mendesak Dewan Keamanan PBB segera bersidang dan mengeluarkan Resolusi PBB untuk menghentikan serangan Israel ke Gaza.

Sekjen PBB Ban Ki-moon, Selasa, menegaskan, ia sangat khawatir dengan situasi di Gaza. Itu tak dapat ditolerir lagi. Itu sebabnya, Ban Ki-moon meminta kepada para pemimpin dunia untuk bekerja sama menghentikan konflik yang terjadi itu. ”Israel dan Hamas harus segera menghentikan konflik ini. Harus ada gencatan senjata,” ujarnya. Pembahasan isu Gaza dan Israel ini diminta dipercepat oleh Ban Ki-moon karena ada kekhawatiran pada kondisi rakyat Gaza.

Para menteri luar negeri Uni Eropa akan bertemu di Paris, Perancis, untuk membahas cara membantu menangani krisisi Gaza. Jajaran Menlu Kuartet Timur Tengah (AS, Rusia, Perancis, UE, dan Utusan Khusus untuk Urusan Timur Tengah Tony Blair) akan membahas masalah yang sama. Para Menlu di Liga Arab pun akan membahas dan menyepakati posisi dan sikap bersama pada isu Gaza.

Duta Besar Palestina di Liga Arab Riyad Mansour mengatakan utusan Liga Arab telah dijanjikan akan ada “tindakan praktis Israel”. Namun, ia tidak merinci lebih lanjut. Ia berharap Israel segera menghentikan serangan. Dalam waktu 24 jam ke depan akan ada perubahan situasi.

AS mengambil sikap yang berbeda. AS menyatakan, dapat memahami kebutuhan Israel untuk membela dan mempertahankan diri. “Israel hanya mengambil kebijakan yang dinilai perlu untuk menangani ancaman teroris. Kini rakyat Israel selatan tak bisa hidup damai. Sebagian besar waktu mereka habis dalam tempat berlindung,” kata Gordon Johndroe, juru bicara Gedung Putih.

Hentikan serangan roket

Untuk saat ini, Israel tidak berniat memulihkan kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza dengan kelompok Hamas. Bahkan, Israel menyatakan, serangan udara yang memasuki hari keempat ke Gaza itu baru masuk ke “tahap pertama” dari beberapa tahap operasi militer yang sebelumnya telah disetujui oleh kabinet Israel.

Menteri Infrastruktur Israel Benjamin Ben-Eliezer menegaskan, tidak ada alasan bagi Israel untuk menerima gencatan senjata terutama di saat-saat genting seperti sekarang. “Kami khawatir Hamas nantinya justru memanfaatkan gencatan senjata untuk memulihkan dan mengumpulkan kembali kekuatan. Setelah itu mereka akan menyerang kembali Israel dengan kekuatan yang jauh lebih besar,” ujarnya.

“Pemerintah memberi dukungan penuh pada militer,” kata Olmert saat menghadap Presiden Israel Shimon Peres.

Dalam kesempatan yang sama Olmert juga mengingatkan kembali bahwa Israel tidak sedang berperang dengan rakyat Palestina, tetapi memerangi organisasi teror yang selama ini mengganggu stabilitas di kawasan Timur Tengah. Peres menegaskan, Israel tidak berniat menguasai ataupun menduduki wilayah Gaza.

Dikatakan, untuk mengalahkan organisasi teror itu Israel siap habis-habisan mengeluarkan segenap kekuatan militer yang dimiliki. Wakil Menteri Pertahanan Israel Matan Vilnai menegaskan, Israel sudah siap dan tahan melancarkan serangan habis-habisan ke arah Jalur Gaza selama berminggu-minggu. “Kami harus bisa mengubah situasi keamanan Israel selatan,” kata Ben-Eliezer.

Ben-Eliezer menambahkan Israel hanya menginginkan suasana damai di Israel selatan agar warga Israel dapat hidup tenang damai tanpa harus khawatir dengan serangan roket. “Hamas harus tahu kami hanya ingin serangan roket dihentikan,” ujarnya.

Balik ancam

Menjawab “tantangan” dari Israel itu, juru bicara Hamas Ismail Radwan justru balik mengancam. “Tunggu saja perlawanan yang lebih sengit dari kami,” kata Radwan melalui pesan singkat di telepon genggam pada para wartawan yang tidak diperkenankan berada di dalam wilayah Gaza.

Militer Israel memperkirakan sedikitnya 10 persen dari seluruh jumlah penduduk Israel (sekitar 7 juta jiwa) kini berada dalam jangkauan jarak tembak roket. Hal ini berarti medan pertempuran makin mendekat dengan jantung Israel. ”Kami tidak akan memohon ampunan. Kami tidak akan memberikan kesempatan sama sekali untuk berunding meski kami digempur habis-habisan seperti saat ini,” kata seorang pejabat Hamas, Mushir al-Masri.

Militer Israel mengaku membuka penyeberangan Kerem Shalom agar bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak bisa masuk ke Gaza. Sebelumnya, lebih dari 80 truk telah diperbolehkan menyeberang. Namun, ada laporan dari wilayah lepas pantai Gaza bahwa armada kapal laut Israel menabrak perahu berpenumpang sukarelawan pro-Palestina beserta bantuan medis. Saksi mata mengaku kapal Israel itu sengaja menabrak perahu itu. Namun, Pemerintah Israel menyebutkan peristiwa itu hanya kecelakaan biasa.

KOMPAS

1 Comment

  1. Masalah persengketaan tanah antara warga Muslim & Yahudi di Pelestin bermula pada saat Daulah Khilafah Usmaniyah di Turki mengalami kehancuran akibat propaganda kafir Barat.
    Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Teodhore Hertz dkk yang menghasut warga Yahudi agar menguasai tanah Palestin.
    Cara paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembalikan hak pengelolaan tanah tersebut kepada pemilik terakhir yang sah, yaitu Daulah Khilafah.
    Tanah Palestin adalah tanah wakaf yang diserahkan secara ikhlas dari pemilik sebelumnya kepada Khalifah Umar ra. & kemudian dibebaskan kembali dari tangan penjajah oleh Khalifah Muhammad al Fatih.
    Bisa saja saudara Muslim kita di Pelestin lari & mengungsi ke negara lain agar selamat, namun hal itu tidak mereka lakukan, karena mereka telah bersumpah untuk merelakan jiwa mereka guna melindungi tanah wakaf milik Daulah Khilafah, hingga Daulah Khilafah bangkit kembali.
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, relakah kalian berlama-lama membiarkan penderitaan saudara muslim kita di Palestin terus berlarut-larut?
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, marilah kita tegakkan Khilafah sekarang juga!
    Agar Saudara kita, baik umat Muslim maupun Yahudi, dapat kembali berdamai seperti sedia kala!
    Agar berbagai masalah yang melanda kita saat ini dapat teratasi!
    Dan yang terpenting, agar hukum Allah dapat ditegakkan kembali di muka bumi ini!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Belanja di Apple Store bisa lewat Apple Watch
      Pembaruan Apple Store kini membuat pengguna Apple Watch dapat membeli item langsung dari pergelangan tangan.Fitur baru tersebut dapat dinikmati setelah pembaruan versi 4.1 aplikasi tersebut, tapi, tidak semua katalog bisa ...
    • Wapres: bela negara bukan hanya saat perang
      Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua harus mempersiapkan diri untuk bela negara, bukan hanya pada saat terjadi perang. "Bela negara bukan hanya perang, tapi juga memajukan negeri ini dengan baik dan berkeadilan," ...
    • Polda Kepri benarkan pesawat Polri jatuh
      Polda Kepri membenarkan pesawat M-28 Sky Truck dengan nomor regristrasi B-4201 hilang kontak dan diketahui jatuh di perairan Kabupatan Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri. "Iya benar, pesawat sempat hilang kontak. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: