Fariz Mehdawi (2): PBB Hanya Obati Luka Korban, bukan Mencegah Agresi Israel

ANTARA

ANTARA

Serangan membabi buta Israel ke Jalur Gaza sudah menewaskan 600-an orang. Namun, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diharapkan bisa menjaga ketertiban dunia, seolah tumpul tidak berdaya. Apa yang terjadi?  “Kemana Dewan Keamanan PBB? Ada di planet mana mereka?” kata Dubes Palestina Fariz Mehdawi kepada Mario Aristo dari mediaindonesia.com di kantornya, Jalan Diponegoro Nomor 59 Jakarta Pusat, Selasa (6/1) siang. Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana Anda melihat sikap PBB yang hingga kini tidak berkutik menghadapi kekejaman Israel di Jalur Gaza?

Inilah yang menjadi kecemasan saya. Seharusnya Dewan Keamanan (DK) menjadi lembaga yang paling peduli terhadap keamanan dan perdamaian dunia. Namun kemana sekarang mereka? Ada di planet mana mereka?

Saya rasa ketiadaan tindakan mereka yang jelas, dipengaruhi oleh kevakuman AS. DK seakan juga ikut vakum terhadap masalah Gaza ini. Walaupun sebenarnya mereka tidak menutup mata.

Yang PBB lakukan hanyalah mengobati luka korban pertikaian, tanpa usaha mencegah pelakunya. Ini tidak akan menyelesaikan masalah. Mereka seakan belum matang dalam permasalahan politik, karena hanya berbicara sekedar pada masalah obat-obatan saja.

Contoh yang juga pernah terjadi adalah ketika terjadi deadlock di DK PBB dalam masalah Korea yang juga menyangkut kepentingan Amerika serta Uni Soviet. Dengan kondisi tersebut, DK PBB tidak akan pernah dapat mengeluarkan sebuah keputusan atau resolusi, karena keberadaan negara-negara tersebut di dalam konflik.

Di internal Palestina sendiri terjadi konflik Hamas-Fatah, sehingga Palstina sulit bersatu menghadapi agresi sebuah negara. Bisa Anda jelaskan?

Konflik Hamas-Fatah merupakan masalah internal, sama seperti semua negara yang memiliki masalah intern sendiri. Terutama terhadap kelompok-kelompok partai politik dalam sebuah negara. Ini terjadi di “lapangan” kami, dan kami lah yang bertanggung jawab terhadap hal ini.

Sikap Hamas adalah sikap sebuah partai politik yang tidak sependapat dengan pemerintah yang sah. Hal inilah yang sering digunakan pihak lain untuk mencampuri urusan intern palestina. Namun berikanlah kesempatan pada kami untuk mengatasi masalah kami sendiri.

Kami yakin bisa menyelesaikannya dengan jalan negosiasi. Baik Hamas, baik Fatah, hanyalah sebagai cara. Bukan merupakan sebuah tujuan utama. Kembali lagi bahwa biarlah warga palestina yang semakin hari semakin terdidik yang memutuskan. Tidak ada hak bagi pihak lain untuk mengintervensi. Memang kami akui bahwa dengan satunya suara Palestina, akan lebih kuat menyuarakan perdamaian dunia.

Namun dibalik perbedaan pendapat antara Hamas dengan pemerintah, kami ingin menyatakan, bahwa apapun yang terjadi, penduduklah yang utama. Biarkan mereka yang memutuskan, contohnya dalam pemilu.

Bagaimana Anda memprediksi kebijakan Barack Obama nantinya setelah Presiden AS George W Bush terhadap krisis di Jalur Gaza?

Kami optimistis Obama akan mengubah pendekatannya menghadapi masalah Timur Tengah. Memang kebijakan luar negeri AS belum banyak membantu pada saat masa lalu. Namun tetap saja, kebijakan yang Obama ubah bukan semata-mata untuk Palestina, tapi juga terdapat kepentingan nasional AS di dalamnya. Namun kami yakin, Obama tidak akan seperti Bush dalam berbagai hal. Hanya masalahnya adalah seberapa besar dan cepat perubahan itu akan terjadi. Saya yakin masalah Palestina akan menjadi salah satu agenda Obama.

Bagaimaan jika ternyata tidak?

Saatnya Obama membawa AS untuk membuktikan perannya, dalam menciptakan perdamaian di dunia, diantaranya di Gaza dan timur tengah. Jika memang tidak dilakukan, Obama akan banyak yang kehilangan kepercayaan dari banyak orang.

Bila PBB tetap diam, apa yang akan Palestina lakukan?

Politik tidak bisa diasumsikan. Tidak bisa kita menjalani alternatif kedua tanpa terlebih dahulu menjalani alternatif pertama. Kami akan tetap melihat perkembangan yang akan terjadi, barulah kami bekerja.(X-4)

MediaIndonesia

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Aparat gabungan sita bambu runcing dan bom molotov di Kediri
      Aparat gabungan dari Kepolisian Resor Kediri Kota dan TNI merazia kawasan bekas lokalisasi Semampir di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, dan menyita sejumlah barang seperti bambu runcing serta bom molotov."Kami sudah ...
    • Persipura tanpa Bio dan Ricardinho hadapi Gresik United
      Tim Persipura Jayapura tanpa Bio Paulin Pierre dan Ricardinho da Silva saat melawan tuan rumah Gresik United dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di stadion Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Minggu (11/12). ...
    • Pencarian korban pesawat Polri libatkan 19 kapal
      Polri mengerahkan 19 kapal dan tiga pesawat untuk mencari korban pesawat Polri M-28 Sky Truck yang jatuh pada Sabtu (3/12) di perairan Kabupaten Lingga, Kepri. "Sembilan belas kapal dan tiga unsur udara dikerahkan pada ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: