Smith Alhadar: Pertikaian Israel-Hamas Murni Perebutan Wilayah

MI/M IRFAN

MI/M IRFAN

Pasukan Israel terus merangsek ke perkotaan di Jalur Gaza. Korban jiwa terus berjatuhan. Permusuhan Hamas-Israel memang sudah lama terjadi. Beberapa kali keduanya gencatan senjata namun tidak bertahan lama. ”Mereka masing-masing ingin menguasai wilayah Gaza. Bukan karena agama,” kata Pengamat Timur Tengah Smith Alhadar kepada  Mario Aristo dari mediaindonesia.com, Senin (5/1). Berikut petikan wawancara selengkapnya:

Mengapa pertikaian Israel-Palestina seakan tak kunjung selesai?

Semejak dahulu, memang kedua kelompok ini, Palestina, Hamas khususnya, dengan Israel dipicu oleh perebutan wilayah Gaza. Mereka masing-masing ingin menguasai wilayah Gaza. Bukan karena agama, bukan pula karena masalah-masalah lainnya. Namun, alasannya murni terletak pada perebutan wilayah.

Apakah benar bahwa Israel berang karena Hamas menyerang terlebih dahulu dengan roket?

Hamas melakukan hal tersebut karena merasa kecewa akan resolusi yang ditandatangani sebelumnya. Pada resolusi sebelumnya, dimana Hamas diharuskan melakukan genjatan senjata terhadap Israel, malah digunakan oleh Israel sebagai celah untuk memblokir wilayah Gaza. Hamas tidak puas dan merasa melakukan kesalahan dengan melakukan genjata senjata. Hamas merasa dirugikan. Inilah salah satunya mengapa Hamas memutuskan untuk kembali menyerang Israel.

Ditambah lagi akhir-akhir ini Hamas seakan terinspirasi oleh kemenangan Hizbullah. Hamas kembali terinspirasi untuk menyerang Israel, dan merasa yakin bahwa Israel dapat mereka kalahkan.

Apa sih yang membedakan gerakan Hamas dan Fatah?

Hamas dan Fatah saling berbeda pandangan. Namun sebetulnya mereka sama-sama menginginkan kemerdekaan. Mereka sama-sama ingin membentuk sebuah negara merdeka.

Namun, melihat kondisi yang terjadi, mungkin saja muncul kemiripan tujuan lainnya antar Hamas dan Fatah, yakni untuk menghadapi Israel. Namun dari satu tujuan tersebut, kelompok Hamas lebih memilih cara dengan tindakan nyata berupa menyerang Israel. Lain halnya dengan kelompok Fatah. Kelompok Fatah lebih memilih jalur yang tidak terlalu nyata dalam menghadapi Israel, seperti melalui jalan diplomasi. Jadi keduanya secara jelas memiliki perbedaan jalan atau metode untuk mencapai suatu kepentingan yang tidak terlalu berbeda jauh.

Yang menyebabkan mengapa Hamas bertindak sedemikian rupa adalah karena Hamas beranggotakan banyak orang-orang yang selama ini merasa terzalimi. Mereka merasakan sebuah ketidakadilan, dan itu harus diubah.

Bagaimana menurut Anda sikap Liga Arab  terhadap gerakan Hamas?

Secara wacana, Liga Arab tampak masih lebih memihak ke kelompok Abbas atau Fatah, sebagai kelompok yang mewakili Palestina secara sah. Dengan cara jalannya masing-masing, kelompok Hamas dianggap tidak realistis dalam bersikap.

Apapun yang dilakukan Hamas yang berkaitan dengan kekerasan sebetulnya tidak disetujui oleh negara-negara Arab. Salah satu bukti tindakan nyata negara-negara Arab adalah dihentikannya bantuan-bantuan dari negara Arab kepada Hamas. (X-4)

Mario Aristo – MediaIndonesia

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Aparat gabungan sita bambu runcing dan bom molotov di Kediri
      Aparat gabungan dari Kepolisian Resor Kediri Kota dan TNI merazia kawasan bekas lokalisasi Semampir di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, dan menyita sejumlah barang seperti bambu runcing serta bom molotov."Kami sudah ...
    • Persipura tanpa Bio dan Ricardinho hadapi Gresik United
      Tim Persipura Jayapura tanpa Bio Paulin Pierre dan Ricardinho da Silva saat melawan tuan rumah Gresik United dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di stadion Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Minggu (11/12). ...
    • Pencarian korban pesawat Polri libatkan 19 kapal
      Polri mengerahkan 19 kapal dan tiga pesawat untuk mencari korban pesawat Polri M-28 Sky Truck yang jatuh pada Sabtu (3/12) di perairan Kabupaten Lingga, Kepri. "Sembilan belas kapal dan tiga unsur udara dikerahkan pada ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: