Dr. Abdullah Abdullah: Tidak Ada Jalan Lain Kecuali Gencatan Senjata

Agresi Israel ke Jalur Gaza mengingatkan kita kembali pada konflik internal Hamas-Fatah. Sejak Hamas memenangi pemilu parlemen pada 2006, rontoklah dominasi Fatah. Padahal, sejak 1967, ia faksi terbesar dan partai politik paling berkuasa di Palestina.

Didukung kaum nasionalis dan sebagian kecil sosialis, Fatah dikenal moderat. Lebih-lebih bila dibanding Hamas, yang terus-menerus merecoki dunia internasional dengan sepak terjangnya. Itu bukan berarti Fatah bebas dari aktivitas militan. Sayap militer Fatah, Al-Assifa, dikenal radikal dan pernah terlibat aksi teror di Israel dan Libanon.

Bagaimana posisi Fatah dalam konflik ini dan apa saja upaya mereka untuk menyelesaikan perang di Gaza? Jumat pekan lalu, wartawan Tempo Angela Dewi mewawancarai Dr Abdullah Abdullah. Dia Ketua Komite Politik Parlemen Palestina dan anggota Fatah. Dia juga pernah menjabat Wakil Menteri Luar Negeri (2003-2005) dan Ketua Parlemen Palestina pada April 2006.

Bagaimana kondisi terakhir Jalur Gaza setelah dua pekan serangan Israel?

Ada seruan gencatan senjata, tapi serangan tetap berlangsung. Kami masih terus mendistribusikan bantuan dan obat-obatan kepada korban di berbagai rumah sakit dan tempat penampungan. Kami menghadapi persoalan distribusi bantuan dari perbatasan karena bantuan masih menumpuk di sana.

Menurut Anda, apa penyelesaian terbaik bagi konflik ini?

Tidak ada jalan lain: gencatan senjata dan berunding. Korban sudah demikian banyak, sebagian besar warga sipil yang tak terlibat konflik.

Apa kira-kira skenario Israel di balik serangan ini? Mendongkel Hamas?

Persoalan tarik-menarik kepentingan sudah lama sekali terjadi. Lebih baik kita sama-sama melihat kepentingan yang lebih besar, yaitu rakyat Palestina. Masing-masing pihak harus bersedia saling mendengar, dan tak hanya berdiri di atas kepentingan mereka sendiri. Kami menghendaki sebanyak mungkin pihak terlibat dalam penyelesaian konflik ini. Jalur Gaza adalah persoalan dunia internasional.

Apakah Fatah tidak punya kepentingan apa pun dalam situasi ini?

Warga kami juga ada yang menjadi korban di utara Gaza, jadi jangan dilihat serangan ini semata sebagai siapa melawan siapa. Konflik ini mengorbankan semua pihak. Yang kami inginkan adalah Palestina yang baik bagi semua orang.

Bagaimana jika Israel memaksa pemerintah dan parlemen mendongkel Hamas dari Jalur Gaza?

Serangan ini sudah amat menguras emosi. Kami tidak mau berbicara tentang konflik yang lebih buruk.

TEMPO (12 Januari 2009)

1 Comment

  1. Masalah persengketaan tanah antara warga Muslim & Yahudi di Pelestin bermula pada saat Daulah Khilafah Usmaniyah di Turki mengalami kehancuran akibat propaganda kafir Barat.
    Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Teodhore Hertz dkk yang menghasut warga Yahudi agar menguasai tanah Palestin.
    Cara paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembalikan hak pengelolaan tanah tersebut kepada pemilik terakhir yang sah, yaitu Daulah Khilafah.
    Tanah Palestin adalah tanah wakaf yang diserahkan secara ikhlas dari pemilik sebelumnya kepada Khalifah Umar ra. & kemudian dibebaskan kembali dari tangan penjajah oleh Khalifah Muhammad al Fatih.
    Bisa saja saudara Muslim kita di Pelestin lari & mengungsi ke negara lain agar selamat, namun hal itu tidak mereka lakukan, karena mereka telah bersumpah untuk merelakan jiwa mereka guna melindungi tanah wakaf milik Daulah Khilafah, hingga Daulah Khilafah bangkit kembali.
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, relakah kalian berlama-lama membiarkan penderitaan saudara muslim kita di Palestin terus berlarut-larut?
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, marilah kita tegakkan Khilafah sekarang juga!
    Agar Saudara kita, baik umat Muslim maupun Yahudi, dapat kembali berdamai seperti sedia kala!
    Agar berbagai masalah yang melanda kita saat ini dapat teratasi!
    Dan yang terpenting, agar hukum Allah dapat ditegakkan kembali di muka bumi ini!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Aparat gabungan sita bambu runcing dan bom molotov di Kediri
      Aparat gabungan dari Kepolisian Resor Kediri Kota dan TNI merazia kawasan bekas lokalisasi Semampir di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, dan menyita sejumlah barang seperti bambu runcing serta bom molotov."Kami sudah ...
    • Persipura tanpa Bio dan Ricardinho hadapi Gresik United
      Tim Persipura Jayapura tanpa Bio Paulin Pierre dan Ricardinho da Silva saat melawan tuan rumah Gresik United dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di stadion Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Minggu (11/12). ...
    • Pencarian korban pesawat Polri libatkan 19 kapal
      Polri mengerahkan 19 kapal dan tiga pesawat untuk mencari korban pesawat Polri M-28 Sky Truck yang jatuh pada Sabtu (3/12) di perairan Kabupaten Lingga, Kepri. "Sembilan belas kapal dan tiga unsur udara dikerahkan pada ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: