Obama Rayakan Mimpi Martin Luther King

Sehari menjelang pengambilan sumpah, presiden Amerika Serikat terpilih Barack Obama memperingati Hari Martin Luther King Jr, Senin (19/1) waktu setempat, dengan berpartisipasi dalam aktivitas pelayanan publik bertajuk ”Renew America Together: A Call to Service”.

Istri Obama, Michelle, dan istri wakil presiden terpilih, Jill Biden, akan menggelar ”Kids Inaugural: We Are the Future”, sebuah konser pemuda untuk menghormati keluarga militer.

Sebuah jajak pendapat terbaru oleh CNN/Opinion Research Corp menunjukkan, 7 dari 10 warga Afrika-Amerika percaya bahwa dengan terpilihnya Obama, mimpi King tentang kesetaraan rasial bisa terwujud. King tewas dibunuh di Memphis, Tennessee, 4 April 1968.

”Saya meminta Anda untuk membangkitkan karakter bangsa ini sekali lagi. Dan, bersama- sama, kita bisa melangkah sebagai satu bangsa, warisan leluhur yang kita rayakan hari ini,” kata Obama.

Pada hari pelantikan, Selasa ini, Obama akan menghadiri kebaktian pagi, sebuah tradisi yang dimulai Presiden Franklin D Roosevelt tahun 1933. Setelah itu, Obama akan bertemu Presiden George W Bush di Gedung Putih dan bersama-sama menuju Capitol Hill untuk upacara pengambilan sumpah.

Sebelum pengambilan sumpah dimulai, di sayap barat Capitol Hill digelar sejumlah acara musik, termasuk penampilan band Marinir AS, paduan suara anak- anak, penyanyi Aretha Franklin, komposer John Williams bersama pemain biola Itzhak Perlman dan pemain cello Yo-Yo Ma, serta band Angkatan Laut AS.

Acara resmi pelantikan dimulai pukul 11.30 waktu setempat atau 23.30 WIB dengan pengambilan sumpah wakil presiden terpilih Joe Biden. Tepat tengah hari atau tengah malam WIB, Obama diambil sumpahnya sebagai presiden ke-44 AS.

Setelah diambil sumpahnya, Obama akan menyampaikan pidato pelantikan. Pidato itu sangat penting karena akan menunjukkan apa yang akan dilakukan Obama selama periode pemerintahannya.

Obama kemudian mengiringi Bush dalam upacara perpisahan.

Pukul 14.30 waktu setempat atau 02.30 WIB hari Rabu, Parade Pelantikan ke-56 akan digelar di sepanjang Pennsylvania Avenue yang terbentang dari Capitol Hill hingga Gedung Putih. Parade itu diikuti berbagai kelompok dari seantero AS.

Malam harinya, Obama akan menjamu berbagai kalangan dalam setidaknya 10 pesta resmi. Untuk pertama kalinya pula, Obama menjadi tuan rumah ”Pesta Tetangga” yang terbuka bagi segenap warga Washington dan masyarakat umum. Dengan teknologi interaktif, pesta akan disiarkan dengan pesta komunitas di seluruh AS.

Macet

Jalan-jalan di sekitar National Mall mulai macet sejak Minggu. Orang hampir tidak bisa bergerak leluasa dari satu tempat ke tempat lain. Jalanan diperkirakan lebih macet pada Selasa ini.

Jutaan orang memadati Washington, kota yang normalnya berpenduduk 600.000 orang. Akses menuju pusat kota Washington ditutup mulai Selasa pagi.

Hujan salju diperkirakan turun di Washington sejak Senin malam. Suhu udara pada hari Selasa diperkirakan turun drastis hingga mencapai 0 derajat celsius.

Ribuan polisi dan tentara bersenjata serta agen rahasia berpakaian preman akan ditempatkan di jalan-jalan. Penembak jitu juga ditempatkan di atap bangunan dekat Capitol Hill dan sepanjang rute parade.

Helikopter dan pesawat tempur akan berpatroli di udara. Penjaga pantai berjaga-jaga di perairan sekitar Washington.

Surat kabar The Washington Post edisi Senin melaporkan, sejumlah titik pemeriksaan akan diwarnai antrean sepanjang beberapa blok. Ribuan orang masih berupaya masuk ke area tempat rangkaian acara pelantikan digelar. (ap/afp/bbc/fro)

BUDIARTO SHAMBAZY – KOMPAS

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Miryam terima dan bagikan dana KTP-E ke DPR
      Mantan anggota Komisi II dari fraksi Hanura Miryam S Haryani disebut menerima 1,2 juta dolar AS dari pengadaan korupsi KTP-Elektronik dan membagi-bagikan uang itu kepada seluruh anggota Komisi II DPR untuk melancarkan anggaran ...
    • Polri: Kamis-Jumat puncak arus mudik
      Polri memperkirakan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 akan mencapai puncaknya pada Kamis malam hingga Jumat (23/6) malam. "Mulai malam ini arus kendaraan akan padat setelah pulang kerja. Besok, seharian ...
    • Presiden Jokowi bakal berlebaran di Jakarta
      Presiden RI Joko Widodo berencana berlebaran di Jakarta setelah beberapa tahun sebelumnya berlebaran di daerah. "Presiden rencananya melaksanakan Salat Id di Jakarta waktunya, ya, waktu Salat Idulfitri," kata Sekretaris ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: