Obama dan Indonesia

Seberapa Besar Perhatiannya?

Banyak harapan dunia pada Barack Obama, presiden baru Amerika Serikat. Di Indonesia saja, Obama diharapkan mampu menyelesaikan masalah Palestina. Kalangan Indonesia lain juga berharap Obama akan mengembalikan Amerika dalam pentas diplomasi dunia. Harapan terhadap Obama pendek kata bertumpuk-tumpuk. Mampukah Obama memenuhinya? Selain itu, akankah Obama punya perhatian khusus pada Indonesia, negeri tempat dia dibesarkan? Untuk menjawab semua pertanyaan ini Radio Nederland Wereldomroep menghubungi prof R. William Liddle, pakar senior Indonesia pada Ohio State University di Columbus, negara bagian Ohio.

R. William Liddle [RWL]: Kalau Anda bandingkan pidato pelantikan kedua presiden Bush empattahun lalu yang dia tekankan pada waktu itu kan adalah sikap agresif terhadap semua negara. Demokrasi misalnya akan dibawa ke negara-negara yang belum demokratis. Kita semua pada waktu itu mengerti apa yang dimaksudkannya sebab Irak didemokratisasikan dengan kekerasan.

Jadi sangat agresif kebijakan luar negeri Bush pada waktu itu. Tapi yang saya tangkap dari Obama, dia mengulurkan tangan ke dunia Muslim ya, mengulurkan tangan. Jadi dia ingin bekerjasama. Kalau kami diserang, dia bilang, ya tentu saja kami akan balas. Tapi kalau Anda ingin bekerjasama dengan kami, kami juga ingin bekerjasama dengan Anda. Kira-kira ira begitu. Jadi lebih setaraf, lebih berimbang.

Radio Nederland Wereldomroep [RNW]: Tapi dalam kasus Palestina ini kan agak runyam ya pak Liddle?

Obama akan berbeda?

RWL: Ini memang ujiannya dan saya pun agak pesimis tentang ini. Sebab saya tidak melihat bagaimana penyelesaian masalah Palestina ini. Kita harus ingat setiap presiden di Amerika baik dari partai Demokrat maupun partai Republik sangat mendukung eksistensi Israel.

Jadi kita mulai dengan itu ya. Dan selama ini tidak ada presiden Amerika yang berimbang di dalam kebijakannya terhadap Israel. Dalam pengertian mengatakan bahwa Palestina punya hak yang sama dan menegur Israel kalau menyerang Gaza, atau apa. Selalu terlalu keras terhadap Palestina, terlalu lunak kepada Israel. Dan saya belum melihat tanda bahwa Obama akan berbeda.

Tetapi kalau dia tidak berbeda, kalau dia tidak berubah ya, tidak akan membantu juga. Sebab memang diperlukan kebijakan baru, pendekatan baru dari Amerika dalam hal Palestina ini. Tapi saya mendengar pidato itu dan saya belum tahu apa sebetulnya yang akan dia lakukan.

RNW: Ya, dan soal Indonesia memang Obama tidak menyebut Indonesia dalam pidatonya itu. Tapi uniknya menlu Hillary Clinton di hadapan senat dua kali menyebut nama Indonesia, apa artinya ini?

RWL: Ya, hubungannya dengan Ann Dunham, ibunya Obama yang aktivis perempuan ketika dia tinggal di Indonesia dan juga ketika dia tinggal di Amerika. Saya kira akan ada perhatian khusus kepada Indonesia. Tapi harapan saya jangan di dalam rangka bisa memecahkan masalah Palestina atau masalah Timur Tengah lainnya.

Tapi dalam rangka ya, Indonesia sendiri atau Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara atau negara sedang berkembang negara demokrasi baru. Banyak alasan untuk mengunjungi Indonesia dan membuat pidato yang bagus di Indonesia, yang mengakui sesuatu yang baik di Indonesia, banyak alasan.

Obama akan ke Indonesia

Dan saya kira dia akan datang. Dua tahun pertama pemerintahan Obama, saya percaya dia akan datang ke Indonesia dan akan diambil foto di depan sekolahnya di Menteng, hal-hal seperti itu. Dan mudah-mudahan saya di Indonesia juga pada waktu itu, jadi saya bisa saksikan. Tapi hal-hal itu bisa dipakai untuk membuat hubungan yang lebih baik lagi antara Indonesia dengan Amerika. Tapi saya kira tidak akan berubah banyak.

RNW: Hillary Clinton memang menyebutkan Indonesia dua kali dalam urusan peranan perempuan dan kredit mikro. Apakah itu memang dia sendiri yang mengelola kebijakan itu sampai bisa muncul Indonesia gitu dalam dengar pendapat begitu?

RWL: Bisa, sebab sebagai menlu dan wanita, saya kira salah satu fokus kebijakannya pasti perempuan. Jadi dia memberikan sinyal tentang itu dan Indonesia juga bisa dipakai untuk itu. Tapi pasti Indonesia akan lebih diperhatikan. Obama tahu apa itu Indonesia, presiden-presiden sebelumnya belum tentu tahu apa itu Indonesia.

RNW: Tapi Bush dua kali sampai ke Indonesia, coba bandingkan dengan Amerika Latin yang dia cuma satu kali pergi di sana. Artinya Bush punya perhatianlah atas Indonesia dalam urusan teror mungkin. Obama akankah sama perhatiannya?

RWL: Ya, memang soal teror, pada waktu itu. Indonesia kan memilik geng teroris yang cukup penting di tingkat dunia. Jadi Bush terlibat dalam soal itu. Tapi lebih baik jangan diulangi lagi terorisme dari Indonesia.

RNW: Jadi katakan kalau Obama mau memberikan perhatian terhadap Indonesia bukan dalam konteks terorisme?

RWL: Bukan lagi saya kira, sebab itu sudah lebih tenang. Pasti mereka akan menggunakan simbol-simbol Islam. Sebab memang Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Dan klise itu akan diulangi berkali-kali, tapi jangan percaya bahwa ada dampak besar terhadap kebijakan, Itu saja yang ingin saya katakan.

RNW: Jadi akankah Obama bisa dua kali lipat perhatiannya atas Indonesia? Dua kali lipat dari Bush begitu?

RWL: Oh, bisa, bisa. Tapi jangan dalam rangka teroris tapi dalam rangka demokrasi yang dipuji atau perjuangan perempuan, kredit mikro dan lain sebagainya.

RANESI

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Aparat gabungan sita bambu runcing dan bom molotov di Kediri
      Aparat gabungan dari Kepolisian Resor Kediri Kota dan TNI merazia kawasan bekas lokalisasi Semampir di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, dan menyita sejumlah barang seperti bambu runcing serta bom molotov."Kami sudah ...
    • Persipura tanpa Bio dan Ricardinho hadapi Gresik United
      Tim Persipura Jayapura tanpa Bio Paulin Pierre dan Ricardinho da Silva saat melawan tuan rumah Gresik United dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di stadion Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Minggu (11/12). ...
    • Pencarian korban pesawat Polri libatkan 19 kapal
      Polri mengerahkan 19 kapal dan tiga pesawat untuk mencari korban pesawat Polri M-28 Sky Truck yang jatuh pada Sabtu (3/12) di perairan Kabupaten Lingga, Kepri. "Sembilan belas kapal dan tiga unsur udara dikerahkan pada ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: