Temui Hambali di Guantánamo Bay

SidneyJones.jpgPemerintah Indonesia akan kembali mengajukan permintaan untuk mewawancarai Hambali, satu-satunya warga Indonesia yang saat ini mendekam di kamp tahanan Guantánamo, di Kuba. Niat Jakarta ini jelas didorong oleh keputusan Presiden Barack Obama untuk menutup kamp tahanan itu. Untuk mencari tahu siapa Hambali dan bagaimana Jakarta bisa mengadilinya, Radio Nederland Wereldomroep menghubungi Sidney Jones, pakar muslim radikal Asia Tenggara pada International Crisis Group ICG di Jakarta.

Sidney Jones [SJ]: Hambali berasal dari Cianjur, lahir tahun 1966. Dia adalah seorang yangbergabung dengan kelompok Abu Bakar Baasyir dan Abdullah Sungkar, pada saat Jamaah Islamiyah didirikan di Malaysia pada tahun 1993, pada waktu pecah dengan gerakan Darul Islam.

Hambali pernah berada di Afganistan dan dialah yang jadi ketua operasi khusus untuk JI, mulai sekitar tahun 1999, kalau enggak salah. Dan dialah yang seperti menjadi pemimpin operasi bom Natal dan ada beberapa bom yang meledak di 11 kota di Indonesia pada malam Natal tahun 2000.

Dia juga di belakang bom-bom berikutnya dan juga membuka hubungan dengan Al Qaidah melalui Khalid Sheik Mohammed yang sekarang juga ditahan Guantánamo.

Radio Nederland Wereldomroep [RNW]Jadi orang ini berbahaya singkatnya?

SJ: Berbahaya. Tapi kita harus lihat bagaimana kondisi dia. Karena yang saya dengar dia disiksa setengah mati, pada saat dia ditahan. Dia ditangkap di Thailand pada bulan Agustus 2003, dan dibawa pertama ke pulau Diego Garcia di Samudra Hindia. Terus dibawa ke Yordania. Dan yang saya dengar siksaan yang paling berat. Justru terjadi di penjara rahasia di Yordania, sebelum dia ditransfer ke Guantánamo.

RNWKalau dia kembali ke Indonesia, masih seberapa besar pengaruhnya?

Proses hukum 
SJ: Saya kira pasti akan disambut sebagai pahlawan oleh jaringan JI dan orang-orang yang bersimpati dengan JI. Tetapi kekuatannya saya kira sudah tidak sebesar seperti yang dibayangkan, karena JI sendiri sekarang ini jauh lebih lemah. Dan banyak orang tidak setuju dengan operasi seperti yang dilakukan Hambali, pada masa JI masih dalam puncak kekuatannya.

Jadi, kita masih enggak tahu apakah dia akan dikembalikan ke Indonesia atau hanya ditransfer ke satu penjara lain di Amerika di mana ada proses hukum yang biasa saja, daripada proses khusus seperti yang dilaksanakan di Guantánamo. Jadi masih sama sekali enggak jelas bagaimana nasibnya.

Kami juga enggak tahu apakah pejabat-pejabat di KBRI di Washington akan dikasih akses kepada dia. Ada kemungkinan bahwa sekarang ini paling sedikit semua orang yang dinilai high value, atau nilai tinggi dalam perang terhadap teror, mungkin akan dikasih akses kepada pejabat-pejabat konsular.

RNWTetapi mana yang lebih untung buat Indonesia, apakah Hambali dikembalikan ke Indonesia atau tetap saja dibiarkan di Amerika?

Kumpul bukti 
SJ: Ya, sulit. Untuk Indonesia saya kira tidak begitu baik kalau dia dikembalikan Tetapi mungkin ada tuduhan yang bisa dilansir kepada dia di Indonesia, supaya daripada bebas saja bisa juga diproses untuk kejahatan-kejahatan yang dia lakukan supaya mungkin dia bisa dapat bonus yang cukup lama di sini. Jadi nggak tentu kalau dia dikembalikan ke Indonesia berarti bebas saja.

RNWNah Sidney, dari kejahatan yang Anda ceritakanan tadi itu, nampaknya Hambali ini hampir dipastikan akan kena hukuman mati kalau kembali ke Indonesia?

SJ: Nggak tentu juga, karena kami nggak tahu buktinya apa yang sudah dikumpulkan oleh polisi dan BIN yang bisa betul-betul diterima di pengadilan. Apalagi dia nggak bisa kena hukum anti teror karena kejahatan-kejahatan yang dia lakukan terjadi sebelum undang-undang anti teror diterapkan.

Paling sedikit polisi bisa pakai hukum darurat nomor 12 dari tahun 1951, di mana siapa saja yang memakai bahan peledak atau menjual bahan peledak bisa kena hukum seumur hidup, malah bisa kena hukuman mati. Tapi jarang hukuman darurat itu dikasih bonus hukuman mati. Tapi saya kira masih bisa dapat hukuman yang cukup berat.

RANESI

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • 7 cara manfaatkan tabir surya kedaluwarsa
      Coba periksa tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda untuk memastikan apakah masih berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.Tabir surya punya masa kedaluwarsa selama enam bulan setelah dibuka, kata perlindungan konsumen ...
    • Klasemen Liga Spanyol, Real Madrid tinggalkan Barcelona
      Berikut hasil pertandingan dan klasemen liga Spanyol pada Minggu waktu setempat. Pertandingan Minggu 4 Desember: Alaves 1 Las Palmas 1 Athletic Club 3 Eibar 1 Real Betis 3 Celta Vigo 3 Sporting ...
    • Beberapa mayat ditemukan lagi setelah gudang terbakar di Oakland
      Beberapa mayat ditemukan lagi pada Ahad (4/12), setelah petugas pencarian memasuki dua daerah lain di gudang yang terbakar 36 jam sebelumnya. Namun Sersan Ray Kelly dalam taklimat kedua pada Ahad, tak bersedia menyebutkan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: