Gencatan Senjata Jalur Gaza Goyah

simon_peres.jpg

George Mitchel dan Shimon Peres

Sementara Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Rabu lalu untuk pertama kali mengirim utusan khusus Timur Tengah ke kawasan, konflik di Jalur Gaza kembali terancam berkobar. “Perundingan di Kairomembuahkan hasil”, kata George Mitchell yang kemudian terbang ke Israel. Utusan khusus Mitchell akanbertemu dengan Otoritas Palestina, tapi pertemuan dengan Hamas, penguasa mutlak Jalur Gaza, tidaklah mungkin.

Amerika Serikat dan Uni Eropa menganggap Hamas sebagai organisasi teroris. Hubungan dengan organisasi itu dilakukan dengan perantara Mesir.

Namun, perundingan mengenai perpanjangan gencatan senjata terancam. Kemungkinan pecahnya kekerasan menghalangi jalannya perundingan. 

Balas dendam 
Seorang tentara Israel tewas Selasa lalu akibat ledakan proyekti di Jalur Gaza, dekat perbatasan masuk dengan Israel. Dua tentara menderita luka-luka. Israel membalas dan menewaskan seorang pria Palestina.

Rabu pagi Israel membobardir perbatasan di mana terdapat ratusan lorong bawah tanah dari Jalur Gaza ke Mesir. Israel menyatakan berbagai lorong bawah tanah tersebut menjadi jalur penyelundupan senjata dan suku cadang rudal.

Serangan militer Israel di Jalur Gaza selama 22 hari terakhir telah melemahkan Hamas namun tidak melumpuhkan mereka. Sejak hari pertama gencatan senjata Hamas kembali aktif. Walau para pemimpinnya masih terus bersembunyi, polisi Hamas sudah kembali melakukan aktivitas mengatur jalur lalu lintas di Kota Gaza.

Uang tunai
Para pegawai Hamas juga melakukan patroli guna mendaftar berbagai kerusakan yang terjadi akibat serangan Israel. Selain itu mereka juga mendata jumlah korban tewas.

“Kami bertindak seperti pemerintahan lain pada umumnya”, kata Mohammed Abu Askar, pejabat Hamas di Jabalia, wilayah yang menderita kerusakan parah. Mosab, asistennya, membagi-bagikan uang tunai kepada warga yang rumahnya rusak. “Ini adalah bantuan darurat Hamas untuk meringankan beban para korban”, kata Mosab.

“Akhir minggu ini para korban bisa mengambil uang di kantor pos”, kata Yusuf al-Mansi, Menteri Pekerjaan Umum Hamas, dalam sebuah wawancara. Sepuluh menit kemudian interview dihentikan. Para penjaga mengevakuasi sang menteri karena ada berita Israel akan kembali menyerang bangunan pemerintah.

Gencatan senjata di Jalur Gaza ternyata masih sangat rentan.

Eskalasi
Menyusul kembali memanasnya situasi, Mesir mencoba menengahi keadaan. Delegasi Hamas dan Israel berkunjung ke Kairo untuk membicarakan perpanjangan gencatan senjata selama satu atau satu setengah tahun.

Menlu Mesir Abou Gheit memperkirakan akan keluar kesepakatan pada minggu pertama Februari. Itu akan berarti pembukaan kembali jalur masuk ke Gaza yang diblokade Israel sejak 2007.

Israel dan Mesir menyatakan jalur masuk hanya akan dibuka apabila wilayah Gaza kembali di bawah kekuasaan Otoritas Palestina. Selain itu Israel juga mensyaratkan pembebasan Shalit, tentara yang ditawan Hamas sejak Juni 2006.

Kedaulatan 
Mesir khawatir kegagalan perundingan gencatan senjata akan mengancam kedaulatannya. Sebelumnya Kairo sudah menolak usulan pengiriman tentara internasional untuk menghalangi penyelundupan senjata dari Gurun Sinai.

Usulan Uni Eropa untuk mengirimkan kapal marinir guna berpatroli di pantai dekat Jalur Gaza juga tidak disambut positif. Menlu About Gheit memperingatkan rencana-rencana tersebut hanya akan memperburuk hubungan Eropa dan Arab. “Anda harus memperhatikan perasaan warga Arab dan muslim”, katanya.

ALEXANDER WEISSINK – RANESI

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Cagub Sumatera Utara berpawai
      Peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, calon gubernur Edy Rahmayadi bersama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus, berpawai untuk memperkenalkan diri kepada ...
    • KPU ajak cagub NTB adu gagasan-program saat kampanye
      Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak para calon gubernur dan wakil gubernur peserta pemilihan kepala daerah NTB 2018 memanfaatkan masa kampanye untuk menyampaikan gagasan dan program pembangunan ke pada pemilih dalam acara ...
    • Ternate akan berlakukan jam malam bagi pelajar
      Pemerintah Kota Ternate sedang menyiapkan peraturan untuk memberlakukan jam malam bagi pelajar guna mencegah mereka melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. "Peraturan Wali Kota Ternate ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: