Turki dan Israel: Tetap Bersekutu?

Perdana Menteri Turki Reçep Tayyip Erdogan menjadi sorotan internasional karena berani bertikai secara terbuka dengan Presiden Israel Shimon Peres. Kamis malam, di KTT Davos, Erdogan keluar dari debat tentang Jalur Gaza. Menariknya, Turki dan Israel selalu menganggap diri sebagai sekutu, tetapi hubungan kedua negara sulit sejak Perdana Menteri Erdogan berkuasa. Perang di Gaza juga nyaris membuat Turki putus dari Israel. Masih belum jelas apa dampak konflik terbuka di Davos, yang jelas di dalam negeri Perdana Menteri Erdogan makin populer. Laporan koresponden Dorian Jones dari Istambul.

Di pagi hari ribuan orang berkumpul di bandara Istanbul, Turki menyambut kedatangan pahlawan mereka, perdana menteri Reçep Tayyip Erdogan. Pemerintah kotamdaya memerintahkan kereta-kereta bawah tanah beroperasi agar masyarakat bisa pergi ke bandara dari berbagai tempat di kota tersebut.

 

Eluan Massa
Massa mengelu-elukan “Kami banggga akan dirimu dan kami akan selalu mendukungmu” ketika sang perdana menteri akhirnya keluar dari pesawat. Sewaktu mengucapkan sambutan di depan massa, Erdogan jelas kelihatan berapi-api:

Reçep Tayyib Erdogan: Kita bilang satu hal, apa itu? Kita katakan kita akan tegar berdiri, tapi tidak akan bertikai. Kita tegar berdiri, dan terus berdiri tegar. Inilah yang diharapkan dari bangsa Turki.

Keputusan Erdogan untuk meninggalkan ruang diskusi dengan Presiden Israel Shimon Peres mendominasi media Turki. Sebelum meninggalkan tempat ia mengucapkan kecaman panjang ke arah Presiden Peres, “Kamu membunuh anak-anak di Gaza” demikian Erdogan. Dan massa di jalan-jalan Istambul kebanyakan mendukung sikap keras yang dilontarkan perdana menteri Turki ini.

Suara Rakyat: Saya dukung perdana menteri, penting untuk bicara soal apa yang terjadi di Gaza, karena dunia bisu. Ia benar karena sudah berbuat demikian.


Posisi Penengah Turki
Walk-out Erdogan di Davos adalah klimaks dari rangkaian kritikan pedas sehubungan ofensif Israel di Gaza. Awal Januari ini Erdogan mengutuk Israel sehubungan aksi mereka, menuduh pemerintah Tel Aviv melakukan kejahatan kemanusiaan, dan menyerukan agar Israel dikeluarkan dari keanggotaan PBB.

Biasanya Israel dan Turki punya hubungan yang cukup kuat. Dan retorika anti-Israel ini mengejutkan banyak negara di dunia. Hubungan baik dengan Israel dan negera-negara Arab semakin menguatkan posisi Ankara sebagai penengah di wilayah tersebut. Selama 18 bulan terakhir Turki menjadi perantara antara Israel dan Suriah. Tapi pembicaraan berakhir setelah ofensif Israel di Gaza. Pengamat politik Nuray Mert mengatakan sikap Erdogan yang keras bisa berakhir dengan krisis diplomatik yang serius.

Nuray Mert: Ini merusak citra kami, karena Turki ingin tampil sebagai kekuatan penengah di Timur Tengah, atau sebagai kekuatan netral. Dan reaksi pribadi perdana menteri terhadap warga Palestina dan konflik Gaza dinilai dari kenyataan bahwa dia beraliran muslim dan tidak suka Israel.

 

AK Pro-Hamas 
Sejak Erdogan dan Partai Ak-nya berkuasa, semakin berkembang keraguan dan tuduhan baik dari dalam maupun luar negeri mengenai sang perdana menteri dan partainya Islam ini. Dukungan kuat Erdogan terhadap Hamas dan kemarahan terakhirnya terhadap Israel semakin memperkuat tuduhan tersebut. Tetapi perdana menteri Turki itu menyatakan peran baru pemerintahnya sebagai penengah antara Hamas dengan negara-negara Arab. Inilah pesan yang ingin disampaikan Erdogan kepada perantara Timur Tengah Amerika Serikat yang baru George Mitchell, yang akan berkunjung ke Turki Ahad ini. Tetapi para analis menyatakan sikap bermusuhan di Davos bisa menyebabkan Amerika dan Israel menganggap Turki sebagai sebuah kendala dan bukannya sebagai pendukung proses perdamaian.

DORIAN JONES (di Istambul) – RANESI

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Sering terbang? Ini alasan kulit harus dirawat ekstra
      Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam pesawat terbang bisa jadi berita buruk bagi kulit Anda. Kelembaban rendah dan terpaan pendingin udara membuat kulit jadi kering.Dr. Radityo Anugrah yang memiliki spesialisi di bidang kulit ...
    • Yogyakarta kukuhkan Satgas Saber Pungli
      Kota Yogyakarta kini memiliki Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar setelah dikukuhkan secara resmi oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo, Selasa. "Kami akan segera melakukan koordinasi internal untuk ...
    • Pemerintah keluarkan harga patokan ayam
      Kementerian Pertanian mengeluarkan harga patokan ayam ras pedaging melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26/2016 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras.Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menandatangani revisi ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: