JK Berbagi Tips Jadi Penengah Konflik

Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi memiliki dua gelar doktor kehormatan (honoris causa) mulai kemarin (2/2). Gelar pertama diberikan Universitas Malaya Malaysia dan yang kedua dianugerahkan oleh Universitas Soka Jepang kemarin. Gelar doktor kehormatan Universitas Sokadiberikan oleh Presiden Soka University Hideo Yamamoto pada sidang senat terbuka di kampus Universitas Soka, Tokyo.

Dalam kesempatan itu Kalla berbagi tip bagaimana memelihara sebuah perdamaian melalui orasi ilmiah berjudul Peace dan National Building. Menurut Jusuf Kalla, Indonesia telah berhasil menyelesaikan berbagai konflik dalam negeri seperti Poso, Aceh, dan Maluku. Selain itu, Indonesia ikut ambil bagian dalam proses perdamaian di sejumlah negara.

’’Prinsip yang kami terapkan untuk mencapai perdamaian harus berdialog dan kompromi. Satu pihak saja merasa punya hak veto, sama dengan mengundang kesulitan,’’ kata Kalla. Selain berdialog, antara tokoh-tokoh yang berdialog harus ada yang bersifat personal, memiliki hubungan baik, dan saling percaya.

Pihak yang terlibat perundingam, kata Kalla, harus diketahui dengan tepat siapa orangnya, jabatannya, pendidikannya, kawan-kawannya, idenya, dan seberapa jauh kekuatannya. Tantangan saat ini bagi Indonesia adalah memelihara perdamaian itu sendiri. Sebab, kata Kalla, memelihara perdamaian sama sulitnya dengan mewujudkan perdamaian. ”Karena itu, ada empat langkah yang kami lakukan sebagai juru damai,” ujarnya.

Yang pertama, memelihara hubungan baik dengan tokoh-tokoh konflik. Ini untuk mengikis trauma atas konflik yang pernah terjadi. Kedua, kata Kalla, memelihara martabat. Harus dipahami bahwa dalam konflik tidak ada pihak yang menang. ’’Semua pihak harus mengutamakan harga diri orang. Jangan ada pihak yang dipermalukan. Tidak ada orang yang mau dipermalukan di depan umum,’’ kata Kalla.

Langkah ketiga, lanjut Kalla, mencegah timbulnya masalah baru. Setelah terjadi perdamaian, kedua pihak harus benar-benar menutup lembaran konflik. Kemudian yang keempat adalah saling percaya dan taat pada kesepakatan. ’’Kalau empat hal ini dilakukan, perdamaian itu akan langgeng. Damai itu indah, menyejukkan,’’ kata ketua umum Partai Golkar tersebut.

Wapres juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Soka yang telah memberikan gelar tersebut. Kalla merasa bangga karena yang memberikan adalah kampus besar yang memiliki concern terhadap perdamaian.

Di Universitas Soka yang merupakan perguruan tinggi milik Sokka Gakkai Internasional, yayasan Buddha, Kalla mendapat sambutan hangat. Begitu tiba di hall kampus, dia disambut ucapan selamat datang oleh 50 mahasiswa dan mahasiswi. Kemudian rombongan Kalla dan Ny Mufidah Kalla disambut uga dengan tari haha atau tarian ibu yang dibawakan empat mahasiswi berpakaian kimono diiringi paduan suara mahasiswa.

Presiden Universitas Soka Hideo Yamamoto mengatakan, pemberian gelar doktor kepada Kalla merupakan usul langsung dari Presiden Gakkai Internasional Daisaku Ikeda. Peran Wapres dalam mewujudkan perdamaian telah diamati sejak lama oleh Univesitas Soka.

Apalagi banyak negara yang berkonsultasi kepada Kalla untuk meniru pola perdamaian yang diterapkan di Indonesia. ’’Kami juga merasa terhormat memberikan gelar ini. Kami berharap makin besar peranan Wakil Presiden Jusuf kalla dalam mewujudkan perdamaian dunia,’’ kata Yamamoto. Selain mendapat gelar doktor kehormatan, Kalla mendapat pin pengajar di kampus tersebut.

Sebelum meninggalkan kampus, Kalla sempat bertemu dua mahasiswa Indonesia yang kuliah bahasa Jepang. Yakni Putri Adriani dan Handrio Nurhan. Kalla meminta keduanya ikut menjaga nama baik bangsa. Hadir di acara tersebut Dubes Ri di Jepang Jusuf Anwar, Mendiknas Bambang Sudibyo, Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang Rahmat Gobel, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi.

Sore kemarin rombongan Kalla bertolak ke Washington D.C. untuk menghadiri undangan dari kongres Amerika Serikat. Kalla direncanakan berpidato di depan kongres tentang masalah perdamaian dan penyelesaian konflik.

FAJAR

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • 7 cara manfaatkan tabir surya kedaluwarsa
      Coba periksa tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda untuk memastikan apakah masih berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.Tabir surya punya masa kedaluwarsa selama enam bulan setelah dibuka, kata perlindungan konsumen ...
    • Klasemen Liga Spanyol, Real Madrid tinggalkan Barcelona
      Berikut hasil pertandingan dan klasemen liga Spanyol pada Minggu waktu setempat. Pertandingan Minggu 4 Desember: Alaves 1 Las Palmas 1 Athletic Club 3 Eibar 1 Real Betis 3 Celta Vigo 3 Sporting ...
    • Beberapa mayat ditemukan lagi setelah gudang terbakar di Oakland
      Beberapa mayat ditemukan lagi pada Ahad (4/12), setelah petugas pencarian memasuki dua daerah lain di gudang yang terbakar 36 jam sebelumnya. Namun Sersan Ray Kelly dalam taklimat kedua pada Ahad, tak bersedia menyebutkan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: