Minta Maaf jika Gagal, tetapi Menolak Jadi Cawapres

Sultan Hamengku Buwono X menyatakan siap kalah dalam bursa pencalonan presiden 2009. Jika akhirnya tidak mendapatkan sekoci politik yang akan membawanya menjadi calon presiden, Sultan HB akan mengembalikan mandat dan meminta maaf kepada seluruh pendukungnya.

Meski demikian, Sultan tidak bersedia maju, maupun dicalonkan sebagai wakil presiden (cawapres) dari partai mana pun dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 .

Hal itu diungkapkan Sultan HB X di Keraton Yogyakarta, Rabu (4/2) malam saat bertemu dengan pimpinan media massa di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta para wartawan dalam forum ”Sultan Mendengar”. ”Kalau kalah saya akan meminta maaf kepada rakyat,” katanya.

Sultan mengatakan, siap memberikan penjelasan melalui Pisowanan Agung,—forum bertamunya rakyat ke keraton—jika masyarakat menginginkannya. Sebab Sultan mendeklarasikan sebagai capres juga dalam forum itu, Oktober 2008 lalu.

Menurut Sultan, jika itu terjadi berarti tempat pengabdiannya memang bukan sebagai presiden.

Sultan mengatakan, menjadi capres bukan keinginannya pribadi, namun atas dorongan dari masyarakat di berbagai daerah. Dukungan yang diberikan berbagai elemen masyarakat kepadanya adalah sebagai capres bukan cawapres. ”Saya itu maju sebagai capres karena dapat banyak surat dari Sumatera Utara sampai Papua yang mendorong saya supaya jadi capres, bukan sebagai cawapres,” ujarnya.

Sultan menuturkan, kalau nekat menjadi cawapres masyarakat yang telah mendukungnya sebagai capres menyatakan siap ”balik kanan” alias menarik dukungan. Sultan mengaku, saat muncul wacana ia bakal digandeng sebagai cawapres PDI-P mendampingi Megawati Soekarnoputri, telepon genggamnya penuh SMS yang menyatakan siap menarik dukungan.

Karena faktor dorongan dari masyarakat itulah, Sultan menyatakan tidak membentuk tim sukses. Sampai saat ini belum ada partai politik yang secara resmi menyatakan akan mengusung Sultan sebagai capres kecuali Partai Republikan.

KOMPAS

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Cagub Sumatera Utara berpawai
      Peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, calon gubernur Edy Rahmayadi bersama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus, berpawai untuk memperkenalkan diri kepada ...
    • KPU ajak cagub NTB adu gagasan-program saat kampanye
      Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak para calon gubernur dan wakil gubernur peserta pemilihan kepala daerah NTB 2018 memanfaatkan masa kampanye untuk menyampaikan gagasan dan program pembangunan ke pada pemilih dalam acara ...
    • Ternate akan berlakukan jam malam bagi pelajar
      Pemerintah Kota Ternate sedang menyiapkan peraturan untuk memberlakukan jam malam bagi pelajar guna mencegah mereka melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. "Peraturan Wali Kota Ternate ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: