Kalla Wapres Pertama Diterima Joe Biden

Wapres Jusuf Kalla berbincang dengan Wapres AS Joe Biden dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (5/2) dini hari WIB.

Wapres Jusuf Kalla berbincang dengan Wapres AS Joe Biden dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (5/2) dini hari WIB.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menjadi tamu pertama yang diterima Wapres Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang baru 16 hari menjabat sebagai pembantu Presiden Barack Obama.

Pertemuan keduanya berlangsung dalam suasana hangat dan santai selama 45 menit dari agenda semula 30 menit. ”Jadi saya wapres pertama yang diterima Wapres Joe Biden,” kata Wapres Jusuf Kalla di Washington DC, AS, kemarin. Wapres Jusuf Kalla diterima di Kantor Wapres Joe Biden yang berada di West Wing Gedung Putih.

Menurut Kalla, sebenarnya Joe Biden belum siap menerima tamu karena kabinetnya juga belum dilantik.”Namun karena wapres dari Indonesia akhirnya saya diterima,”kata Kalla. Dalam pertemuan tersebut banyak dibicarakan peningkatan kerja sama antara kedua negara. Wapres mengaku dalam pertemuan itu tidak meminta bantuan apa pun kepada AS. ”Justru Wapres Joe Biden kaget. Biden bertanya apa yang bisa saya bantu?”kata Kalla. 

Saat itu, Kalla menyatakan yang sebaliknya bahwa Indonesia tidak meminta apa-apa. Pihaknya hanya memberikan saran agar AS segera menyelesaikan masalah Palestina. Kalla menjelaskan, Indonesia menunggu langkah lanjutan yang dilakukan Presiden AS Barack Obama dalam hubungannya dengan negara-negara Islam maupun dalam perbaikan ekonomi. 

”Orang berharap banyak dengan Presiden Obama, karena itu kita menunggu langkah-langkahlanjutandalam penanganan soal radikalisme, soal yang berhubungan dengan negara-negara Islam serta dalam perbaikan ekonomi,”kata Kalla. Menurut Kalla, Presiden Barack Obama memberikan pengaruh yang besar bagi dunia. Dia mencontohkan, menjelang dilantiknya Presiden Obama, Israel mengumumkan gencatan senjata dengan kelompok Hamas,Palestina. 

Selain itu, dalam sepekan setelah dilantik, Obama memerintahkan ditutupnya Penjara Guantanamo di Kuba. ”Presiden Obama banyak memberikan perubahan kepada negara-negara Asia dan Islam, khususnya dalam perdamaian,” kata Wapres. Namun, kata Kalla,semua itu tergantung bagaimana AS memperbaiki hubungan dengan negara-negara Islam. Sebelum pertemuan dengan Biden, Kalla berkunjung ke Wisma Indonesia di Washington DC.

Kepada warga Indonesia yang tinggal di AS, Kalla berkomentar tentang aksi unjuk rasa anarkistis di Medan yang menewaskan Ketua DPRD Abdul Azis Angkat. Kalla mengatakan, dirinya telah memerintahkan aparat kepolisian segera menindak tegas siapa saja yang menjadi pelaku demo anarki itu. ”Saya sudah bicara dengan Kapolri dan pemerintah harus tegas menindak caracara berdemokrasi seperti itu,”kata Kalla. Menurut Wapres, caracara berdemokrasi yang anarkistis seperti itu harus ditindak supaya jangan sampai terulang. 

Mengenai pemekaran wilayah seperti yang dituntut para pengunjuk rasa dalam insiden tersebut, Wapres menjelaskan bahwa permintaan pemekaran wilayah harus berasal dari masyarakat. 

Kemudian diteruskan ke DPRD baru ke pemerintah pusat dan DPR. ”Pemekaran dimungkinkan selama memberikan manfaat kepada masyarakat dan tahun 2009 ini tidak ada lagi pemekaran.Itu tak boleh dipaksakan, makanya kita lakukan moratorium,” kata Wapres.

SINDO

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: