Abu Karim: Idealis dan Berwawasan Luas

Aceh-close-up-map.jpg

Pembunuhan Anggota Komisi Peralihan Aceh

Hari-hari belakangan dua anggota Komisi Peralihan Aceh KPA ditembak mati dan satu lagi luka-luka. Mereka ditembaki orang tak dikenal. Salah satu korban jiwa adalah Dedi Novandi alias Abu Karim. Siapa sebenarnya tokoh ini? Lebih jauh penjelasan Abdul Mukti, wartawan harian Serambi Aceh.

Abdul Mukti [AM]: Dedi Novandi alias Abu Karim seorang anggota KPA, kabupaten Bireuen, Selasa tanggal 3 Februari sekitar pukul 23.00 meninggal dunia dalam mobil, begitu tiba di depan rumahnya.

Keterangan yang kami himpun di lapangan, dia baru saja pulang dari luar rumah namun setibanya di depan rumahnya, dari tempat parkir mobil biasa tiba-tiba pada saat itu ada suara dentuman yang agak keras.

Namun pada saat itu warga tidak ada yang berkeliaran di kawasan itu. Hanya saja mereka mendengar suara letusan. Namun beberapa saat kemudian baru warga keluar rumah melihat ada suara gaduh, orang yang mengecek di tempat terjadinya ledakan.

Warga mendekat, begitu mendekat. Begitu mendekat, terlihatlah kepulan asap, kemudian dilihat Abu Karim ini dalam mobil, dalam kondisi yang berlumuran darah.

Beberapa saat warga yang curiga dengan kejadian itu, pertamanya mereka memperkirakan Abu Karim itu menjadi korban ledakan mobil. Mobilnya yang ada onderdil di dalamnya yang korslet, sehingga dia meledak.

Kemudian warga belum meyakini bahwa itu ditembak. Kemudian baru warga baru membawanya ke rumah sakit umum dokter Fauziah Bireuen. Beberapa saat kemudian aparat keamanan langsung ke TKP dan ke rumah sakit Bireuen.

Siapa Abu Karim

Radio Nederland Wereldomroep [RNW]Apa sebenarnya jabatan Abu Karim ini?

AM: Kalau di organisasi KPA, menurut informasi yang kami himpun, dia menjabat sebagai sekretaris KPA wilayah Batee Illiek.

RNWJadi sekretaris KPA ya, latarbelakangnya apa? Dia adalah orang GAM ya?

AM: Ya, dia memang mantan kombatan. Tetapi selama ini hampir semua kalangan dia bergaul. Dia akrab dengan pihak aparat keamanan, sering berkomunikasi. Bahkan dia orangnya idealis.

Jadi dengan pihak kami wartawan yang ada di Bireuen juga dia sering berkomunikasi bahkan sering kami bertukar pikiran.

Pada saat sebelum kejadian itu, beberapa jam sebelumnya dia sempat duduk ngobrol dengan bupati Bireuen, Tengku Nurdin Abdurahman dan gubernur yang kebetulan lagi mengunjungi kabupaten Bireuen.

Pada saat itu gubernur sempat menyampaikan bahwa bagaimana nih caranya kita memberi pemahaman kepada masyarakat tentang hal-hal yang menyangkut dengan pemilu. Supaya masyarakat tidak awam, dan tidak ada yang tidak mengerti tentang pemilu yang akan datang.

Bahkan pada saat itu Abu Karim ini dengan kerelaannya bahwa dia ingin membantu pihak pemerintah dalam mensosialisasi pemilu legislatif.

Siapa Pembunuhnya

RNWTampaknya dia tidak punya musuh ya, sebenarnya?

AM: Dilihat sepintas memang dia orangnya berwawasan luas. Dan setelah terjadinya damainya Aceh, dia saya lihat lebih cenderung banyak berkawan dengan semua kalangan. Bahkan sebelumnya ada waktu masih eksisnya pihak kombatan GAM, memang kita nggak ketahui bahwa dia apa ada musuh sebelum damainya Aceh.

Yang jelas, setelah damainya Aceh, Abu Karim ini sudah bergaul dengan semua kalangan. Termasuk dengan pihak Kapolres sering berunding. Bahkan kalau ada anggota KPA ada yang kira-kira keliru atau kesalahan di lapangan, dia sendiri mau menjembatani dan akan menyampaikan nasehat-nasehat yang kira-kira itu tak benar.

Kemudian dia sering menasehati apabila memang ada hal-hal yang keliru. Dia orangnya bisa diajak diskusi, bisa diajak bicara tentang wawasan bahkan termasuk politik gitu.

Kejutan Bagi Masyarakat Aceh

RNWYa, jadi dengan demikian bung Mukti, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya sekarang kematian Abu Karim ini betul-betul kejutan besar, dan juga orang masih bertanya-tanya siapa yang membunuhnya gitu ya, sangat tidak jelas ini ya?

AM: Ya, memang demikian, tapi masyarakat tidak bisa menebak siapa yang membunuh, atau kenapa dia dibunuh. Inilah yang masih bertanya-tanya dengan masyarakat.

Bahkan kami sebagai jurnalis belum ada titik terang yang mengarah ke sesuatu kelompok, atau seseorang yang dicurigakan belum mencuat ke permukaan, bahkan belum ada yang melaporkan demikian kepada kami media.

Dampak Pembunuhan

RNWApa dampak pembunuhan ini terhadap perdamaian Aceh?

AM: Kapolres Bireuen mengharapkan musibah yang dialami oleh Abu Karim ini supaya tidak terpancing. Ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengeruhkan suasana kembali Aceh supaya Aceh tetap kacau apalagi menjelang, menghadapi pemilu legislatif beberapa bulan kemudian.

Jadi saya kira sampai saat ini reaksi masyarakat ya, sekedar hanya memperlihatkan kok bisa ya. Karena selama ini Abu Karim sering berjalan sendiri, bahkan dia sering aktif baca internet. Jadi ada pertemuan misalnya antara tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh GAM, itu kadang-kadang Kapolres sering mengundang beliau yang mewakili pihak KPA.

Reintegrasi Kombatan

RNWSalah satu masalah umum yang dihadapi KPA dan semua orang tahu adalah bahwa reintegrasi kombatan ini menghadapi kesulitan ya, bagaimana reintegrasi kombatan di Bireuen menurut Anda bang Mukti?

AM: Memang masalah reintegrasi kalau kita bilang masalah ketidakadilan, masalah ketidakmerataan itu memang sulit kita nilai, tapi mungkin ada pihak yang belum terkoordinir atau pun belum terorganisir sehingga ada yang belum mendapat perhatian.

Tapi saya lihat itu bukan unsur kesengajaan dari pihak pemerintah atau pun dari pihak KPA sendiri. Itu bahkan sering saya lihat di kedua daerah sendiri di mana masyarakat yang belum mendapatkannya sehingga mereka diverifikasi ulang, kemudian didata ulang.

Jadi ada pihak, misalnya pemerintah kalau dikritik oleh masyarakat, saya lihat itu tanggap. Bahkan oleh pihak BRDA sendiri diketuai oleh Nur Djuli juga pernah mewakili pihak GAM dalam perundingan kemarin di Helsinki, saya lihat beliau salah tanggap.

Makanya kalau ada laporan dari masyarakat tentang ada pemotongan bantuan sedikit pun, beliau bereaksi. Beliau mengatakan di koran, menjawab bahwa itu tidak boleh dipotong.

Kalau memang ada pihak kombatan GAM yang belum mendapat bantuan, itu mungkin bukan unsur kesengajaan dari mereka, bahkan kadang-kadang ada yang disuruh lapor, ataupun ada mereka yang belum terdata sehingga inilah yang mencuat seakan-akan kesenjangan di antara mereka. Padahal saya lihat itu bukan unsur kesengajaan dari pemerintah dan dari pihak KPA-nya sendiri.

Integrasi Aceh

RNWAnda mengatakan itu bukan unsur kesengajaan, tapi masalah ini banyak timbul di Aceh ya, soal integrasi ini kembali disinggung-singgung gitu, apakah sekarang kematian Abu Karim juga dikaitkan dengan integrasi yang tidak beres-beres itu?

AM: Kalau saya lihat kayaknya tidak ada kaitan dengan masalah reintegrasi. Bahkan saya sendiri belum bisa menebak, belum bisa menjawab yang pas karena kebetulan saya belum ada yang saya temukan satu indikasi yang mengarah kesitu.

Tanggapan Aparat Keamanan

RNWDan juga tidak ada indikasi sebaliknya kan dari aparat keamanan gitu yang berkaitan dengan kematian ini kan?

AM: Saya lihat aparat keamanan paling respon. Begitu mereka mendengar ada musibah, mereka langsung terjun ke lapangan. Karena saya lihat Abu Karim selama ini – saya nggak tahu di dalam batin beliau itu – tetapi kalau saya lihat dari permukaan luar, beliau itu kalau saya lihat kayaknya semua kalangan bergaul.

Kemudian dari pihak TNI maupun dengan pihak polisi, sering komunikasi bahkan ada sesuatu hal yang terjadi tentang masalah keamanan, itu kadang-kadang Kapolres sering duduk-duduk dengan pihak-pihak. Bahkan mereka merespon.

Bahkan waktu kepemimpinan Saladin sekarang di polres Bireuen, itu saya lihat pak Saladin ini merangkul semua elemen masyarakat untuk menciptakan bagaimana perdamaian ini berjalan langgeng dan sukses.

Bahkan Bireuen ini pernah dijadikan satu model untuk menciptakan damai Aceh, sehingga yang selama ini ada terjadi kesenjangan, selama ini terjadi ketidakmerataan, ketidakadilan atau ketidakpedulian pihak pemerintah yang selama ini dinilai oleh sebagian kalangan masyarakat, sangat lebih dominan.

Bahkan lebih depan beliau maju untuk merangkul semua elemen masyarakat. Bahkan saya lihat pak Saladin dengan semua unsur KPA, saya lihat beliau tetap menjalin hubungan yang sangat harmonis. Bahkan kadang-kadang ada pertemuan di situ, ada TNI, ada KPA, itu biasa.

Dan bahkan Saladin ini sering menjembatani, sering memfasilitasi ada hal-hal yang kira-kira akan menjadi sesuatu yang mengganggu ketertiban atau atau pun keamanan lingkungan, atau pun stabilitas keamanan.

Itu Saladin kadang-kadang memanggil untuk duduk bersama bagaimana ini jalannya. Istilahnya ayo kita sama-sama mempertahankan damai Aceh ini. Mari kita sama-sama kita menjaga perdamaian ini.

RANESI

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Sering terbang? Ini alasan kulit harus dirawat ekstra
      Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam pesawat terbang bisa jadi berita buruk bagi kulit Anda. Kelembaban rendah dan terpaan pendingin udara membuat kulit jadi kering.Dr. Radityo Anugrah yang memiliki spesialisi di bidang kulit ...
    • Yogyakarta kukuhkan Satgas Saber Pungli
      Kota Yogyakarta kini memiliki Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar setelah dikukuhkan secara resmi oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo, Selasa. "Kami akan segera melakukan koordinasi internal untuk ...
    • Pemerintah keluarkan harga patokan ayam
      Kementerian Pertanian mengeluarkan harga patokan ayam ras pedaging melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26/2016 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras.Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menandatangani revisi ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: