Pemilu Israel Berdampak bagi Proses Perdamaian

Israel menuju ke tempat pemungutan suara Selasa depan. Pemilu ini tidak disangsikan akan berdampak terhadap prospek perdamaian Timur Tengah. Melihat peta politik mutakhir Israel, tampaknya mayoritas kanan akan keluar sebagai pemenang dan ini tentunya bisa semakin mengobarkan ketegangan di kawasan. Laporan redaktur siaran Inggris Davion Ford.

Seluruh indikator menunjukkan pergeseran peta politik Israel ke kanan. Partai-partai yang menghendaki langkah keras dalam menghadapi Palestina seperti Likud dan Yisreal Beiteinu, berada di atas angin dalam jajak pendapat. Sementara suara-suara yang mendukung konsesi dengan Palestina, terutama Meretz, justru merosot.

Tapi adilkah mengatakan Israel akan makin keras terhadap Palestina?

Makin keras
Philip Wilcox pernah menjabat duta besar Amerika Serikat untuk Israel. Ia berpendapat Israel tidak akan melunak terhadap Palestina. Saat ini, Willcox adalah akademikus pada Lembaga Timur Tengah di Washington DC. Dalam wawancara dengan Radio Nederland, ia mengatakan Israel tampaknya akan menempuh kebijakan yang makin keras terhadap Palestina. Menurut Willcox, berlanjutnya kekerasan selama delapan tahun terakhir serta ambruknya perjanjian perdamaian Oslo, memupus optimisme di Israel bahwa perdamaian itu bisa dirundingkan.

Philip Wilcox: ‘Pengalaman tahun-tahun terakhir telah menimbulkan kekecewaann di kalangan warga Israel bahwa perdamaian itu mungkin. Itu memperlemah pengaruh partai-partai kiri tengah yang menghendaki perdamaian dan kompromi. Sebaliknya ini justru memperkuat unsur-unsur garis keras di Israel.’

Willcox yakin rata-rata warga Israel kurang menghendaki kompromi dengan pihak militan Palestina sebagai pilihan yang bisa diwujudkan. Dan sementara makin jelas bahwa aksi-aksi Hamas telah membuat perdamaian makin jauh, Willcox mengatakan Israel juga menolak mengambil langkah untuk berdamai dengan Palestina. Kekhawatiran khusus adalah ketidakbersediaan Yerusalem untuk menghentikan perluasan pemukiman Yahudi. Wilcox mengatakan pemerintah kanan tengah yang kelihatannya akan muncul dari pemilu pekan depan, tampaknya tidak akan begitu tertarik untuk berkonsesi, memperlancar roda perdamaian.

Philip Wilcox: ‘Pemerintah kanan tengah akan meningkatkan rasa putus asa di kalangan rakyat Palestina dan dorongan radikal untuk menggunakan kekerasan.’

Penghambat perdamaian
Tidak diragukan lagi, baik Israel maupun Palestina sama-sama bertanggungjawab atas pelbagai kesulitan mencapai perdamaian. Tetapi menurut Wilcox, hambatan terbesar menuju perdamaian adalah dukungan tanpa batas yang diterima Israel dari pemerintah Amerika. Itulah sebabnya Wilcox berharap pemerintah baru Amerika bisa datang dengan pendekatan baru.

Philip Wilcox: ‘Sudah bertahun-tahun Amerika tidak menggunakan segenap pengaruh politik dan moralnya sebagai penengah. Tapi sekarang mungkin saja, pemerintahan Obama akan bekerja lebih keras untuk mengubah tragedi ini.’

 

Pemilu Israel

Menurut jajak pendapat, Partai Likud pimpinan Benjamin Netanyahu berada di garis depan, mengalahkan saingannya Kadima dan partai buruh Avoda. Likud adalah partai kanan yang menghendaki langkah keras terhadap kalangan militan Palestina. Sebagai bekas perdana menteri, jajak pendapat menunjukkan Netanyahu tampaknya akan kembali memangku jabatan itu.

Kadima menduduki peringkat kedua pada jajak pendapat. Partai dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Tzipi Livni. Kadima adalah partai kanan tengah, agak kiri dibandingkan Likud. Walau demikian, dalam perang tiga minggu di Gaza, Kadima tampil dengan tindakan keras terhadap Palestina.

Partai Buruh yang beraliran kiri adalah sosial demokrat dan Zionis. Pemimpinnya, Ehud Barak, sekarang menjabat menteri pertahanan. Popularitas Barak sekarang melejit kerena serangan di Gaza.

Yisrael Beiteinu adalah partai relatif baru dalam pentas politik Israel. Tokoh kanan radikal ini cukup mendapat dukungan publik Israel. Program ultra nasionalis ini mendukung upaya mengurangi jumlah orang Arab di Israel. Caranya dengan menggeser perbatasan negara Palestina di masa depan dan meningkatkan imigrasi orang Yahudi ke Israel. Yisrael Beiteinu dipimpin oleh pendirinya, Avigdor Lieberman yang berasal dari Rusia. Menurut jajak pendapat, partai ini akan menang besar dalam pemilu pekan depan.

Akhirnya, Meretz adalah partai kiri pimpinan Haim Oron yang pernah menjabat menteri pertanian. Meretz menyukai kompromi dengan faksi Palestina dan mengakhiri penyebaran pemukiman Israel di wilayah Palestina. Popularitas partai ini turun dalam dekade terakhir dan tampaknya partai ini tidak akan meraih banyak kursi dalam pemilu.

DAVION FORD – RANESI

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • MA tolak berikan pendapat terkait status Ahok
      Mahkamah Agung menolak untuk memberikan pendapat terhadap status Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) seperti permintaan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. "Isi surat adalah kami tidak memberikan pendapat ...
    • Rumah mewah di tepi Teluk Jakarta itu jadi kado untuk BNN
      Seperti umumnya perumahan mewah, siapa pun yang berkunjung ke sana harus melalui pemeriksaan ketat. Tak terkecuali rumah mewah yang paling tidak memiliki tiga gerbang itu. Begitu memasuki gerbang pertama tamu niscaya ditanyai ...
    • PSSI berharap pemain naturalisasi seleksi Maret 2017
      Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap 12 pemain Indonesia maupun keturunan yang berkiprah di luar negeri bisa mengikuti seleksi kedua tim nasional U-22 yang diadakan pada 1-3 Maret 2017. "Seharusnya mereka ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: