Siapa Menang Pemilu Israel?

Selasa kemarin Israel memilih parlemen baru. Tapi masih belum jelas siapa bakal menjabat perdana menteri dan bagaimana susunan pemerintah baru. Selasa malam kemarin, Tzipi Livni, pemimpin partai kanan tengah Kadima dan Benjamin Netanyahu dari partai kanan Likud, menyatakan diri menang.

Setelah 99% suara dihitung, Kadima nyaris partai terbesar. Tapi dalam hari-hari mendatang, setelah perhitungan suara pemilih militer, Likud masih bisa unggul. Yang pasti, di Knesset, yakni parlemen Israel, kubu kanan meraih mayoritas mutlak. Dengan demikian, Netanyahu paling mungkin menjabat perdana menteri.

Prestasi baik Kadima, jelas kejutan. Di Intercontinental Hotel, Tel Aviv, ratusan pendukungnya bersorak-sorai ketika pemancar televisi meramalkan Kadima unggul dua kursi. Jajak pendapat pekan-pekan belakangan selalu menampilkan suatu kemenangan bagi Likud.

Kiri tersingkirkan
Hasil sementara menunjukkan, pada titik akhir banyak pendukung partai kiri beralih memilih Kadima. Ini untuk mencegah Netanyahu menjadi perdana menteri baru. Tapi ini juga berarti era terburuk bagi kubu kiri, termasuk partai buruh pimpinan Ehud Barak.

Persaingan menegangkan antara Kadima dan Likud menarik lebih banyak pemilih ketimbang pada pemilu sebelumnya tahun 2006. Tapi suasananya suaram. Ini bukan hanya disebabkan cuaca buruk. Pemilu digelar tidak lama setelah invasi militer di Jalur Gaza. Kampanye militer terpusat pada ancaman Iran, yang kabarnya berupaya keras mengembangkan senjata atom.

Perdamaian bukan isyunya
‘Proses perdamaian’ hampir tak disebut. Para pemimpin politik tampaknya sependapat bahwa perundingan dengan Palestina untuk sementara tidak menghasilkan apa-apa, dan sebaiknya semua perhatian diarahkan pada bahaya yang mengancam Israel dari pelbagai arah: Hamas di Jalur Gaza, Hizbullah dan Suriah di utara dan terutama Iran.

Para calon telah berusaha keras tampil mampu berjuang. Livni, satu-satunya perempuan, tampak kesulitan dalam hal ini. Pada pelbagai pertemuan di Israel terkait pemilu, ia berulangkali mengatakan tidak akan mengurus kopi bagi para lelaki, melainkan mengambil keputusan. Pada poster-poster Likud ia diggambarkan sebagai orang yang sangat butuh obat sakit kepala. Poster itu lengkap dengan tulisan “lemah di bidang pertahanan”.

Suram
Suasana suram semasa kampanye menyebabkan pergeseran ke kanan. Dalam ‘pidato kemenangan’ Selasa kemarin kemarin, Netanyahu berkata jumlah kursi ‘kamp nasional’, yakni semua partai kanan, meningkat dari 50 menjadi 64. “Saya sudah berbicara dengan semua pemimpin partai. Kami secepatnya memulai perundingan tentang pembentukan pemerintah baru”, katanya.

Kendati demikian, Netanyahu harus menanti dulu apakah ia akan menerima tugas membentuk pemerintah baru. Hari-hari mendatang, para pemimpin fraksi akan berkonsultasi dengan Presiden Shimon Peres soal siapa tokoh yang harus menerima tugas itu. Melihat situasi baru, Netanyahu berpeluang lebih besar ketimbang Livni, karena Oktober silam Livni gagal membentuk pemerintah baru.

Banyak tergantung pada partai kanan Israel, Beitenu, yang dengan 15 kursi menduduki posisi kunci. Pemimpin Beitenu, Avigdor Lieberman, Selasa malam berkata semua kemungkinan terbuka. Tapi ia juga tampak lebih memilih pemerintah di bawah pimpinan Netanyahu.

Berbagi
Bagaimana pun juga perundingan pembentukan pemerintah kelihatan tak membawa harapan. Netanyahu bisa saja membentuk pemerintah murni kanan, tapi ia tampak tidak berniat melakukannya. Netanyahu tidak bisa bergerak dengan pemerintah kanan, terutama di bidang kebijakan politik. Kerja sama dengan Kadima paling mungkin, tapi suasananya tidak memungkinkan. Beberapa komentator juga menyebut sebuah pemerintah dipimpin perdana menteri secara bergilir. Ini telah terjadi di Israel tahun 1984, ketika Shimon Peres dari Partai Buruh dan Yitshak Shamir dari Likud, menjabat perdana menteri masing-masing separuh masa jabatan.

 

Partai Buruh Ehud Barak meraih 13 kursi (dibanding 19 kursi sekarang). Partai kiri liberal Meretz memperoleh 3 kursi (dulunya 5). Sisa pembagian kursi dalam Knesset yang beranggotakan 120 orang: Kadima 28 (dulunya 29), Likud 27 (12), partai kanan Israel Beitenu 15 (11), partai religius Shas 11 (12). Partai-partai kecil Arab meraih 11 kursi (dulunya 10) dan sisa kursi jatuh ke tangan partai-partai kecil religius dan radikal.

Suara Pemilih Arab   

Sedikit terkejut, warga Arab menerima hasil pemilu Israel dan mereka tidak berharap akan ada perubahan. Ziad Hamouri, kepala Pusat Hak Ekonomi dan Sosial CESR menyatakan, dalam soal Palestina tidak akan ada perbedaan antara pemerintahan yang dipimpin oleh Likud atau oleh Kadima. Kadima sebelumnya sudah menyatakan akan melanjutkan perundingan perdamaian dengan Palestina. Tetapi menurut Hamouri, kenyataannya sejak pembicaraan di Annapolis, Amerika, perundingan perdamaian Timur Tengah tetap jalan di tempat.  

Orang-orang Arab yang tinggal di Israel cemas dengan tampilnya Avigdor Lieberman pemimpin partai nasionalis Israel Beitenu (Israel Rumah Kita). Mahmoud Darawshe, salah satu pemuka masyarakat Arab Israel menegaskan, Lieberman adalah kabar buruk, bukan hanya bagi kalangan Arab tapi juga bagi negara demokratis Israel sendiri. Menurutnya, kalau Lieberman sampai ikut dalam pemerintahan koalisi, dan kemungkinan ini besar, maka dikhawatirkan akan meningkat kekerasan antara kalangan Arab dan Yahudi di Israel, seperti terlihat Selasa lalu di kota Umm al Fahhem.

Naser Laham, pemimpin redaksi kantor berita Maan, milik Palestina menulis, “warga Palestina letih menghadapi demokrasi Israel yang hanya mengusung kaum ekstrimis dan kalangan haus perang pada kekuasaan.” Menurut Laham, bintang pemilu ini menang setelah menindas orang Palestina di Gaza dan menebar kebencian serta diskriminasi terhadap orang Arab.

RANESI

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Tim pencari lanjutkan evakuasi korban gempa dari reruntuhan
      Tim pencari dan penyelamat melanjutkan upaya mengevakuasi korban gempa dari bangunan-bangunan yang runtuh akibat gempa 6,5 Skala Richter (SR) yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya kemarin pagi, menewaskan lebih ...
    • Kekuatan gempa 6,5 SR setara empat bom Hiroshima
      Perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut kekuatan gempa bumi 6,5 Skala Richter (SR) yang kemarin pagi mengguncang di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya setara dengan kekuatan empat hingga enam ...
    • Penyertaan Modal Negara untuk PT SMI perlu diaudit BPK
      PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) hampir setiap tahun memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN) yang secara total telah tersalurkan Rp24,3 triliun.Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan, dalam keterangan tertulis, Kamis, ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: