Timba Kekuatan dari Perbedaan

Semua ciptaan yang hidup di bumi berstruktur atau bukanlah sesuatu yang tunggal secara absolut. Sel tunggal telur sekalipun tetap terdiri dari dua substruktur sebagai pembentuk sel tunggal yang utuh.

Sebagai misal, telur ayam dengan substruktur bulatan kuning dikelilingi oleh semacam flegma putih yang berfungsi sebagai substruktur pengaman dan pelindung terhadap kuning telur. Kuning telur dan flegma pengemasnya atau pelindungnya secara sistemis membangun sel telur yang utuh. 

Manusia pun diyakini sebagai satu unit sistem organik yang dicerminkan oleh organ tubuh yang secara anatomis berstruktur majemuk. Setiap bagian anatomi, dalam satu unit sistem anatomis yang utuh, secara fisiologis atau berfungsi memberi pertanda tentang adanya sumber hidup sebagai strtuktur lain di dalam diri manusia. 

Sumber hidup itu adalah aku-sadar atau jiwa, yaitu struktur rohani di samping anatomi fisik manusia. Kehadiran aku-sadar atau jiwa di dalam tubuh ditandai oleh interaksi fungsional (fisiologis) antara setiap organ anatomis tubuh sebagai sebuah unit berstruktur jasmani di balik struktur rohani, yaitu aku-sadar atau jiwa. 

Struktur jasmani dan rohani inilah yang secara sistemis membangun individu manusia utuh dengan kepribadian atau personalitas yang berbeda-beda. Personalitas inilah yang menyebabkan seseorang tetap menjadi dirinya sendiri meski terus berubah atau berkembang. 

Sesungguhnya organ mulut, tangan, dan kaki berbeda secara struktur anatomis dan fisiologis sebagai bagian integral dari anatomi dan fisiologi tubuh. Namun, dalam suatu interaksi fungsional (fisiologis) yang berbeda, karena perbedaan struktur anatomis, kaki akan membawa tubuh mendekati makanan yang diambil oleh tangan. 

Tangan memasukan makanan ke dalam mulut yang mengunyahnya sebelum disalurkan ke dalam sistem organ pencernaan dalam tubuh. Selama kaki, tangan, dan mulut berfungsi (aspek fisiologis) baik karena sehat secara anatomis, 

selama itu pula penyaluran sari makanan bergizi dan berkalori melalui interaksi fungsional ketiga organ tubuh ini dapat mendatangkan kesehatan bagi akur-sadar yang menjasmani dalam tubuh sebagai satu kesatuan organis yang utuh. 

Kita harus belajar dari manusia dengan berbagai organ tubuh di samping jiwanya yang membangun keutuhan manusia, yaitu individu dengan kepribadian yang berbeda-beda. Dengan berpijak pada manusia sebagai contoh, kita harus dapat menimba kekuatan dari berbagai jenis perbedaan di tengah masyarakat. 

Ada perbedaan suku, bahasa, agama, dan budaya. Setiap penganut agama yang berbeda sepatutnya mengenal, memahami, mendalami, dan menghargai perbedaan. Dengan menimba kekuataan dari sumber perbedaan, setiap penganut agama yang berbeda dapat semakin meng-agama-kan dirinya masing-masing sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. 

Setiap suku yang berbeda dapat menimba kehebatan nilai budaya dari suku lain untuk memperkaya dan memperkuat sistem nilai budayanya sendiri. 

Agar dapat saling menimba kekuatan dari perbedaan masing-masing, misalnya perbedaan dalam agama, suku, dan budaya, kita harus merawat setiap perbedaan itu bagi hadirnya kemajemukan yang sehat dan kokoh demi tegaknya persatuan yang sehat, kokoh, dan tahan banting.

Ishak Ngeljaratan – FAJAR

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Australia dan Kamerun bermain imbang 1-1
      Australia dan Kamerun bermain imbang 1-1 pada pertandingan Piala Konfederasi yang berlangsung pada Kamis, yang menghantam peluang kedua tim itu untuk melaju ke babak berikutnya pada turnamen delapan tim di Rusia ini. ...
    • Sanchez pecahkan rekor gol Chile saat lawan Jerman
      Alexis Sanchez menjadi pencetak gol terbanyak untuk Chile ketika ia mengemas gol saat timnya bermain imbang 1-1 dengan Jerman pada pertandingan Piala Konfederasi pada Kamis. Lars Stindl menyamakan kedudukan untuk sang juara ...
    • Mohamed Salah gabung Liverpool
      Pemain sayap asal Mesir, Mohamed Salah, telah menyelesaikan semua proses untuk pindah ke Liverpool dari AS Roma, kata klub Liga Inggris itu pada Kamis. Media Inggris melaporkan bahwa Liverpool membayar 34 juta euro untuk ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: