Timba Kekuatan dari Perbedaan

Semua ciptaan yang hidup di bumi berstruktur atau bukanlah sesuatu yang tunggal secara absolut. Sel tunggal telur sekalipun tetap terdiri dari dua substruktur sebagai pembentuk sel tunggal yang utuh.

Sebagai misal, telur ayam dengan substruktur bulatan kuning dikelilingi oleh semacam flegma putih yang berfungsi sebagai substruktur pengaman dan pelindung terhadap kuning telur. Kuning telur dan flegma pengemasnya atau pelindungnya secara sistemis membangun sel telur yang utuh. 

Manusia pun diyakini sebagai satu unit sistem organik yang dicerminkan oleh organ tubuh yang secara anatomis berstruktur majemuk. Setiap bagian anatomi, dalam satu unit sistem anatomis yang utuh, secara fisiologis atau berfungsi memberi pertanda tentang adanya sumber hidup sebagai strtuktur lain di dalam diri manusia. 

Sumber hidup itu adalah aku-sadar atau jiwa, yaitu struktur rohani di samping anatomi fisik manusia. Kehadiran aku-sadar atau jiwa di dalam tubuh ditandai oleh interaksi fungsional (fisiologis) antara setiap organ anatomis tubuh sebagai sebuah unit berstruktur jasmani di balik struktur rohani, yaitu aku-sadar atau jiwa. 

Struktur jasmani dan rohani inilah yang secara sistemis membangun individu manusia utuh dengan kepribadian atau personalitas yang berbeda-beda. Personalitas inilah yang menyebabkan seseorang tetap menjadi dirinya sendiri meski terus berubah atau berkembang. 

Sesungguhnya organ mulut, tangan, dan kaki berbeda secara struktur anatomis dan fisiologis sebagai bagian integral dari anatomi dan fisiologi tubuh. Namun, dalam suatu interaksi fungsional (fisiologis) yang berbeda, karena perbedaan struktur anatomis, kaki akan membawa tubuh mendekati makanan yang diambil oleh tangan. 

Tangan memasukan makanan ke dalam mulut yang mengunyahnya sebelum disalurkan ke dalam sistem organ pencernaan dalam tubuh. Selama kaki, tangan, dan mulut berfungsi (aspek fisiologis) baik karena sehat secara anatomis, 

selama itu pula penyaluran sari makanan bergizi dan berkalori melalui interaksi fungsional ketiga organ tubuh ini dapat mendatangkan kesehatan bagi akur-sadar yang menjasmani dalam tubuh sebagai satu kesatuan organis yang utuh. 

Kita harus belajar dari manusia dengan berbagai organ tubuh di samping jiwanya yang membangun keutuhan manusia, yaitu individu dengan kepribadian yang berbeda-beda. Dengan berpijak pada manusia sebagai contoh, kita harus dapat menimba kekuatan dari berbagai jenis perbedaan di tengah masyarakat. 

Ada perbedaan suku, bahasa, agama, dan budaya. Setiap penganut agama yang berbeda sepatutnya mengenal, memahami, mendalami, dan menghargai perbedaan. Dengan menimba kekuataan dari sumber perbedaan, setiap penganut agama yang berbeda dapat semakin meng-agama-kan dirinya masing-masing sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. 

Setiap suku yang berbeda dapat menimba kehebatan nilai budaya dari suku lain untuk memperkaya dan memperkuat sistem nilai budayanya sendiri. 

Agar dapat saling menimba kekuatan dari perbedaan masing-masing, misalnya perbedaan dalam agama, suku, dan budaya, kita harus merawat setiap perbedaan itu bagi hadirnya kemajemukan yang sehat dan kokoh demi tegaknya persatuan yang sehat, kokoh, dan tahan banting.

Ishak Ngeljaratan – FAJAR

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • KPK sita satu unit apartemen Rita Widyasari
      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu unit apartemen senilai Rp3,6 miliar di Balikpapan milik Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi menerima gratifikasi. ...
    • Presiden Jokowi dijadwalkan buka rakernas APDESI di Medan
      Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Medan, Jumat. "Ribuan kepala desa se Sumatera Utara dan 350 pengurus APDESI (Asosiasi Pemerintah ...
    • IBL targetkan penerapan "salary cap"
      Pihak Liga Bola Basket Indonesia (IBL) menargetkan aturan tentang batas gaji atau "salary cap" bisa diterapkan mulai musim 2019-2020 agar kekuatan setiap tim semakin seimbang. Hal itu karena, seperti disebutkan Direktur ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: