Konsultan Gratis di Kala Krisis

Dalam kamus bahasa Indonesia, kata penasihat berarti orang yang memberikan ajaran, anjuran, teguran yang baik. Karena itu tak heran kalau posisi seorang penasihat teramat dibutuhkan oleh orang, terutama di waktu-waktu dia menghadapi sebuah masalah.

Tokoh Abunawas dari negeri 1001 malam misalnya, adalah salah satu contoh betapa pentingnya kehadiran seorang penasihat bagi Raja Harun Alrasyid yang kerap terbentur oleh sebuah masalah. Maka tak heran si Abunawas selalu mendapatkan hadiah besar saat dia berhasil membantu sang raja keluar dari masalah.

Atau bagi penggemar cerita Tiongkok kuno, nama Kung Ming (Khong Beng) merupakan salah satu tokoh penasihat jempolan di Kisah Tiga Negara (San Guo Yen I atau Sam Kok) atau Sun Tzu dalam kisah Negara-negara Berperang (Tong Ciu Liat Kok). Dua tokoh ini kerap menjadi pusat perhatian karena mereka mampu memecahkan kebuntuan di kala pemimpinnya tengah galau menghadapi musuh.

Kita bisa juga berkaca bagaimana kerajaan-kerajaan kuno sangat bergantung pada tokoh-tokoh pemikir ulung macam Machiavelli, Plato atau Socrates. Tokoh-tokoh seperti ini selalu mendapatkan posisi tertinggi dalam struktur pemerintahan kala itu. 

Di zaman orde baru, kita juga kerap masih menemukan sejumlah menteri, jenderal atau pejabat lainnya selalu didudukkan dalam jabatan penasihat yayasan atau perusahaan demi menjaga agar usaha mereka tidak diganggu.

Lalu bagaimana dengan kehidupan sekarang ini?

Kalau mau jujur, praktik seperti ini tetap saja berlaku. Paling tidak, kita pun kerap membutuhkan orang lain untuk menjadi penasihat pribadi kita. Itu sebabnya tak jarang ada orang yang sampai rela mentraktir teman hanya untuk diajak “curhat”.

Di masa modern seperti sekarang ini, seorang penasihat punya julukan yang jauh lebih keren dari sekadar teman “curhat”. Penasihat bisa berarti staf ahli jika pemakainya berada dalam level dirjen, menteri, wali kota atau direktur. Atau penasihat ini bisa juga disebut konsultan jika berhubungan dengan dunia bisnis dan bidang-bidang tertentu. 

Psikolog dan psikiater juga merupakan penasihat bagi mereka yang mengalami tekanan jiwa atau stres. Sementara bagi mereka yang masih berpikiran primitif seorang paranormal atau penasihat spiritual biasa juga masuk sebagai kategori itu.
Untuk mendapatkan nasihat-nasihat mereka, terkadang di antara kita bahkan harus rela merogoh kocek cukup dalam demi mendapatkan solusi terbaik yang kita inginkan. Semua konsultasi jenis ini hanya bisa didapat jika kita bisa mengeluarkan uang lelah bagi para penasihat itu. Bagaimana kalau kemudian kita tidak punya uang. Ingat hidup di Jakarta semuanya perlu bayar, wong berdiri di atas bus TransJakarta atau bus kota saja kita harus bayar? 

Apalagi di masa-masa krisis seperti ini. Banyak sekali “tawaran dunia” untuk menyelesaikan masalah Anda. Untuk itu, paling tidak Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000 plus PPN ketika harus bertanya lewat SMS dengan mengetikkan REG spasi MANJUR, REG spasi MAMA, REG spasi ZODIAC, REG spasi JODOH dan sebagainya, dan sebagainya. Walau itu pun belum tentu benar-benar manjur. Tapi anehnya, masih tetap saja banyak orang yang percaya.

Penasihat Ajaib

Terkadang manusia memang suka melupakan kodrat alamnya bahwa dia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Kalau ditanya apakah Anda percaya Tuhan, jawabannya selalu percaya. Tapi aneh, ketika “badai masalah” datang banyak di antara kita tidak lari kepada-Nya, tapi lari kepada cara dunia seperti lewat SMS-SMS tadi.

Padahal, kitab Yesaya Pasal 9:5 jelas-jelas mengatakan bahwa “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebut orang Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal dan Raja Damai.” 

Kata “Penasihat Ajaib” ini sengaja ditebalkan untuk mengingatkan kita bahwa dia memang selalu bisa menyelesaikan masalah kita secara ajaib dan terkadang tak dapat ditelaah oleh nalar manusia.

Sebagai ilustrasi saya ingin berbagi sebuah kisah nyata yang pernah ditayangkan dalam acara terkenal sebuah televisi dengan Oprah Winfrey sebagai pembawa acaranya. Dalam tayangan itu, ada seorang perempuan muda yang mengaku ingin bercerai dengan suaminya karena sang suami selalu bersikap kasar padanya.

Dalam emosinya, perempuan ini berdoa dan meminta petunjuk Tuhan apakah dia harus bercerai atau tidak. Jawaban Tuhan hanya sederhana yakni meminta perempuan ini tidur. Secara logika, tidur memang bisa menyelesaikan masalah tapi tentu sifatnya hanya sementara. 

Tapi di sana Tuhan justru menunjukkan dirinya sebagai “Penasihat Ajaib” bagi umat manusia. Dengan iman, perempuan itu mengikuti perintah-Nya hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun. Setiap kali dia marah dan minta cerai, perintah Tuhan hanya satu yakni “tidur”. Namun luar biasa dalam penantian itu, ternyata sang suami bisa berubah dan mereka hidup bahagia.

Cerita di atas hanya satu dari sekian banyak kisah tentang nasihat Tuhan yang ajaib kepada umat-Nya. Bahkan, kita sebagai orang percaya terkadang meragukan nasihat itu karena memang rencana Tuhan terkadang berada di luar nalar kita sebagai manusia.

Tapi, seharusnya Anda percaya bahwa Tuhan adalah penasihat yang ajaib. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan konsultasi gratis di kala krisis. Selain itu, nasihat-nasihat yang diberikan Tuhan pada kita tentu bukanlah sebuah rancangan celaka, tapi merupakan rancangan sempurna.

Wahyu WibisanaSinarHarapan

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Stadion Pakansari Cibinong memerah
      Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, memerah sejak Sabtu sore menjelang semifinal Piala AFF 2014 antara tuan rumah Indonesia melawan Vietnam.Stadion dengan kapasitas 30 ribu tempat duduk pelan tapi pasti tertutup dengan penonton ...
    • SAR temukan barang penumpang pesawat M-28 Sky Truck Polri
      Polda Kepri menyatakan tim SAR gabungan sudah mencapai titip lokasi pesawat M-28 Sky Truck P 4201 Mabes Polri yang jatuh pada Sabtu siang dan menemukan sejumlah barang milik penumpang. "Hingga saat ini yang ditemukan baru ...
    • Susunan pemain Indonesia melawan Vietnam
      Indonesia akan menghadapi Vietnam pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF, Sabtu, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Dari daftar susunan pemain pemain, Hansamu Yama menjadi starter.Berikut susunan pemain Indonesia ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: