Poros Tengah Agak Pelangi

Tak ada kata kedaluwarsa dalam rumus politik Amien Rais. Tokoh reformasi 1998 ini sedang giat membangun Poros Tengah jilid kedua, sebagai upaya mengusung calon presiden alternatif menghadapi Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri, yang hampir pasti bertarung kembali.

”Kesempatan terbaik ya 2009 ini,” kata Amien, pekan lalu. Sepuluh tahun silam, dimotori Amien, partai Islam yang ”berserakan” bisa bersatu. Ketika itu kekuatan politik didominasi pendukung Megawati dan Habibie, sementara tokoh-tokoh Islam sudah tak punya harapan. Tapi, nyatanya, Poros Tengah berhasil membalikkan keadaan. 

Adalah Ketua Muhammadiyah, Din Syamsuddin, yang pertama kali melontarkan wacana ini. Dalam forum rapat Partai Bulan Bintang enam bulan lalu, Din menyampaikan ceramah perlunya koalisi strategis partai-partai Islam dan partai berbasis massa Islam. Wacana ini terus digulirkannya dalam setiap kesempatan. 

Menurut Din, partai Islam merupakan kekuatan besar. Pada 1999 saja, gabungan suara partai Islam memperoleh 35 persen suara, dan 38 persen pada 2004. ”Bisa mengusung calon sendiri bila bergabung,” katanya. Atau, paling tidak, ”Jangan sampai partai Islam cuma pelengkap penyerta kekuatan politik lain.” 

Wakil Ketua Partai Bulan Bintang, Hamdan Zoelva, mengatakan ide Din terus dikomunikasikan di antara elite partai Islam. Tapi masing-masing belum mau terbuka mengenai koalisi partai Islam, karena khawatir kehilangan pemilih. Maklum, mereka berebut basis massa sama. ”Partai kan juga harus melakukan konsolidasi internal untuk pemilu legislatif?” katanya. 

Poros yang digulirkan Amien mirip dengan Din. Amien menyebutnya ”Poros Penyelamat Bangsa”. Reformasi yang dicita-citakan, katanya, tak sesuai dengan harapan, dan karena itu perlu diselamatkan. ”Sedikit banyak ingin mengulangi Poros Tengahlah, tapi setting-nya beda,” kata Zulkifli Halim, politikus Partai Amanat Nasional di lingkar dalam Amien. 

Poros Tengah jilid kedua, katanya, telah dimodifikasi. ”Bahan-bahannya (pelakunya) bisa sama, tapi masakannya (koalisinya) pasti beda,” kata Zulkifli. Poros ini tak melulu partai Islam, tapi juga merangkul kalangan nasionalis. ”Agak pelangi, ada merah putih hijaunya.” 

Menurut Zulkifli, lobi para elite partai makin intensif, dan sudah mulai mengkristal bagi terbentuknya kekuat­an di luar blok ”M” (Megawati) dan ”S” (SBY). Lalu, siapa figur yang diusung? ”Belum sampai ke sana,” kata Zulkifli. ”Sekarang baru penyamaan visi.” 

Sumber Tempo mengatakan, besar kemungkinan poros Amien bakal digandengkan dengan Poros Indonesia Raya—bentukan Partai Gerindra. Bahkan, menurut dia, sudah ada skenario menjodohkan keduanya, entah Prabowo-Amien atau Amien-Prabowo. 

Zulkifli membantah ”perjodohan” ini. ”Tak cuma dengan Prabowo,” katanya. ”Sultan dan Wiranto juga mera­pat.” Tapi, menurut sumber Tempo, meski banyak tokoh merapat ke Amien, baru Prabowo yang dianggap sudah masuk ke ”ruang tengah” hatinya Amien. ”Yang lain baru di teras atau di ruang tamunya.” 

Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon, mengakui adanya pertemuan informal dengan Din dan Amien. ”Ga­gasan mereka punya irisan yang sama dengan kami,” kata Fadli. ”Saya kira ada potensi bergabung dengan Poros Indonesia Raya.” 

Ketika ditanya tentang sosok Prabowo, Amien sendiri seperti melempar sinyal. ”Saya tertarik pada setiap langkah yang ingin mengembalikan bangsa ini ke rel konstitusi, proklamasi, dan Pancasila dalam arti sebenarnya,” katanya. Artinya, Poros Penyelamat-Indonesia Raya sudah oke? ”Yang itu jawabnya nanti saja,” kata Amien, menghindar. 

Agus Supriyanto, MunawwarohTEMPO (16 Februari 2009)

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Taekwondo sumbang emas pertama AIMAG
      Kontingen Indonesia akhirnya mampu meraih medali emas pertama pada Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) di Asghabat, Turmenistan, Jumat setelah tim taekwondo putra mampu meraih poin tertinggi pada nomor poomsae.Berdasarkan ...
    • Pelatnas evaluasi capaian tunggal putri di Jepang Terbuka
      Pelatih tunggal putri Pelatnas PBSI Minarti Timur mengevaluasi capaian tunggal putri di turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka 2017, di mana wakil-wakil Indonesia harus tersungkur di awal kompetisi. Menurut Minarti di ...
    • ASEAN Para Games - Indonesia juara setelah menaklukkan Thailand 3-0
      Tim sepak bola celebral palsy Indonesia berhasi menjadi juara ASEAN Para Games ke-9, 2017, setelah menaklukkan Thailand dengan skor 3-0 di babak final di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat. Hasil ini menjadi sejarah karena ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

    • Apple Watch 3 Diliris Bagian 2-Habis
      Namun jeroannya juga cukup gahar Perangkat wearable buatan pabrikan yang berbasis di Cupertino ini mengandalkan kinerjanya pada pada dukungan prosesor W2 dual-core Chip itu diklaim ...
    • Apple Watch 3 Diliris Bagian 1
      Apple kembali merilis smartwatch terbarunya Kali ini giliran Watch Series 3 yang dilenggangkan Dililihat dari modelnya jam tangan cerdas ini memiliki tampilan yang mirip dengan ...
    • Nokia Boyong 3 Smartphone Android ke Indonesia
      Nokia menghadirkan smartphone Android terbaru untuk pasar Indonesia Kali ini pabrikan asal Finlandia itu memboyong Nokia 3 5 dan 6 Ketiga ponsel itu dijadwalkan akan ...
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: