Kalla Siap Jadi Calon Presiden

Pemerintahan Dijanjikan Tak Akan Terganggu

Ketua Umum Partai Golkar M Jusuf Kalla, Jumat (20/2) di Jakarta, menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden pada Pemilihan Umum 2009. Kalla diusung Partai Golkar jika partai ini menang dalam pemilu legislatif, 9 April 2009.

Penetapan capres periode 2009-2014 oleh Partai Golkar akan dilakukan pada rapat pimpinan nasional khusus yang digelar April 2009.

”Semua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) meminta bertemu saya untuk menjelaskan sikapnya agar Golkar mengusulkan calon presiden. Karena itu hak demokrasi dari DPD I Partai Golkar, saya sebagai ketua umum tidak bisa berbicara lain selain dari apa yang diputuskan dari bawah. Namun, tentu itu harus sesuai dengan prosedur partai,” kata Kalla seusai shalat Jumat di Masjid Istana Wapres, Jakarta.

Menurut Kalla, Partai Golkar menanggapi positif apa yang diputuskan dari bawah untuk dapat dilaksanakan dengan baik. ”Pernah tidak saya diputuskan dari bawah dan menyatakan tak siap? Saya selalu siap,” katanya. Saat ditegaskan apakah ia siap jika Partai Golkar mengusungnya sebagai capres, Kalla secara diplomatis menjawab, untuk kepentingan bangsa, ia akan siap.

Soal pemerintahannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berlangsung hingga 20 Oktober 2009, ia menjanjikan tetap berjalan. ”Sebenarnya tidak ada hubungannya. Saya dan Presiden Yudhoyono sampai Oktober 2009 sebab kami berdua diangkat rakyat, bukan oleh partai. Jadi, pemerintahan harus tetap berjalan sampai akhir,” katanya.

Kalla juga menyatakan siap berhadapan dengan Yudhoyono yang juga diajukan sebagai capres oleh Partai Demokrat. ”Sejak awal, saya siap untuk apa saja. Ingat tidak? Sebagai wapres atau sebagai presiden, selama itu terbaik bagi bangsa,” katanya.

Menurut Kalla, desakan yang dilakukan DPD Partai Golkar di antaranya terkait dengan beberapa masalah, seperti harga diri partai. ”Itu merupakan cerminan sikap yang keras dari DPD. Kami sebagai partai harus memiliki sikap yang jelas menghadapi masa mendatang. Supaya kami selalu dianggap dan tidak diremehkan oleh orang lain,” paparnya lagi.

Secara terpisah, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu Partai Golkar Andi Mattalatta, Jumat di Jakarta, mengakui, partainya belum membicarakan capres. Golkar memiliki prinsip presiden itu harus punya dua kemampuan, kapabilitas dan akseptabilitas.

Menurut Andi, yang memiliki kapabilitas banyak, tetapi kalau akseptabilitas harus dilihat dulu, bagaimana rakyat melihat Golkar apakah mampu menjadikan kadernya sebagai presiden.

Soal hubungan Kalla dan Yudhoyono saat ini, Andi yang juga Menteri Hukum dan HAM menjawab sejauh ini bagus.

Pertarungan kian seru

Pengamat politik Arbi Sanit menilai, dengan siapnya Kalla menjadi capres, pertarungan di pemilu presiden menjadi makin seru. Ia menduga, dalam pemilu presiden 8 Juli mendatang, akan ada tiga calon yang kemungkinan besar akan bertanding, yaitu Yudhoyono, Kalla, dan Megawati Soekarnoputri yang dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Namun, Arbi memprediksi Kalla akan kalah karena elektabilitasnya paling rendah, kecuali ia menggandeng Sultan Hamengku Buwono X. ”Yang dapat menjadikan Sultan sebagai calon wapresnya akan menang. Sultan itu kuda hitam,” ucapnya.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR, Yuddy Chrisnandi, sebaliknya berpendapat, Kalla bisa memenangi pemilu presiden. Selain memiliki kapabilitas, Golkar juga memiliki mesin politik yang menjangkau 72.200 desa. ”Kalla itu paling siap,” ucapnya.

Duet tak terkalahkan

Secara terpisah, peneliti senior Centre for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi, menilai, pernyataan Kalla, yang menyatakan siap menjadi capres, merupakan teknik untuk membeli waktu (buying time) dalam menghadapi berbagai tekanan dari dalam Partai Golkar. Kalla tidak mau frontal bertentangan dengan sejumlah aspirasi yang muncul di internal Golkar, terutama dari pengurus daerah.

Kristiadi menambahkan, Kalla menyadari duet dirinya dan Yudhoyono, baik saat ini maupun pada masa mendatang, masih menjadi yang tak terkalahkan. Persoalan yang muncul belakangan ini disadari sepenuhnya karena banyak kepentingan bermain, baik di Partai Golkar maupun Partai Demokrat.

Berbagai kepentingan itu, kata Kristiadi, akan berupaya memecah duet Yudhoyono-Kalla, yang dalam berbagai jajak pendapat selalu diunggulkan. Upaya membeli waktu itu berlanjut sampai hasil pemilu legislatif keluar.

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bhakti, sependapat, secara faktual, pasangan Yudhoyono-Kalla memiliki kans yang jauh lebih baik jika dibandingkan ketika masing-masing mencalonkan diri sebagai presiden dengan pasangan lain. Dia melihat kemungkinan akan muncul tiga nama untuk dipasangkan dengan Yudhoyono jika duetnya dengan Kalla pecah. Mereka adalah Hidayat Nur Wahid, Meutia Hatta, atau Sri Mulyani.

Akan tetapi, kata Ikrar, setiap nama itu sangat problematis bagi Yudhoyono, terutama jika dikaitkan dengan posisi Golkar yang diperkirakan masih memiliki kekuatan di lembaga legislatif. ”Hidayat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)-nya belum tentu bisa berdampingan. Meutia sulit karena berasal dari parpol kecil, apalagi Sri Mulyani, yang bukan dari parpol,” paparnya lagi.

Ikrar mengakui, Kalla dan Golkar bisa saja kecewa dengan sikap Yudhoyono. Apalagi, saat mengklarifikasi pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Achmad Mubarok, yang dinilai merendahkan Golkar, Yudhoyono tidak menyebutkan nama Kalla. Ia hanya menyebut Golkar sebagai mitra yang terbaik. Pernyataan Yudhoyono diterjemahkan sebagai keengganan dipasangkan dengan Kalla dalam pemilu lagi.

”Jika keduanya ingin terus lanjut, harus ada inisiatif untuk menyatakan secara resmi keinginan itu. Paling tidak, dari Yudhoyono atau lebih baik dari keduanya,” saran Ikrar.

Ketua Fraksi PKS DPR Zulkieflimansyah menjelaskan, partainya memiliki empat skenario untuk menghadapi pemilu presiden. Pertama, tetap mendukung Yudhoyono-Kalla. Kedua, menduetkan Yudhoyono dengan pengusaha Chairul Tanjung. Ketiga, menduetkan Kalla dengan Hidayat Nur Wahid. Keempat, menduetkan Hidayat dengan Chairul Tanjung, Sri Mulyani, atau Darmin Nasution (Direktur Jenderal Pajak).

”Chairul Tanjung punya kedekatan emosional dengan PKS,” ujar Zulkieflimansyah.

Hingga saat ini, katanya, opsi pertama masih yang paling kuat. Opsi kedua dan ketiga peluangnya 50 berbanding 50. Opsi keempat bisa terjadi jika PKS meraih minimal 20 persen kursi di DPR pada Pemilu 2009.

KOMPAS

2 Comments

  1. Musri Ma’waleda saya setuju sekali dengan anda
    JK majuterus pantang mundur ….
    saya mendukung anda karna saya yakin andalah yang berhak jadi presidan NKRI .
    yang akan mengangkat derajat bangsa di mata dunia ..
    saya bosan dan muak melihat bangsaini di lecehkan ..
    pak JK saya harap andalah orang yang tepat..

  2. Kami mendukung sepenuhnya atas pencalonan Bapak JK sebagai capres 2009-2014 dan Insya Allah akan jadi Presiden RI ke 7. Amien.

    Bang Akbar, sadarlah jangan lagi bermanuver hanya akan memecah belah umat dan kader Hijau-Hitam juga golkar, jadilah pemimpin yang berbesar hati. Bagaimanapun sekarang Pak JK adalah calon tunggal Golkar dan itu tentu sangat baik dan bijaksana, mengingat beliau Insya Allah akan mendapatkan Anugerah dari Allah SWT untuk memimpin negeri dan bangsa ini untuk segera keluar dari belenggu imperialisme dan hegemoni ekonomi asing.

    Meskipun pak JK latar belakang pengusaha, tapi beliau seorang negarawan yang telah berhasil menyelesaikan konflik Ambon, Poso dan Aceh.

    Jadi kami yakin beliau pantas menjadi pemimpin negeri dan bangsa ini.

    “Sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai”.

    Maju terus pantang mundur, dan kami berharap Bapak JK bisa berdampingan dengan Pak Prabowo.

    Salam dari kami Anggota IKA UNHAS dan ALUMNI HMI Cab. Makassar.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Belanja di Apple Store bisa lewat Apple Watch
      Pembaruan Apple Store kini membuat pengguna Apple Watch dapat membeli item langsung dari pergelangan tangan.Fitur baru tersebut dapat dinikmati setelah pembaruan versi 4.1 aplikasi tersebut, tapi, tidak semua katalog bisa ...
    • Wapres: bela negara bukan hanya saat perang
      Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua harus mempersiapkan diri untuk bela negara, bukan hanya pada saat terjadi perang. "Bela negara bukan hanya perang, tapi juga memajukan negeri ini dengan baik dan berkeadilan," ...
    • Polda Kepri benarkan pesawat Polri jatuh
      Polda Kepri membenarkan pesawat M-28 Sky Truck dengan nomor regristrasi B-4201 hilang kontak dan diketahui jatuh di perairan Kabupatan Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri. "Iya benar, pesawat sempat hilang kontak. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: