Masa Depan SBY-JK

Pencalonan presiden kian ramai. Partai Golkar mengirim sinyal akan mengajukan sendiri Jusuf Kalla sebagai calon presiden dari partai itu.

Sebagaimana diberitakan media, 33 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) menemui Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla. Mereka menyampaikan sikap DPD dari partai yang memperoleh 21,58 persen suara pada Pemilu 2004 untuk mengajukan calon presidennya sendiri.

Sikap DPD Golkar tentunya tak bisa dilepaskan dari menghangatnya situasi politik yang dipicu pernyataan elite Partai Demokrat dan Partai Golkar. Reaksi itu juga terkait dengan manuver kader Partai Golkar, Sultan Hamengku Buwono X, yang dipinang sebagai calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri, tetapi pinangan itu ditolak Sultan HB. Eksistensi dan harga diri partai tampaknya ikut melatari sikap politik Partai Golkar.

Pemilihan Umum Presiden 8 Juli 2009 yang sudah lebih ramai seakan menenggelamkan pemilu legislatif yang diadakan lebih dahulu, 9 April. Posisi politik yang diambil DPD Golkar bisa dibaca publik sebagai adanya gangguan relasi antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Meskipun demikian Jusuf Kalla tetap berkomitmen untuk menjaga hubungan dengan Yudhoyono.

Prediksi sejumlah lembaga survei bisa saja ikut memengaruhi psikologis pimpinan parpol yang merasa besarnya perolehan suara dalam pemilu legislatif sudah di tangan. Padahal, dalam sejarahnya, perilaku pemilih masih saja bisa berubah dari kurun waktu ke depan, tergantung pada keadaan faktor ekonomi, sosial dan politik ke depan.

Kita melihat langkah Partai Golkar dan Partai Demokrat merupakan dinamika internal partai untuk merespons perkembangan politik terkini. Dinamika politik itu masih bisa berubah dan tergantung pada hasil pemilu legislatif 9 April.

Hasil Pemilu 9 April itulah yang akan menentukan siapa pasangan calon presiden yang memenuhi syarat untuk maju sebagai calon presiden. Syaratnya, pasangan capres diajukan parpol atau gabungan parpol yang mempunyai 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara nasional. Dengan hitungan itu, maksimal hanya akan ada empat pasangan capres yang bakal maju.

Secara konstitusional, Yudhoyono-Kalla baru akan mengakhiri jabatannya pada 20 Oktober 2009. Kita tidak ingin nasib rakyat terabaikan justru karena terjadinya rivalitas di level pemimpin nasional. Rakyat yang masih merasakan kesulitan hidup akibat hantaman krisis tetaplah menuntut perhatian dari pemerintah.

Kesinambungan pembangunan menjadi keprihatinan kita pascareformasi. Hilangnya Garis Besar Haluan Negara menjadikan keprihatinan sejumlah pihak mengenai arah pembangunan jangka panjang bangsa ini. Kesinambungan pembangunan adalah sebuah keniscayaan karena kita tidak ingin selalu memulai sejarah dari titik nol!

KOMPAS

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Sering terbang? Ini alasan kulit harus dirawat ekstra
      Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam pesawat terbang bisa jadi berita buruk bagi kulit Anda. Kelembaban rendah dan terpaan pendingin udara membuat kulit jadi kering.Dr. Radityo Anugrah yang memiliki spesialisi di bidang kulit ...
    • Yogyakarta kukuhkan Satgas Saber Pungli
      Kota Yogyakarta kini memiliki Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar setelah dikukuhkan secara resmi oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo, Selasa. "Kami akan segera melakukan koordinasi internal untuk ...
    • Pemerintah keluarkan harga patokan ayam
      Kementerian Pertanian mengeluarkan harga patokan ayam ras pedaging melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26/2016 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras.Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menandatangani revisi ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: