Hikmat dan Kebenaran

Penatua Yohanes dalam kitab Wahyu 6:5-6 menekankan bahwa pada zaman-zaman akhir akan terjadi banyak masalah atau pada zaman sekarang lebih dikenal dengan krisis. Setiap waktu berjalan, krisis yang terjadi makin meluas, dimulai dengan krisis keuangan, krisis kepercayaan, krisis ekonomi, krisis sosial, krisis politik sampai krisis multidimensi. Namun, pada ayat yang paling bawah ditulis jangan rusakkan minyak dan anggur itu. Apa yang dimaksudkan dalam pernyataan penatua Yohanes tersebut?

Minyak pada zaman dahulu banyak manfaatnya dan yang terlebih khusus adalah untuk urapan, baik mengurapi kenaikan jabatan maupun untuk mendoakan orang yang sakit. Jabatan bisa sebagai raja, imam, para pejabat kudus, hakim-hakim maupun nabi. Tentu dengan urapan minyak tersebut pejabat telah resmi diangkat dan diketahui khalayak ramai. Dengan demikian, secara resmi dapat melaksanakan tugas yang baru tersebut. Urapan di lain tulisan dapat melambangkan Roh Kudus dan Roh Kudus itu adalah Roh Tuhan Yesus dan Roh Tuhan Yesus adalah Roh Hikmat (Kolose 3 :2-3).

Anggur adalah salah satu buah yang dimiliki semua negara dan hasil buah anggur bisa dimakan maupun dijadikan minuman. Menurut ilmu kesehatan ternyata anggur salah satu buah di Alkitab yang disarankan untuk dikonsumsi tanpa memiliki dampak yang negatif, seperti orang yang terkena diabetes, anggur kurang kandungan kadar gulanya. Anggur dapat juga digunakan untuk penghangat badan dan banyak dikonsumsi di negara-negara empat musim yang diminum saat musim dingin setelah selesai makan.

Minuman anggur mencerminkan hati yang penuh sukacita karena minuman anggur banyak digunakan para bangsawan dalam pesta kebesaran yang memberikan arti penuh sukacita. Siapa orang yang penuh dengan sukacita? Jawaban di Alkitab banyak ditulis adalah orang-orang yang hidup dalam kebenaran. Orang yang hidup dalam kebenaran tidak akan ada rasa takut, rasa khawatir, rasa was-was karena orang yang benar bebas untuk berbicara dan tentu akan ditaati dan diteladani banyak orang. Bila seorang pemimpin hidup dalam kebenaran maka memiliki pengaruh yang besar terhadap pengikutnya karena segala perkataannya akan menjadi sabda yang memiliki kekuatan luar biasa. Jadi, Kebenaran menjadi penentu dalam mengatasi segala krisis yang terjadi maupun yang akan terjadi.

Pada zaman modern ini kesulitan akan terjadi di mana-mana dan akan memengaruhi perilaku setiap orang. Bila kesulitan terjadi, orang yang baik bisa menjadi jahat, orang yang jujur bisa menjadi tidak jujur, orang yang taat bisa menjadi nekat, orang yang kudus bisa menjadi orang yang berdosa. Dampak krisis ini terjadi di setiap lapisan dan semua orang yang dapat mengatasi krisis akan survive dan hidup dalam kemenangan. Ibarat benang kusut, atau penuh teka-teki, maka semua persoalan dapat dipecahkan bila kita memiliki hikmat. Hikmat diperlukan pada saat-saat sulit ini agar kita dapat melakukan antisipasi bagaimana memecahkan permasalahan hidup. Kesulitan hidup dalam rumah tangga akan memengaruhi perubahan perilaku seseorang ke arah yang negatif, maka hikmat adalah kunci untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam kondisi krisis, masih ada harapan bagi orang-orang yang percaya yaitu hidup dalam kebenaran yang menunjukkan integritas seseorang. Kepercayaan dapat diperoleh karena kredibilitas dan kredibilitas dimiliki karena seseorang hidup dengan benar dan takut akan Tuhan. Orang yang hidup dalam kebenaran dijamin oleh Tuhan tidak pernah kekurangan (Mazmur 112 :1-10). Bahkan, di saat-saat hidup sulit, dia akan tetap mendapat berkat dan dapat membagi-bagikan kepada orang yang lain.

Sebentar lagi bangsa kita akan mengadakan pemilihan umum baik pemilu legislatif maupun pemilu untuk memilih presiden. Di mana-mana kita melihat atribut-atribut calon legislatif dari masing-masing partai agar memilih para caleg tersebut. Tentu dalam pemilu tersebut akan mengeluarkan banyak energi, banyak usaha dan biaya. Dalam hidup hanya ada dua kata pengkhotbah, ada siang ada malam, ada susah ada senang, ada sukses ada gagal, ada hidup ada kematian.

Dari sekian banyak calon yang terpilih hanya tidak lebih dari 10 persen sehingga sisanya 90 persen lebih akan mengalami hidup gagal. Semua usaha dan biaya yang dikeluarkan akan seperti air yang mengalir atau uap yang sebentar kelihatan lalu lenyap. Tidak sedikit umat Tuhan juga ada yang mencoba berusaha menjadi calon legislatif. Setiap orang diberi kebebasan karena ini zaman demokrasi sehingga semua orang bebas menentukan arahnya sendiri. Namun, sedikit catatan bahwa setiap orang harus siap untuk menang tapi juga siap untuk kalah, siap untuk berhasil juga siap untuk gagal, siap untuk mengeluarkan uang juga harus siap untuk kehilangan uang.
Dari renungan di atas, apa saja yang akan terjadi, dari krisis keuangan, krisis global, krisis ekonomi, krisis kepercayaan, krisis multidimensi harus siap dihadapi. Sebagai umat Tuhan diingatkan agar dalam menghadapi krisis tersebut perlu dua senjata pamungkas yaitu Hikmat dan Kebenaran. Apa pun jabatan, usaha, dan tujuan kita perlu diperoleh dengan menggunakan cara hidup yang benar, pola pikir yang benar dan tindakan yang benar. Semua yang benar dapat diperoleh bila kita memiliki hikmat. Hikmat akan diberikan kepada setiap orang bila selalu takut akan Tuhan dan dekat dengan Tuhan dan menjalankan semua perintah-Nya.

Dr Stefanus Wiji Suratno, SE, MM, PhD (c), adalah seorang pendeta – SinarHarapan

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: