Kesepakatan 10 Parpol Blok Perubahan Terbentuk

Sepuluh partai politik (parpol), Rabu (25/2) siang mendeklarasikan terbentuknya Blok Perubahan. Kesepuluh parpol itu (lihat tabel) berhaluan anti status quo, yang menghendaki ada demarkasi yang jelas antara kekuatan pro status quo dan anti status quo.

“Ini terbentuk untuk merespons dominasi pro status quo. Kesepuluh parpol ini menghendaki adanya perubahan yang hakiki, yakni memperbaiki nasib rakyat. Kami ingin demarkasi yang jelas,” ujar salah satu penggagas Blok Perubahan, Rizal Ramli, kepada SP, di Jakarta, Rabu, siang.

Para penggagas Blok Perubahan menilai, selama ini kekuatan pro status quo berpura-pura menampilkan wajah reformis. “Melalui iklan-iklan, mereka seolah-olah reformias. Padahal tindakan mereka menyesatkan rakyat,” sambung Rizal.

Koalisi Alternatif

Seiring dengan terbentuknya Blok Perubahan, parpol yang diprediksi hanya mampu meraih maksimal 10 persen suara dalam Pemilu Legislatif 2009 atau dikenal dengan sebutan parpol menengah, mulai menggeliat. Mereka ingin mengimbangi tiga kekuatan parpol besar, yakni Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dan Partai Demokrat, dengan membentuk koalisi alternatif. Mereka berupaya mengajukan calon presiden (capres), di luar tiga nama yang telah mencuat, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, dan Jusuf Kalla (JK).

Pada Pemilu 2004, parpol-parpol menengah meraup suara yang cukup signifikan. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengantongi 10,57 persen suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 8,15 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7,34 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 6,44 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 2,62 persen, Partai Bintang Reformasi (PBR) 2,44 persen, dan Partai Damai Sejahtera (PDS) 2,13 persen. Apabila, suara parpol menengah itu dihimpun bisa mencapai 40 persen dan mereka berhak mengajukan capres-cawapres.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Effendy Choirie menilai perlu ada kekuatan alternatif untuk mengimbangi tiga blok kekuatan politik yang muncul saat ini. Rakyat sudah jenuh dengan figur pemimpin lama yang masih saja ditawarkan.

“Misalnya Megawati, SBY dan JK, rakyat sudah mengetahui rekam jejak mereka, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya melihat perlu ada satu kekuatan alternatif untuk menjawab kejenuhan masyarakat,” katanya kepada SP di Jakarta, Rabu (25/2).

PKB, kita dia, bisa menggalang koalisi alternatif dengan menggandeng partai-partai menengah dan kecil, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, Gerindra, Partai Matahari Bangsa (PMB), dan parpol-parpol lain. “Partai-partai ini perlu berkoalisi membangun ke- kuatan alternatif, dan saya kira kekuatan ini sedang ditunggu rakyat sebagai pilihan yang diharapkan bisa mewujudkan harapan rakyat,” katanya.

Sejumlah tokoh yang berpeluang menjadi capres-cawapres dari koalisi alternatif, antara lain Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wiranto, Muhaimin Iskandar, Prabowo, Sutiyoso, Rizal Ramli, Soetrisno Bachir, Eros Djarot, dan Marwah Daud Ibrahim.

Senada dengannya, Koordinator Pembinaan Teritorial DPP PKS Jazuli Juaeni menyatakan kekuatan alternatif untuk mengimbangi kekuatan SBY, Megawati, dan JK, bisa saja muncul. Namun seberapa besar kekuatannya, masih harus dilihat dari hasil pemilu legislatif. “Pemilu legislatif belum juga terjadi, jadi kita belum tahu seperti apa kekuatan riil politik masing-masing partai. PKS akan merespons dengan baik semua tawaran koalisi, termasuk dari kekuatan alternatif,” katanya.

Partai Bulan Bintang pun yakin tidak hanya tiga kekuatan yang bakal bertarung dalam pilpres. Menurut Ketua DPP PBB, Hamdan Zoelfa, kemungkinan munculnya blok dari kekuatan alternatif masih cukup kuat. Kubu alternatif itu, katanya, sedang digagas oleh kubu poros tengah, seperti PKB, PBB, PPP, dan juga akan meng-gandeng PKS.

Tunggu Pemilu Legislatif

Sementara itu, PAN juga akan membentuk blok tersendiri, di luar tiga kekuatan yang telah ada. “Sesuai hasil Rakernas PAN Mei 2008 di Surabaya, apabila perolehan kursi PAN di DPR pada Pemilu 2009 minimal mencapai 15 persen, maka PAN akan mencalonkan kader-kader terbaiknya menjadi capres atau cawarpes. Tetapi soal siapa orang-orangnya kita menunggu hasil pemilu legislatif,” kata Wakil Sekretaris Jen- deral PAN, Ifa Yoga.

Menurutnya, koalisi antarparpol baru bisa dibangun setelah diketahui hasil pemilu legislatif.

Ketua DPP PPP, Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan sampai saat ini partainya belum dapat menentukan pilihan, apakah berada di blok Megawati, SBY, JK, atau membentuk blok baru.

Menurutnya, kekuatan Megawati, SBY, dan JK, akan sangat ditentukan oleh siapa yang akan menjadi cawapres mereka. “Saya kira sebelum pemilu legislatif, sangat sulit memastikan siapa figur cawapres yang mendampingi ketiga tokoh itu,” ujarnya.

Senada dengannya, PDS juga belum memutuskan masuk ke salah satu blok, karena masih menunggu hasil pemilu legislatif. Wakil Ketua Umum PDS Denny Tewu menyatakan di luar tiga kekuatan politik, kemungkinan akan muncul kekuatan lain yang disebut poros tengah. Tetapi, lanjutnya, dengan melihat peta politik saat ini, blok ini juga akan melebur ke dalam ketiga kekuatan itu. “Partai-partai menengah, termasuk PDS, kemungkinan besar tidak akan membentuk blok sendiri untuk mengusung capres-cawapres.

Namun, semuanya tetap bergantung pada hasil pemilu legislatif dan segala sesuatu bisa berubah,” katanya.

SuaraPembaruan

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Belanja di Apple Store bisa lewat Apple Watch
      Pembaruan Apple Store kini membuat pengguna Apple Watch dapat membeli item langsung dari pergelangan tangan.Fitur baru tersebut dapat dinikmati setelah pembaruan versi 4.1 aplikasi tersebut, tapi, tidak semua katalog bisa ...
    • Wapres: bela negara bukan hanya saat perang
      Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua harus mempersiapkan diri untuk bela negara, bukan hanya pada saat terjadi perang. "Bela negara bukan hanya perang, tapi juga memajukan negeri ini dengan baik dan berkeadilan," ...
    • Polda Kepri benarkan pesawat Polri jatuh
      Polda Kepri membenarkan pesawat M-28 Sky Truck dengan nomor regristrasi B-4201 hilang kontak dan diketahui jatuh di perairan Kabupatan Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri. "Iya benar, pesawat sempat hilang kontak. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: