Pertarungan Tiga Blok Capres Uggulan

Akhirnya Jusuf Kalla siap diusung jadi calon presiden. Konstelasi politik berubah. JK yakin, meski bukan orang Jawa, dirinya punya kans kuat jadi presiden.

Cara pandang baru JK itu menguatkan isyarat bahwa ia betul-betul siap maju menjadi capres. Kalangan lingkaran dekat JK memastikan, langkah JK mau maju jadi capres bukan sekadar akibat faktor eksternal, berupa desakan DPD I Golkar yang menemui di rumah dinasnya, Kamis pagi lalu. Pada diri JK sendiri tengah terjadi perubahan pendirian. “Sudah ada rapat keluarga. Semua mendukung,” kata sumber Gatra.

Desakan agar Golkar mengajukan capres bukanlah fenomena baru. Tapi JK selalu meredam, dengan menunda keputusan capres definitif hingga usai pemilu legislatif. Pada saat di Belanda, 9 Februari lalu, JK masih mengisyaratkan bakal berpasangan lagi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Akumulasi perasaan kurang nyaman, dan dipicu perkembangan mutakhir, membuat sikap JK berubah gradual. Pernyataan Ahmad Mubarok, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat yang dinilai melecehkan Golkar, turut memicu panasnya dinamika internal Golkar. Tapi, di mata JK dan sebagian elite Golkar, hal itu sudah tuntas ketika SBY memberi klarifikasi.

Ada faktor lain yang penting dicermati. Kerisauan sejumlah elite Golkar kembali membuncah ketika JK pulang dari luar negeri tidak segera diterima SBY. Padahal, upaya untuk bertemu berkali-kali diajukan. Keinginan JK bertemu Hillary Clinton juga tidak dijadwalkan.

JK sendiri memaklumi, semua itu lebih karena faktor teknis: belum tersedia waktu. Tapi suasana kebatinan sebagian elite Golkar yang tengah sensitif membuat perlakuan atas JK itu makin membakar reaksi. Apalagi, pekan lalu, seluruh DPD I Golkar sedang berada di Jakarta untuk mengikuti rapat konsultasi nasional. SBY dinilai tidak memiliki kepekaan untuk memprioritaskan pertemuan dengan JK guna memulihkan relasi Demokrat-Golkar.

Kini agenda Priyo Budi Santoso, Ketua Fraksi Golkar DPR, untuk menggulirkan opsi “gerakan nonblok”, dengan menggalang partai-partai papan tengah, mulai terbuka. Koalisi itu untuk melawan dua arus utama yang selama ini beredar: Blok S (SBY) dan Blok M (Megawati). Kini JK bisa menjadi blok tersendiri: Blok K (Kalla).

Pada saat ini, kata Saiful Mujani, sentimen masyarakat atas SBY-JK sangat positif. Kalau SBY-JK pecah, yang paling diuntungkan adalah partai menengah. “Mereka tadinya duduk di kegelapan, tiba-tiba lilin menyala,” tutur Saiful. Peraih suara 5% tadinya tidak diperhitungkan, tapi dengan pecahnya koalisi menjadi primadona.

Bila SBY-JK solid, pasangan cukup dua. PDI Perjuangan bersama satu-dua partai lain melawan Demokrat-Golkar. Ahmad Mubarok yakin, potensi SBY-JK bersama lagi masih kuat. Jika SBY-JK pisah, pasangan capres setidaknya tiga. Berdasarkan survei, pasangan terkuat adalah SBY-JK.

SBY-JK lebih predictable. Ongkos kampanye lebih murah karena masyarakat sudah tahu. Lawannya bisa jadi lemah. “Setidaknya mengerucut jadi dua calon saja,” katanya. Kecuali jika ada poros tengah.

Kemungkinan SBY gagal dicalonkan juga jadi hitungan pendukung JK. Itu mungkin bila Demokrat tak mencapai 20% kursi DPR atau 25% suara. Fleksibilitas komunikasi politik JK dan Golkar lebih jitu ketimbang SBY dan Demokrat yang kaku.

Partai papan tengah bisa digalang Golkar. Sebagian ke PDI Perjuangan. Bila Demokrat gagal menggalang tambahan dukungan, bisa-bisa SBY yang popularitasnya tertinggi terganjal di fase pencalonan. Komunikasi politik lintas parpol jadi faktor kunci.

Asrori S. Karni, Anthony, Syamsul Hidayat, Bernadetta Febriana, dan Wisnu Wage Pamungkas
[Laporan Utama, Gatra Nomor 16 Beredar Kamis, 26 Februari 2009]

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Patti Smith akan bernyanyi untuk antar Hadiah Nobel bagi Bob Dylan
      Saat pidato penerima Hadiah Nobel Sastra Bob Dylan dibacakan, rekannya sesama penyanyi sekaligus penulis lagu Patti Smith akan menyanyikan salah satu lagu terbaiknya pada selebrasi Hadiah Nobel di Stockholm nanti.Smith akan ...
    • YLBHI ramalkan jaksa akan sulit buktikan kesalahan Ahok
      Koordinator Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Julius Ibrani melihat banyak kejanggalan dalam pengusutan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama, bahkan Jaksa diyakininya akan sulit ...
    • Malaria sudah ada di zaman kekaisaran Romawi
      Para peneliti mengungkapkan analisis DNA gigi berusia 2.000 tahun yang digali dari satu kuburan di Italia menunjukkan bukti kuat bahwa malaria sudah ada selama Kekaisaran Romawi.Temuan itu berdasarkan pada DNA mitokondria - ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: