Kanker Prostat Tidak Tunggal

prostatHati-hatilah bermain “burung”. Meskipun nikmat, kalau terlalu kerap, bisa membuat kelenjar prostat ngadat. Prostat merupakan kelenjar seksual pria, letaknya pada kelamin pria, yang antara lain berfungsi memproduksi cairan mani. Itulah hasil penelitian tim Universitas Nottingham, Inggris. Hasil penelitian itu dilansir ScienceDaily, akhir Januari lalu.

Pria dengan kegiatan seksual sangat aktif pada usia 20 hingga 30 tahun lebih berisiko terjangkit kanker prostat. Terutama jika mereka sering melakukan onani. Studi itu melibatkan 431 pria yang terjangkit kanker prostat sebelum usia 60 tahun dan 409 pria yang belum terkena. Mereka ditanyai tentang perilaku seksual di kala muda. Seberapa sering aktivitas seksual per bulan, seberapa sering melakukan onani, berapa pasangan seksual mereka, dan apakah telah terjangkit penyakit seksual.

“Kami ingin melihat hubungan antara aktivitas seksual remaja dan kanker prostat yang diidap rata-rata orang tua pada usia lebih dari 50 tahun,” kata Polyxeni Dimitropoulou, pemimpin riset yang sekarang bergabung dengan Universitas Cambridge. Hormon tampaknya berperan penting menimbulkan kanker prostat dan secara umum dengan terapi hormon akan mengurangi aktivitas seksual yang mendorong tumbuhnya sel-sel kanker.

Aktivitas seksual laki-laki yang tinggi juga dipengaruhi hormon. Maka, studi ini mengkaji teori bahwa mereka yang memiliki aktivitas seksual tinggi berisiko terserang kanker prostat,” katanya. Karena itu, studi ini dilakukan dengan meminta mereka mengisi kuesioner tentang kebiasaan seksual mereka sejak berusia 20 tahun. Responden sebagian besar (97%) berkulit putih, telah menikah (84%), dan duda karena bercerai (13%).

Studi ini menemukan fakta menarik pada penderita kanker itu. Misalnya, 59% mengatakan bahwa mereka melakukan onani 12 kali atau lebih dalam sebulan sejak mereka berusia 20 tahun. Dan aktivitas itu terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Sebanyak 39% memiliki enam wanita atau lebih sebagai pasangan aktivitas seksual. Pada kelompok yang sehat, di usia 20 tahun aktivitas seksualnya kurang dari para penderita. “Secara umum, kami menemukan hubungan signifikan antara kanker prostat dan aktivitas seksual pada laki-laki di usia 20-an,” ujarnya.

Namun tidak ada hubungan signifikan antara aktivitas seksual dan kanker prostat pada laki-laki berusia 40-an. Aktivitas seksual pada usia tua justru mengurangi risiko kanker prostat. “Mungkin aktivitas seksual pada usia 50-an justru memberi efek perlindungan karena mengeluarkan ‘racun’ yang dapat mengurangi risiko kanker pada daerah prostat,” katanya. Tapi Dimitropoulou menjelaskan bahwa hal itu memerlukan penelitian lebih jauh.

Kanker prostat sangat ditakuti pria di Inggris karena merupakan penyakit mematikan paling umum pada pria. Lebih dari 30.000 kasus baru terdiagnosis setiap tahun. Menurut Doddy M. Soebadi, Kepala Departemen Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, cairan mani yang keluar sekitar 50% lebih itu berasal dari prostat. Karena itu, para dokter selalu menghubungkan antara prostat dan kegiatan seksual pria.

Meskipun demikian, Doddy menilai, kelainan prostat, baik pembesaran prostat jinak maupun kanker, belum bisa dipastikan akibat faktor seringnya aktivitas seksual. Menurut dia, penelitian bisa dianggap benar atau valid setelah dikaji lebih mendalam. Misalnya dilakukan penelitian lebih lanjut di tempat lain, dengan mengambil sampel negara-negara dunia, seperti Amerika, Eropa, dan Asia. “Sehingga populasi sampel mencapai ribuan orang,” tuturnya.

Para urolog dunia pernah meneliti penyebab kelainan prostat di beberapa tempat di dunia. Hasilnya belum menunjukkan bahwa kelainan prostat terjadi akibat seringnya hubungan seksual. Dengan sampel 800-an orang saja, menurut Doddy, kondisi itu belum bisa memberikan kesimpulan. “Ini masukan yang baik. Tetapi secara ilmu kedokteran belum bisa dibuat kesimpulan seperti itu. Perlu kajian lebih mendalam,” ia menegaskan.

Penyebab suatu penyakit itu melibatkan banyak faktor. Khusus untuk prostat, penyebabnya bisa genetik (keturunan), makanan, lingkungan, dan kebiasaan. Doddy mencontohkan populasi kanker prostat di Amerika yang mencapai satu di antara delapan pria kulit putih. Pada kulit hitam, satu di antara tujuh pria. Di Asia lebih rendah lagi. Tapi, pada orang Jepang yang tinggal lama di Amerika, sampai bergenerasi, populasi kanker prostatnya sama dengan orang Amerika kulit putih.

Sedangkan pada orang Jepang di negara sendiri, tingkat populasinya sama dengan orang Asia lainnya. “Ini menunjukkan bahwa kanker prostat banyak yang disebabkan gaya hidup dan pola makan,” katanya. Dari fakta itu, Doddy menjelaskan bahwa penyebab kanker prostat tidak tunggal. “Pemicunya cukup banyak,” ia menambahkan. Karena itu, sangat penting mewaspadai gejalanya.

Gejala kanker prostat pada dasarnya sama dengan gejala atau keluhan prostat lainnya. Dalam bahasa kedokteran disebut lower urinary tract symptoms. Yaitu keluhan pada saluran kencing, yang meliputi kencing tidak tuntas, pancaran lambat, kerap bangun untuk kencing, dan tidak kuat menahan kencing. “Baik jinak maupun ganas, gejalanya sama,” ujarnya.

Untuk mengetahui apakah terkena kanker prostat, cukup mudah. Yaitu dengan cara pemeriksaan darah mengunakan metode prostate specific antigen (PSA). “Alat ini mampu mendeteksi apakah pasien terindikasi kena kanker prostat atau tidak,” katanya. Doddy menyarankan pria 50 tahun ke atas untuk cek darah dengan PSA.

Berdasarkan data di Rumah Sakit dr. Soetomo, Surabaya, penderita prostat terus meningkat. “Sekitar 10 kali lipat dibandingka dengan 20 tahun lalu,” ujarnya. Menurut Doddy, hal itu dipengaruhi gaya hidup kebarat-baratan. “Misalnya, suka makan daging siap saji ala Barat. Pahadal, itu tidak menyehatkan,” kata Doddy.

Pengobatan kanker prostat tergantung stadiumnya. Untuk stadium dini, bisa dilakukan dengan radioaktif, penyinaran. Namun yang paling bagus adalah dengan operasi. Bila kondisi kanker sudah menyebar sampai tulang, dilakukan penghambatan pertumbuhan. Bisa juga dengan terapi hormonal dengan kebiri mengangkat testis atau dengan obat. “Tentu saja akan berakibat mengganggu hubungan seks,” katanya.

Sementara itu, menurut Djoko Rahardjo, ahli urologi pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pemeriksaan prostat bisa dilakukan dengan USG khusus prostat yang dinamakan trans-rectal ultrasonografi. Yakni dengan memasukkan pemindai ke dubur. “Maka, bisa dilihat lewat layar monitor bagaimana volumenya, apakah asimetris atau tidak atau ada bagian-bagian yang menonjol, agak gelap (hypoechoic). Nah, dari situ bisa dilihat ada keganasan atau tidak,” tuturnya.

Yang juga tidak boleh dilupakan, menurut Djoko, adalah pemeriksaan lab untuk melihat fungsi ginjal. “Prostat itu lama-lama, kalau bermasalah, bisa membuat fungsi ginjal menurun,” katanya. Jika lewat serangkaian pemeriksaan pasien dinyatakan positif terjangkit, dibuatlah perhitungan dengan International Prostate Scoring System. Penghitungan ini untuk mengetahui berat-ringannya penyakit. Mengatasinya bisa dengan obat hingga operasi. Operasi tercanggih adalah menggunakan laser yang minim perdarahan.

Rohmat Haryadi, M. Nur Cholish Zaein, dan Bernadetta Febriana [Kesehatan, Gatra Nomor 15 Beredar Kamis, 19 Februari 2009]

1 Comment

  1. […] View post:Kanker Prostat Tidak Tunggal […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: