Megawati

Tidak kalah ketimbang Gus Dur, Megawati Soekarnoputri juga kerap dikelirutafsirkan! Ketika Megawati mencalonkan diri sebagai presiden, berbagai pihak langsung menentang habis-habisan akibat keyakinan bahwa wanita tidak layak dan tidak mampu menjadi Presiden Republik Indonesia.

Akhirnya, sejarah membuktikan anggapan diskriminasi jenis kelamin yang merendahkan wanita itu keliru, karena Megawati menjadi wanita pertama Indonesia yang layak dan mampu menjadi Presiden Republik Indonesia. Putri Bung Karno, yang bukan sarjana, ini juga sempat keliru dianggap bodoh.

Muri menganugerahkan piagam penghargaan kepada Megawati atas rekor wanita Indonesia pertama yang menjadi ketua umum partai politik besar. Apakah seorang yang bodoh—palagi seorang wanita— mampu memimpin sebuah partai politik tergolong terbesar dari sekian banyak parpol di Indonesia?

Gelar sarjana di Indonesia masa kini sama sekali bukan jaminan atas kecerdasan atau kepintaran, sementara begitu banyak mereka yang bukan sarjana terbukti lebih qualified dalam berbagai profesi ketimbang mereka yang sarjana. Di samping itu, Megawati tidak menyelesaikan studi di perguruan tinggi bukan akibat kebodohan, melainkan akibat tekanan politis di masa Bung Karno sedang teraniaya.

Dan rasanya sulit bagi seorang bodoh bisa menjadi presiden, kecuali mereka yang memilih sedemikian bodoh untuk sengaja memilih orang bodoh! Dengan hadirnya para perempuan pemimpin seperti Megawati Soekarnoputri, Prof Dr Meutia Hatta, Prof Dr Mari Pangestu, Dr Sri Mulyani, Dr Miranda Goeltom, Prof Dr Siti Musdah Mulia, Dr Mooryati Soedibyo,dan masih banyak lagi superwomen di Indonesia, sebenarnya terbukti bahwa ada yang keliru pada Kabinet Indonesia Bersatu, yaitu kementerian negara yang bergelar Urusan Pemberdayaan Perempuan.

Gelar ini jelas memperdayai kenyataan begitu banyak perempuan Indonesia sudah sangat berdaya sampai berdaya menjadi presiden, menteri negara UPP itu sendiri, menteri perdagangan, tokoh cendekiawan, ketua MPR, tokoh perbankan dan moneter nasional atau menteri keuangan yang dielu-elukan Newsweek sebagai yang terbaik di dunia masa kini.

Lalu, apa lagi yang masih harus diberdayakan? Maka sejak lama saya mengusulkan agar sebutan Menteri Negara Urusan Pemberdayaan Perempuan, yang kini sudah terbukti anakronis, alias tidak sesuai kenyataan, itu diganti menjadi Menteri Urusan Keluarga, mengingat keluarga merupakan sokoguru negara dan bangsa yang justru masih belum diurus seorang menteri tanpa membedakan, tetapi menyatukan lelaki dan perempuan plus kanak-kanak.

Dari komentar-komentar politis yang dilontarkan Megawati semasa menjadi presiden ataupun sebagai capres, dapat ditarik kesimpulan bahwa Megawati sama sekali bukan orang bodoh, malah cerdas dengan kebugaran indera humor. Dari pengalaman berbagai perbincangan pribadi saya dengan Megawati Soekarnoputri, baik di acara TV talk show maupun acara makan siang bersama, saya berani menyimpulkan bahwa perempuan sesama penggemar makanan lezat ini sama sekali bukan orang bodoh!

Megawati memiliki kecerdasan politik cukup tajam untuk mampu mendeteksi, mendiagnosis, sampai menepis berbagai akal muslihat politik yang merajalela di gelanggang perhelatan politik Nusantara sarat kemelut intrik-intrik deru campur debu bepercik keringat, air mata, dan darah! Andaikata yang dihadapi adalah Megawati, mungkin Amien Rais gagal tercatat dalam sejarah sebagai Ketua MPR yang mampu melengserkan presiden!

Di antara begitu banyak pihak yang keliru menafsirkan Megawati Soekarnoputri, tampaknya yang paling tidak keliru adalah Presiden Soeharto. Sejak dini, naluri Pak Harto sudah meyakini bahwa Megawati memiliki kesaktian politik yang mandraguna, maka jangan dianggap enteng.

Maka sejak awal Pak Harto senantiasa berusaha secara langsung maupun tidak langsung, mencegah jangan sampai Megawati Soekarnoputri memiliki kesempatan untuk menjabarkan kesaktian politik mandragunanya. Dan, sejarah membuktikan bahwa memang Pak Harto benar!

JAYA SUPRANA – SINDO

2 Comments

  1. hehehehhehhehe ….

  2. Ya, semoga rakyat tidak BODOH dengan memilih Megawati sebagai Presiden


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • 7 cara manfaatkan tabir surya kedaluwarsa
      Coba periksa tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda untuk memastikan apakah masih berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.Tabir surya punya masa kedaluwarsa selama enam bulan setelah dibuka, kata perlindungan konsumen ...
    • Klasemen Liga Spanyol, Real Madrid tinggalkan Barcelona
      Berikut hasil pertandingan dan klasemen liga Spanyol pada Minggu waktu setempat. Pertandingan Minggu 4 Desember: Alaves 1 Las Palmas 1 Athletic Club 3 Eibar 1 Real Betis 3 Celta Vigo 3 Sporting ...
    • Beberapa mayat ditemukan lagi setelah gudang terbakar di Oakland
      Beberapa mayat ditemukan lagi pada Ahad (4/12), setelah petugas pencarian memasuki dua daerah lain di gudang yang terbakar 36 jam sebelumnya. Namun Sersan Ray Kelly dalam taklimat kedua pada Ahad, tak bersedia menyebutkan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: