Gila!!!

orgilEfek Rumah Kaca

Banyak caleg yang gagal dalam pemilu kali ini diduga akan menjadi penghuni rumah sakit jiwa. Orang awam menyebutnya, orang seperti itu gila. Penyebabnya adalah karena tidak mampu membayar utang dan malu. Gejala awalnya tentu kita masih ingat seorang calon bupati yang kalah dalam pemilihan dan berakhir dengan utang menumpuk, diceraikan istri, dan hidup menggelandang.

Dalam KBBI, gila berarti ‘sakit ingatan, sakit jiwa, tidak biasa, tidak sebagaimana mestinya, berbuat yang bukan-bukan, terlalu, kurang ajar, ungkapan kagum, terlanda perasaan sangat suka, dan tidak masuk akal’. Dari artinya saja, terlihat kata gila bisa mengakomodasi dua hal yang rasanya bertolak belakang. Pembahasan kata gila dalam arti sakit jiwa akan menimbulkan debat panjang karena akan menyeret teori dan sejarah kegilaan. Gila yang kita bahas sekarang adalah dalam arti: ‘tidak biasa’.

Banyak sekali kondisi yang bisa dikategorikan gila yang hadir di negara ini. Saat krisis moneter pakar ekonomi bilang, Indonesia negara yang gila; sudah berbagai teori ekonomi diterapkan, krisis tidak juga berlalu. Lebih gilanya lagi, walau diterpa krisis ekonomi parah, negara ini tidak hancur-hancur.

Di dunia hukum ada juga peristiwa tidak masuk akal. Belum lama ini terjadi dua kali pembunuhan di ruang sidang: Tahun 2005 di Sidoarjo, seorang hakim dan istri dari pihak yang beperkara dibunuh oleh pihak yang beperkara karena tidak puas atas putusan harta gono-gini perceraiannya. Tahun 2008 di Pengadilan Jakarta Pusat terjadi kembali, kali ini pelakunya gerombolan. Korbannya adalah pengunjung sidang. Sangat gila.

Industri musik sama, walau terkena badai pembajakan (mungkin perbandingannya setiap 1 produk asli terjual, maka 13 produk bajakannya juga terjual), tetap saja industri musik tidak mati. Gilanya lagi, band baru yang berharap akan ngetop dan menggantungkan hidupnya dari industri yang terpuruk itu malah makin banyak.

Masih ingat fenomena lagu Gaby, yang katanya penciptanya meninggal tak lama setelah menciptakan lagu tersebut. Karena latar belakang ceritanya, Gaby sempat populer, hingga bermunculan band yang mengklaim sebagai pencipta lagu tersebut. Loh? Berarti, berita tentang meninggalnya si pencipta lagu hanya strategi dagang saja? Siapa yang diuntungkan? Strategi gila.

Dunia televisi tidak ketinggalan gila. Belakangan muncul reality show di berbagai stasiun teve yang jelas terlihat bahwa itu adalah rekayasa, bukan realitas. Jalan cerita dan sudut pengambilan kamera sangat terasa dibuat-buat. Rating yang tetap tinggi seolah mengatakan atas kesadaran penuh penonton tahu bahwa mereka ditipu dan menikmatinya. Cukup gila.

Di Yogyakarta menjelang Pemilu 1992 ada larangan motor tanpa knalpot ikut berkampanye. Berisik. Tidak kehabisan akal, peserta kampanye naik becak dengan membawa tape recorder yang membunyikan rekaman suara sepeda motor tanpa knalpot. Gila dan aneh (baca: Susanto, Budi. Peristiwa Yogya 1992).

Negara kita sangat akrab dengan yang “gila-gila”. Jangan-jangan kita juga membutuhkan pemimpin yang gila?

KOMPAS

1 Comment

  1. gila bang hehhehe…
    salam kenal deh…
    tulisannya menarik bgt…
    Mungkin bisa ditambahin kasusnya PONARI….dukun cilik yang sukses meraup untung ditengah krisis melanda di Indonesia. Gilaaaaaaaaaaa


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Belanja di Apple Store bisa lewat Apple Watch
      Pembaruan Apple Store kini membuat pengguna Apple Watch dapat membeli item langsung dari pergelangan tangan.Fitur baru tersebut dapat dinikmati setelah pembaruan versi 4.1 aplikasi tersebut, tapi, tidak semua katalog bisa ...
    • Wapres: bela negara bukan hanya saat perang
      Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua harus mempersiapkan diri untuk bela negara, bukan hanya pada saat terjadi perang. "Bela negara bukan hanya perang, tapi juga memajukan negeri ini dengan baik dan berkeadilan," ...
    • Polda Kepri benarkan pesawat Polri jatuh
      Polda Kepri membenarkan pesawat M-28 Sky Truck dengan nomor regristrasi B-4201 hilang kontak dan diketahui jatuh di perairan Kabupatan Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri. "Iya benar, pesawat sempat hilang kontak. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: