Pecah Kongsi Sampai Istri

Para ibu memenuhi halaman belakang rumah berarsitektur Jawa di Jalan Ampera Raya 1000, Jakarta Selatan, Selasa pekan lalu. Berbusana tradisional, mereka meriung di bawah tenda merah yang dipacak di Rumah Kriya Asri, begitu rumah itu disebut. 

Harum semerbak menguar dari pesta ulang tahun ke-29 Dewan Kerajinan Nasional itu. Mufidah, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, ketua umum organisasi ini, memimpin acara. 

Tak seperti tahun sebelumnya, Ibu Negara Ani Yudhoyono absen dalam hajatan ini. Sebagai pelindung, ia biasanya selalu memimpin peringatan ulang tahun organisasi itu. Kali ini, Ani memilih nonton preview film yang dibuat khusus untuk Indonesia Sejahtera, program andalan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu—organisasi yang menghimpun istri para menteri kabinet Yudhoyono—di Wisma Negara. 

Ani ternyata juga tak hadir pada pembukaan pameran Dewan Kerajinan Nasional yang digelar di Jakarta Convention Centre. Justru Wakil Presiden Jusuf Kalla yang hadir membuka pameran, Rabu pekan lalu. Tahun sebelumnya, pameran ini dibuka Presiden dan Ibu Susilo Bambang Yudhoyono. 

Sejumlah sumber Tempo dari kalangan Golkar mengaitkan ketidakhadiran Ani dengan hubungan para suami yang renggang. Langkah politik kedua tokoh kabarnya mempengaruhi komunikasi pasangan mereka. 

Duet Yudhoyono dan Jusuf Kalla bergoyang setelah Kalla mengatakan kesiapannya maju menjadi calon presiden. Dengan alasan mengikuti desakan pengurus daerah Partai Golkar, Kalla pun mulai melakukan langkah menggalang hubungan dengan partai lain. 

Menurut orang-orang dekatnya, kehadiran Kalla untuk membuka pameran pun atas permintaan Mufidah. Rupanya, Ibu Wakil Presiden tak yakin Ani hadir meresmikan acara itu. Untuk menenangkan istrinya, seperti kata sumber Tempo, Kalla pun mengatakan, ”Sudah, nanti saya yang buka.” 

Kartini Fahmi Idris, Ketua Panitia Pameran Dewan Kerajinan Nasional, mengaku mendengar rumor retaknya hubungan Ani dan Mufidah. ”Saya dengar kabar miring soal ketegangan hubungan kedua ibu. Kenyataannya, yang saya lihat, mereka akur dan terus bekerja sama dengan baik,” ujar istri Menteri Perindustrian Fahmi Idris ini. 

Kepada Tempo, Mufidah mengaku tak ada masalah dengan Ani. ”Saya tak kecewa Bu Ani tak datang. Dia ada acara kenegaraan yang lebih penting,” ujarnya seraya tersenyum. 

Alwi Hamu, anggota staf khusus Wakil Presiden, menganggap informasi ini terlalu dihubung-hubungkan dengan politik. ”Padahal ini soal pribadi, yang (memang) mungkin ada masalah,” katanya. 

Tempo berusaha meminta konfirmasi Ani Yudhoyono. Permintaan wawancara tertulis sudah pula dikirimkan. Namun, hingga tenggat majalah ini terlampaui, permintaan itu belum direspons. Juru bicara kepresidenan Andi Mallarangeng menganggap ketidakhadiran Ani Yudhoyono disebabkan oleh jadwal yang padat. ”Tak perlu ditarik-tarik ke urusan politik,” katanya. 

Bagaimanapun, Ani Yudhoyono selama ini dikenal banyak memperhatikan hasil kerajinan. Indonesia Kreatif, satu dari lima program Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu, ditujukan untuk keperluan ini. 

Februari lalu, saat mendampingi Presiden Yudhoyono berkunjung ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Ani mampir ke Pusat Promosi Kerajinan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Aceh dan Workshop Batik Aceh di Desa Meunasah Manyang, Aceh Besar.

Sepanjang 2008, Ani di antaranya hadir untuk membuka pameran pencinta kain Adi Wastra Nusantara dan peresmian Perkumpulan Cita Tenun Indonesia. Ani menetapkan pula Agustus 2008 sebagai Bulan Indonesia Kreatif. Tak aneh, banyak yang bertanya-tanya ketika ia tak hadir pada ulang tahun Dewan Kerajinan Nasional. 

Yuliawati, Akbar Tri Kurniawan – TEMPO (23 Maret 2009)

Advertisements

1 Comment

  1. Hmm repot juga… ya. jika semua kegiatan dikaitkan dengan kondisi saat ini.
    salam hangat.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • PDIP intensif komunikasi dengan parpol lain untuk menangi Pilkada DKI April
      PDI Perjuangan membangun komunikasi yang makin intensif dengan partai-partai politik lain dalam menghadapi putaran kedua Pilkada DKI Jakarta pada awal April 2017. "Komunikasi intensif dengan partai-partai politik lain, ...
    • Dusdusan fokus ke bisnis "reseller"
      Pemasok produk rumah tangga PT Dusdusan Dotcom Indonesia kini memilih fokus ke bisnis reseller ketimbang penjualan langsung ke konsumen dalam usaha perniagaan elektroniknya. "Saat orang jualan langsung ke end user, kami ...
    • Kebanyakan pengguna LINE di Indonesia remaja
      Business Developer Manager LINE Indonesia Inez Yorisya Kemala mengungkapkan pengguna aplikasi LINE di Indonesia terbanyak berasal dari kalangan usia 18-25 tahun."LINE users di Indonesia, kebanyakan teenager (remaja), sekitar ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: