Masa Depan Maluku di Tangan Pariwisata

n1055778477_30281045_7695

Hukurilla - by: Andy Manuhuttu

Dunia pariwisata Maluku bakal kembali bergeliat, sinyal dan minat berinvestasi mancanegara untuk mengembangkan salah satu sektor unggulan Maluku ini disampaikan Pemerintah Jerman. “Masa depan Maluku ada di tangan Pariwisata,” ujar Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Barron Paul van Maithzan singkat, seperti yang disampaikan penterjemahnya sebelum meninggalkan ruang kerja gubernur, Jumat (27/3).

Dia bertemu Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu yang didampingi sejumlah pejabat Pemda Maluku. Menurut Duta Besar Jerman itu, Maluku selama ini dikenal memiliki ikatan historis hanya dengan Belanda, sementara Jerman tidak, namun demikian adanya kunjungan itu, dia berharap akan ada langkah-langkah penjajakan lebih lanjut Pemerintah Jerman di bidang ini maupun lainnya sesuai pertemuan.

Dari pantauan Ambon Ekspres, pembicaraan berlangsung serius. Terkesan Maithzan ingin memastikan sejumlah informasi tentang Maluku selama ini yang sampai ke Pemerintah Jerman. Selain Pariwisata, dia juga menanyakan situasi terakhir kondisi keamanan, pengelolaan sumberdaya perikanan maupun produksi pala dan cengkeh Provinsi Maluku. Dia juga menanyakan potensi mineral minyak bumi di sejumlah lokasi, dan pihak investor mana saja yang mengelolanya. 

Soal pariwisata, kepada Maithzan, gubernur menjelaskan keberadaan Maluku di bidang ini telah dikenal di manca negara sejak dulu. Dia menyebutkan selain pulau Banda yang telah menjadi ikon daerah ini, berbagai objek wisata masih banyak tersebar di berbagai tempat. Hanya saja, ujar dia, adanya konflik sosial silam mengakibatkan perhatian pada pariwisata terbengkalai. “Kini kita mulai benahi lagi seiring kondisi keamanan kita yang sudah pulih sepenuhnya,” ungkap Ralahalu melalui penterjemahnya.

Salah satu kendala utama pengembangan Pariwisata Maluku, sebut Ralahalu, adalah soal akses transportasi ke daerah pariwisata yang relatif sulit. Dia berharap pemerintah Jerman turut berinvestasi di sektor ini. Di bidang lingkungan, kepada Maithzan, dijelaskan Maluku juga menghadapi berbagai persoalan lingkungan seperti sanitasi, air bersih dan ancaman terhadap ekosistem terumbu karang yang butuh dana besar untuk mengatasinya. 

Mailthzan menjawab harapan Ralahalu itu saat mengakhiri pembicaraannya, dengan menandaskan, baik pariwisata maupun hal lainnya yang dibicarakan akan disampaikan kepada pemerintah Jerman. Terkait hal ini, satu hal yang dia tekankan adalah soal isu global warming, yang mungkin akan turut menekan produksi kapal laut negara itu. 

Namun kepada wartawan, usai pertemuan dengan Duta Besar Jerman itu, Ralahalu mengaku kedatangan wakil pemerintah Jerman itu bukan untuk penjajakan investasi di Maluku, tetapi kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antara Jerman dan Indonesia.

CANANGKAN SADAR WISATA
Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Ny. F. Sahusilawane, kepada wartawan menyatakan, semua pihak terutama masyarakat perlu berpartisipasi menggiatkan industri pariwisata daerah ini. Menurut dia, satu strategi yang harus dilakukan bersama adalah menarik minat wisatawan melalui “Laut dan Budaya”. “Dua hal itu akan jadi ikon wisata kita,” katanya.

Untuk itu jelas dia, Gubernur Maluku hari ini akan mencanangkan ‘Sadar Wisata Maluku 2009’ di Desa Allang dalam sebuah acara yang disebut pesta Pasir Putih Allang yang akan diikuti beberapa negeri terdekat di Leihitu Barat, yaitu Allang, Liliboy, Wakasihu dan Larike. Sejumlah kegiatan menarik, akan digelar usai pencanangan yaitu, atraksi seni dan budaya yang dilakukan sejumlah seniman lokal.

Acara-acara tersebut antara lain pagelaran musik Hawaian, Sawat, Tari-Tarian, diantaranya tarian Soi-Soi Nanelat dari kabupaten Maluku Tenggara, Permainan Rakyat seperti apiong, Pencak Silat khas Maluku, Pertunjukan Busana Daerah dan Penyajian Makanan Lokal yang hampir punah dan Makan bersama (makan patita). Sementara di rumah raja Negeri Wakasihu akan digelar pameran Arkeologi maupun foto-foto sejarah yang diselenggarakan balai Arkeologi Provinsi Maluku.

Sedangkan Dinas Infokom Provinsi Maluku akan menggelar pertunjukkan film tentang pembangunan bagi masyarakat negeri Allang dan sekitarnya, Dinas Kelautan dan Perikanan, akan sumbangkan penyu, Balai Konservasi Taman Manusela sumbangkan ‘Kakatua’, kedua satwa dilindungi itu akan dilepaskan langsung oleh Gubernur Maluku saat pencanangan tersebut.

“Diharapkan dengan pencanangan ini masyarakat sangat terlibat dan akan merubah dunia pariwisata Maluku. Dan dunia pariwisata, secara bertahap kita harapkan akan meningkat hingga tahun 2013,” terang Sahusilawane serta berharap di tahun tersebut terjadi ‘Booming Wisatawan’ di Maluku.

Tujuan pencanangan ‘Sadar Wisata Maluku 2009’ itu sendiri terutama mengajak masyarakat berinvestasi di bidang pariwisata padahal layak dikembangkan, meningkatkan kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah dalam pengembangan maupun pengelolaan bidang tersebut secara profesional. 

Yang terakhir, untuk memotivasi masyarakat menjadi pelaku-pelaku Sapta Pesona, sebuah istilah pariwisata, yang menyatakan pariwisata harus Aman, Tertib, Bersih, Indah, Nyaman, Romantis dan Kenangan. “Kalau semua ini bisa kita laksanakan, masyarakat sadar wisata, maka citra Maluku sebagai kepulauan rempah-rempah dan surga bawah laut terindah di dunia dapat dikembalikan,” tandas Sahusilawane.

AmbonEkspres

4 Comments

  1. HARUSNYA ADA DANA UNTUK MEMBANGUN PARIWISATA DI INDONESIA…..
    SETELAH OBJEK WISATA ITU SUDAH JADI, ITU BISA JADI SALAH SATU DAYA TARIK BUAT WISATAWAN ASING…..
    GA PERLU LAGI NUNGGU2 DANA TURUN….

  2. potensi wisata maluku melimpah ruah, sayang kalo terbuang percuma..
    setuju…. saatnya bergeliat..

    salam kenal

  3. […] Visit Indonesia bertebaran di beberapa hotel, akhirnya para penjabat di negeri ini semangat untuk menjual maluku secara lansung dalam pencanganan Sadar Wisata Maluku […]

  4. yah maluku sudah saatnya bergeliat nih om😀


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Belanja di Apple Store bisa lewat Apple Watch
      Pembaruan Apple Store kini membuat pengguna Apple Watch dapat membeli item langsung dari pergelangan tangan.Fitur baru tersebut dapat dinikmati setelah pembaruan versi 4.1 aplikasi tersebut, tapi, tidak semua katalog bisa ...
    • Wapres: bela negara bukan hanya saat perang
      Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan semua harus mempersiapkan diri untuk bela negara, bukan hanya pada saat terjadi perang. "Bela negara bukan hanya perang, tapi juga memajukan negeri ini dengan baik dan berkeadilan," ...
    • Polda Kepri benarkan pesawat Polri jatuh
      Polda Kepri membenarkan pesawat M-28 Sky Truck dengan nomor regristrasi B-4201 hilang kontak dan diketahui jatuh di perairan Kabupatan Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri. "Iya benar, pesawat sempat hilang kontak. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: